3 Jul 2018

Cara Mudah Membuka File EPS di macOS

Pernah tahu format file .EPS? Bagi kamu yang bekerja di bidang desain, pasti tidak asing dengan format .EPS ini. Format EPS ini banyak sekali diminta oleh pihak perusahaan, karena memang ini adalah sebuat standar.


Jika kamu pernah ikut kompetisi dan mencari nafkah di 99designs, Graphicriver, atau Creative Market; pasti kamu akan sangat lazim dengan file EPS ini. Biasanya akan diminta jika kamu mendesain logo atau desain vektor.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga sudah pernah membuat tutorial bagaimana cara membuka file EPS di Windows menggunakan Inkscape. Nah, kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuka file EPS di macOS; tentunya tanpa aplikasi berbayar seperti Adobe Illustrator yah.

Di macOS, kerennya sudah ada aplikasi bawaan yang sudah mampu membuka file EPS ini. Nama aplikasi itu adalah Preview. Preview ini adalah aplikasi yang sangat powerful menurut saya. Karena kamu bisa melakukan editing ringan hingga editing yang cukup medium di aplikasi Preview ini.


Baiklah, langsung saja ke topiknya. Berikut ini adalah cara mudah membuka file EPS di macOS.

Cara Membuka File EPS di macOS

Yang pertama dilakukan tentu saja adalah menyiapkan file EPS-nya. Jika kamu belum punya file EPS untuk testing, kamu bisa men-download-nya di situs yang menyediakan file desain vektor gratis seperti di Pixabay atau Freepik. Tapi seharusnya sih orang yang membaca tulisan ini biasanya orang yang sudah punya file EPS tapi tidak bisa membukanya.



Di kasus kali ini saya akan membuka file EPS yang saya dapatkan dari Shutterstock. File ini saya dapatkan dengan menggunakan jasa download vektor Shutterstock AgenShutterstock.com.

Langkah selanjutnya adalah klik kanan, lalu pilih buka dengan "Preview".


Setelah dibuka dengan Preview, maka secara otomatis bisa kamu lihat di bagian title-nya, file EPS ini autokonversi ke .PDF.


Nah, mudah bukan cara buka file EPS di macOS? Tentu saja sangat mudah menurut saya. Selanjutnya adalah cara melakukan konversi dari EPS ke format lainnya, misal JPEG atau PNG.

Export dari EPS ke JPEG atau PNG

Pada kasus ini saya contohkan bagaimana cara Export file EPS ke format JPEG. Klik pada menu File > Export...


Lalu akan keluar popup seperti di bawah ini. Pada tutorial ini saya pilih JPEG.


Setelah itu akan keluar pilihan kualitas dan resolusi gambar yang akan dihasilkan dari proses Export ini.


Setelah itu klik "Save". Jika kamu menyimpannya di Desktop, maka sekarang coba kamu cek di folder Desktop.

Bagaimana? Mudah 'kan?

Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang kebingungan membuka file EPS di macOS. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar