Featured Post

Program Trial 90 Hari Affinity Ada Lagi

Sejak pandemi April 2020 lalu sebenarnya sudah ada program Trial 90 Hari dari Affinity ini. Cuma waktu itu saya kurang peduli. Ternyata setelah mencoba gara-gara ada yang posting di grup Facebook, mulai tertarik buat mencoba. Sayangnya trialnya cuma 10 hari. Trial 90 Hari-nya sudah dicabut. Hehe.

Kabar gembira datang kembali Januari 2021 kemarin saat saya buka email langganan dari Affinity. Trial 90 Hari diadakan kembali. Lumayan lah buat mengeksplor Affinity Designer lebih dalam sebelum memutuskan untuk membeli.

Kebetulan saat bikin posting ini, masa trial saya tinggal 77 hari. Padahal belum ngapa-ngapain secara jauh. Ya maklum seringkali tidak sempat buat mencoba karena ada kewajiban kerjaan yang harus diselesaikan terlebih dulu.

Lalu apa kelebihan dari Affinity Designer ini? Umm, sebenarnya ada 3 jenis Affinity sih. Cuma saya lebih suka Affinity Designer karena memang lebih suka bikin vektor.

Kelebihan Affinity Designer

Ada beberapa kelebihan Affinity Designer yang saya rasakan hingga saat ini. Apa saja itu?

1. Harganya Murah, Sekali Beli

Berbeda dengan Adobe, Affinity memang tergolong baru. Meskipun saya sebenarnya sudah mengikuti perkembangan Serif (perusahaan Affinity) ini sejak zaman SMA dulu, sekitar tahun 2006. Saat itu Serif juga punya aplikasi Serif Webmaker seperti Dreamweaver (milik Macromedia sebelum dibeli Adobe). Serif juga punya aplikasi semacam CorelDRAW.

Cuma ya gitu, Serif ini memang kurang naik pamornya. Masih kalah sama Adobe dan Corel. Mungkin karena jarang ada yang ngebajak software Serif ini yah. Hehe.

Affinity Designer saya kenal sejak 2014 lalu dengan kemunculannya di App Store. Cuma dulu kurang suka karena ada yang kasih rating cukup jelek, katanya sering crash. Hehe. Namun, sekarang sih sudah ga crash lagi yah. Sepertinya itu tergantung spek laptopnya deh.

Oh ya, harganya cukup murah, cuma $49.99 (anggap saja $50 lah digenapkan) dan itu sekali bayar seumur hidup. Tidak seperti Adobe yang bayar bulanan. Apalah sekarang lagi diskon 50%. Makin murah saja.

2. Sudah Mendukung EPS

Buat kamu yang bekerja di bagian microstocking, penting sekali untuk bisa ekspor ke format EPS. Inkscape yang versi 1.0 sih sudah bisa ekspor ke EPS.

3. Ringan dan Luwes

Sementara ini dijalankan di laptop ringan-ringan saja sih. Waktu editing lebih luwes dibandingkan dengan Adobe Illustrator CS6. Tapi jika kamu pakai Adobe Illustrator CC yang baru, luwes juga kok. Saya sudah coba Adobe Illustrator CC juga dan memang luwes waktu editing.

4. Mudah Dipelajari

Jika kamu sebelumnya pengguna CorelDRAW, saya rasa tidak akan kesusahan adaptasi di Affinity Designer ini. Beda banget saat kamu biasa pegang CorelDRAW lalu pindah ke Adobe Illustrator. Biasanya akan kaget dan bingung, kalau mau begini di mana yah menunya. Saya juga begitu awal pakai Adobe Illustrator.

5. Bisa Impor File Adobe Illustrator

Kelebihan lainnya adalah jika kamu punya file .AI, di Affinity Designer ini bisa dibuka.

Kekurangan Affinity Designer

Meski banyak kelebihannya, kekurangannya juga bikin kamu agak mikir-mikir pindah ke Affinity Designer ini.

1. Tidak Bisa Buka File .CDR

Ini yang bikin nyesek. Buat pengguna CorelDRAW, ini adalah siksaan. Tapi wajar-wajar saja sih, karena Adobe Illustrator juga tidak bisa buka .CDR. Hehe. Lagi pula .CDR ini benar-benar menyusahkan. Bahkan CorelDRAW versi sebelumnya tidak bisa buka file CorelDRAW versi terbaru jika tanpa mengekspor ke versi sebelumnya.

2. Fiturnya Tidak Sekaya CorelDRAW atau Adobe Illustrator

Ya memang saya yakin fiturnya tidak sekaya pendahulunya, meski saya belum mengeksplor lebih jauh. Namun, jika urusannya adalah untuk mendesain dengan kemampuan dasar dan tidak minta yang aneh-aneh, saya yakin Affinity Designer ini bisa.

3. Pilihan Ekspor Format File Tidak Sebanyak Adobe Illustrator dan CorelDRAW

Lagi-lagi urusan format file yah. Hehe, capek rasanya memang jika harus urusan dengan banyak format. Tapi, untuk format-format yang umum, bisa kok. Santai saja.

Kesimpulan

Ya mumpung lagi ada Trial 90 Hari, kamu bisa mencoba apa saja fitur yang ada di Affinity Designer ini. Saya juga waktu itu sempat tergoda mau beli. Cuma sekarang sudah ada fasilitas Adobe dari tempat kerja, ya akhirnya ga jadi. Hehe.

Mungkin suatu saat beli, jika sudah punya laptop baru lagi. Amin.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments