Featured Post

Apa itu PAFI? Yuk, Ketahui Selengkapnya!

Pernahkan Anda mendengar organisasi PAFI? Jika belum pernah, Anda wajib mengetahui organisasi ini terutama jika Anda berniat kuliah atau bekerja di bidang kefarmasian. PAFI merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Jadi, organisasi ini merupakan tempat berkumpulnya ahli farmasi se-Indonesia. Jika Anda penasaran dengan organisasi ini lebih lanjut, mari perhatikan ulasan berikut. 

Apa itu PAFI? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PAFI merupakan organisasi di bidang kesehatan, khusus untuk para apoteker, asisten apoteker, atau seseorang yang mendalami ilmu kefarmasian. Organisasi PAFI sendiri sudah diresmikan sejak enam bulan setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946. 

Dibentuknya PAFI, bukan tanpa alasan, karena organisasi ini memiliki tujuan yang mulia. Mulai dari meningkatkan kesetaraan dan kemakmuran masyarakat dalam mendapatkan pengobatan yang layak sesuai dengan asas Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, memajukan dunia kefarmasian di Indonesia, serta mengangkat derajat para anggota yang bergabung dengan PAFI. 

Seperti diketahui, sebelum didirikan PAFI, pelayanan kefarmasian di Indonesia belum merata, karena pembangunan dalam bidang kefarmasian juga belum merata. Selain itu, regulasi yang kurang jelas terhadap para ahli farmasi membuat para lulusan di bidang kefarmasian sulit untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan, informasi terbaru mengenai bidang kefarmasian, hingga perlindungan hukum yang kurang jelas. Dengan adanya PAFI, problematika di bidang kefarmasian bisa segera diatasi. 

Keuntungan bergabung ke PAFI

Bergabung dengan organisasi PAFI sangat disarankan terutama bagi Anda yang menempuh pendidikan di bidang kefarmasian. Ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika Anda bergabung ke PAFI. 

Seperti diketahui ketika Anda kuliah di bidang kefarmasian atau apoteker dan Anda dinyatakan lulus, maka Anda tidak serta merta dapat langsung bekerja di bidang kefarmasian. Sebab, Anda wajib mendapatkan sertifikat kompetensi di bidang kefarmasian  atau STRTTK (Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian) yang bisa Anda dapatkan melalui ujian kompetensi. 

Selain itu, Anda juga wajib mendapatkan SIP-TTK (Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian) ketika Anda praktek kerja. Dengan mengikuti PAFI, Anda akan mendapatkan informasi mengenai syarat dan  cara pengurusan pembuatan STRTTK dan SIP-TTK. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan informasi mengenai seminar kefarmasian, update terbaru kefarmasian, atau lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs resmi PAFI atau aplikasi SiPAFI.

Anggota PAFI juga akan mendapatkan lindungan hukum ketika bekerja, dan dipastikan mendapatkan hak-haknya sebagai seseorang yang berprofesi di bidang kefarmasian. Sebab, regulasi dari PAFI sangat jelas dan transparan. 

Selain kemakmuran anggotanya, PAFI juga memakmurkan masyarakat yang bukan anggota PAFI. Sesuai dengan visi dan misi PAFI, nantinya PAFI akan melakukan pembangunan dan peningkatan mutu dalam bidang kefarmasian sehingga dampaknya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Dengan begitu masyarakat dapat mendapatkan obat-obatan yang layak ketika sakit dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat juga dapat mengakses informasi terbaru mengenai dunia kefarmasian di situs PAFI. Selain itu, masyarakat juga dapat mengadukan  segala keluhannya ketika mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan.  Sebab PAFI sudah mengadakan layanan pengaduan melalui layanan Halo PAFI yang bisa Anda akses melalui media sosial PAFI ataupun nomor berikut 0823-3113-2911.

Demikian ulasan mengenai organisasi PAFI. Mengingat banyaknya keuntungan yang didapatkan, apakah Anda tertarik untuk bergabung ke PAFI? Jika benar, secara lakukan registrasi anggota dengan mengunjungi situs resmi PAFI di https://pafilandak.org/

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments