Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

3 Okt 2020

Alasan Mengapa Banyak Orang Pakai WhatsApp

Hampir tidak ada manusia di Indonesia yang berkomunikasi tidak menggunakan WhatsApp. Bahkan bagi generasi tua yang baru-baru ini mengenal internet memahami bahwa WhatsApp adalah satu-satunya aplikasi chat. Padahal kan banyak di luar sana aplikasi sejenis WhatsApp, semisal Telegram, LINE, Vibe, Nimbuzz, dan sebagainya.

Mengapa fenomena ini bisa terjadi? Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa orang banyak pakai WhatsApp. Saya sendiri juga kadang heran, semua urusan diselesaikan di WhatsApp, padahal kadang bikin pusing. Tahu sendiri kan, WhatsApp itu aplikasi chatting, bukan untuk task list.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan WhatsApp sehingga banyak dipakai orang untuk berkomunikasi.

Aplikasi Chat Sejuta Umat

Alasan yang pertama mengapa WhatsApp ini banyak dipakai adalah karena aplikasi ini sudah kadung jadi aplikasi sejuta umat. Saya sendiri mengikuti perkembangan WhatsApp sejak masih belum banyak orang yang pakai. Dulu rata-rata orang memakai BlackBerry Messenger (BBM).

Hanya saja untuk kaum mendang-mending yang tidak punya banyak uang, tentu BBM ini susah dipunyai. Perangkat BB saat itu mahal. Akhirnya mereka mencari alternatif aplikasi chat yang lainnya. Untuk anak mudah sendiri biasanya pakai LINE. Namun, untuk yang malas bikin username dan lain-lain, dan maunya username langsung pakai nomor telepon, ya pakainya WhatsApp.

Kemudahan pakai nomor telepon langsung seperti ini ternyata disukai oleh banyak orang. Bahkan ini sebagai penanda bahwa yang punya akun WhatsApp itu memang benar-benar pemilik nomor telepon tersebut. Hal ini bisa meminimalisir penyalahgunaan akun oleh penipu.

Karena makin lama makin banyak jumlah pengguna Android, maka WhatsApp pun semakin jaya. Wajar sih, harga ponsel Android jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan ponsel BlackBerry.

Cocok untuk Bisnis

Di masa pandemi seperti itu kamu bisa melihat sendiri banyak sekali kontak di aplikasi WhatsApp-mu update stories/status WA dengan barang dagangannya. Itulah saya bilang mengapa WhatsApp ini cocok untuk bisnis.

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan aplikasi sendiri untuk bisnis yang lebih powerful, yaitu WhatsApp Business. Dengan WhatsApp Business akan lebih mudah, karena bisa memberikan label pengguna, template pesan, katalog produk, dan banyak lagi fitur bisnis lainnya.

Banyak Jenis WhatsApp Mod

Kelebihan lainnya dari WhatsApp ini adalah banyaknya orang yang membuat aplikasi Mod (modifikasi) untuk kebutuhan yang lebih banyak. Kamu bisa melihat beberapa contoh jenis aplikasi mod WhatsApp di Kriing.com.

Di sana ada mod yang digunakan untuk memperbesar limit pengaturan WhatsApp. Seperti GB WhatsApp yang bisa memperbesar limit file yang dikirim dari 15 MB ke 50 MB, memperbesar jumlah karakter dari 139 karakter menjadi 255 karakter, dan masih banyak lainnya.

Terdapat API Template Chat

Saya sendiri tidak menemukan fitur ini di Telegram. WhatsApp mempunyai API template chat yang memudahkan penjual maupun pembeli saat transaksi jual beli.

Bagi penjual, penjual bisa mendeteksi ini template chat dari funnel marketing yang mana. Bagi pembeli, pembeli tidak perlu ketik-ketik lagi karena sudah ada template chat yang tinggal dipencet kirim saja.

Menyediakan API Robot (Berbayar)

Untuk API robot ini sering kali dijumpai di nomor WhatsApp toko online maupun layanan publik. Misal nomor WhatsApp Gugus Covid-19 yang bisa autoreply dan kamu bisa tahu info terbaru kasus Covid-19 di Indonesia.

Fitur API Robot ini berbayar dan tidak dibuka untuk semua pengguna WhatsApp. Jika kamu belum pernah tahu fitur ini, sangat wajar sih.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan mengapa banyak orang memakai WhatsApp yang bisa saya tulis. Sebenarnya masih banyak alasan lainnya yang bisa dieksplor terkait WhatsApp ini dari fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi chat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar