Entri yang Diunggulkan

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

24 Mei 2019

Beberapa Tips Jitu saat Mengambil Kredit Motor Baru

Kendaraan pribadi lebih dipilih oleh masyarakat dikarenakan cenderung lebih mobile dan karena masih kurangnya sarana transportasi umum. Salah satu sarana transportasi pribadi yang banyak dipilih adalah sepeda motor. Selain lebih efisien dan cenderung lebih terjangkau, motor juga cukup mumpuni sebagai solusi transportasi keluarga. Untuk memiliki motor juga cenderung mudah, apalagi kini tersedia banyak fasilitas kredit motor. Jika anda berencana memiliki motor dengan kredit, berikut ini tips aman melakukannya.


Banyak orang memilih untuk kredit motor dibandingkan harus menunggu selama beberapa bulan atau bahkan tahun untuk menabung hingga mendapatkan motor yang diinginkan. Apalagi hari ini sejumlah dealer motor semakin memudahkan persyaratan kredit untuk mendapatkan motor yang diinginkan. Dengan dana terbatas, anda sudah dapat membawa pulang motor.

Hanya saja sebelum memutuskan untuk membeli motor dengan cara kredit, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan membeli secara kredit akan mempengaruhi keuangan dalam jangka waktu tertentu bahkan beberapa tahun lamanya bergantung masa kreditnya. Berikut tips yang harus anda pilih:

1. Menyesuaikan membeli motor dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah memahami terlebih dahulu jenis motor apa yang anda butuhkan. Sesuaikan dengan aktivitas anda sehari-hari misalnya apakah anda sering membawa barang sehingga membutuhkan tempat yang sedikit besar untuk membawanya atau motor yang kecil agar tidak perlu tempat besar untuk menyimpannya. Oleh karena itu anda harus menyesuaikan jenis motor sesuai dengan kebutuhan anda maupun keluarga. Contohnya, anda bisa memilih motor Yamaha Mio, untuk mengantar buah hati berangkat dan pulang sekolah, berangkat dan pulang kerja dan lain-lain.

2. Survei di pasar untuk membandingkan

Sebelum memutuskan untuk membeli motor dengan cara kredit, sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu di pasar. Anda bisa survey dealer yang memberikan penawaran terbaik untuk kredit motor yang akan anda lakukan. Sebaiknya anda juga memutuskan motor yang pilih. Gali informasi mendalam mengenai motor tersebut. Salah satu motor yang paling banyak dicari adalah motor Yamaha. Anda bisa memutuskan untuk menggali informasi terkait kredit motor Yamaha yang paling tepat untuk anda.

3. Cari pilihan kreditur motor terbaik

Cari tahu mengenai pihak yang menawarkan pilihan kredit terbaik. Umumnya dealer juga menawarkan fasilitas kredit jika anda membeli motor. Anda dapat mencari informasi lewat internet maupun bertanya pada tetangga dan rekan terkait pilihan kreditur motor terbaik. Pilih yang menawarkan layanan dan kemudahan terbaik. Pilihlah yang memberikan kemudahan terbaik dan pelayanan maksimal.

4. Menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki

Sebelum memutuskan membeli motor dengan kredit, anda harus menyesuaikan dengan pendapatan bulanan anda. Anda harus memperkirakan kebutuhan utama bulanan yang tidak bisa dielakkan agar kemudian anda tidak menutupi kebutuhan dengan hutang. Jangan pilih motor dengan harga terlalu mahal yang tidak mampu anda penuhi. Pilih cicilan yang ringan dengan waktu cicilan lama dan harga motor yang tidak mahal. Hal yang terpenting adalah motor yang anda peroleh dapat memenuhi kebutuhan transportasi anda dan keluarga.

5. Memilih motor yang memiliki perlindungan asuransi

Motor yang anda beli tentunya memiliki sejumlah risiko yang dapat terjadi pada motor tersebut. Sebaiknya anda memilih motor yang memiliki asuransi sehingga motor anda telah terjamin oleh pihak asuransi.

6. Pertimbangkan syarat yang ada

Dengan memilih membeli kredit motor, ada beberapa tambahan biaya yang mungkin harus anda perhatikan. Untuk itu anda harus teliti sejumlah biaya yang diterapkan oleh kreditur, misalnya biaya penalty ketika anda melakukan pelunasan di awal pembelian dan biaya denda terlambat membayar kredit.

Namun, jika keenam tips tersebut ada yang kurang atau belum anda lakukan semua, maka lebih baik anda menunda untuk melakukan kredit motor. Lebih baik tabung dulu hingga uang cukup atau bisa membeli motor bekas yang harganya jauh lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar