16 Sep 2018

Lika-liku dan Tip Seputar Sponsored Post di Blog

Ngomongin duit memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan dalam dunia blog pun masih berkutat dengan duit. Wajar sih jika ada orang yang kadang merasa risih dengan kelakuan para blogger yang nafsu banget sama duit. Ngeblog misi utamanya duit dan harus bisa mendapatkan duit dengan segala cara. Bahkan pasang iklan yang super duper nyebelin di blognya. Ayo ngaku, hehe.


Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa orang menjalani aktivitas ngeblog. Ada yang memang cuma ingin curhat saja, ingin nulis pengalaman jalan-jalan, ingin berbagi PDF, ingin berbagi ilmu, dan ingin dapat uang. Wajar sih jika ada orang yang ngebet banget pengen dapat uang dari ngeblog. Lah gimana ga ngebet, lah wong banyak yang share penghasilan yang didapatkan dari ngeblog. Ada yang dapat jutaan, puluhan juta, bahkan ratusan juta. Padahal kan itu bisa aja uang iuran kampung yang difoto, hehe. Atau bisa jadi uang hasil jual tanah warisan. Hehe, malah ngaco.

Baca juga: 10 Fase Seorang Blogger

Untuk kamu yang memang ingin menghasilkan uang dari ngeblog, kamu harus kecewa dan mungkin banyak mengalami kekecewaan berkali-kali. Pasalnya memang di dunia ini tidak ada yang instan. Jangan pernah menganggap ngeblog sebulan dua bulan sudah bisa menghasilkan uang. Bahkan ada yang bertahun-tahun ngeblog namun tak kunjung menghasilkan uang.

Dalam dunia blog, kamu harus mendapatkan feel-nya dulu. Kamu harus mengasah insting ngeblog kamu agar lebih tajam dengan peluang-peluang yang ada. Untuk mendapatkan ini tidak cukup hanya sebulan dua bulan langsung bisa. Kamu juga perlu belajar ke orang yang sudah lama ngeblog. Tidak hanya satu orang, harus beberapa orang. Karena ngeblog ini tekniknya ada banyak. Ada yang fokus ke AdSense, ada yang ke CPA, ada lagi yang fokus ke Sponsored Post. Saya sendiri lebih mengambil fokus ke Sponsored Post. Mengapa saya ambil aliran yang ini? Karena memang saya mampunya di sana.

Untuk membuat blog yang menghasilkan uang juga harus "bakar uang". Tidak mungkin kamu bisa menghasilkan uang yang besar hanya dengan modal gratisan. Jika pun bisa menghasilkan, tetap tidak akan sebesar orang yang mengeluarkan modal.

Sekedar kisi-kisi modal yang saya keluarkan untuk aktivitas ngeblog saya ini, dalam setahunnya cukup besar, namun tidak sebesar blogger lainnya sih. Untuk per tahunnya setidaknya saya mengeluarkan modal sekitar 6 jutaan. Mungkin bagi kamu yang pemula angka itu cukup bikin geleng-geleng. Tapi tentu saja hasilnya lebih besar dari itu lah yah. Kalau tidak ya tidak mungkin saya bertahan dengan aktivitas ngeblog saya ini.

Jika kamu pemula, mulailah dengan membuat 1 blog dulu. Untuk 1 blog ini modalnya tidak terlalu besar sih. Beli domain .COM yang lagi promo saja, biasanya sekitar 80 ribuan untuk tahun pertama. Untuk tahun kedua biasanya harganya 160 ribuan. Jika kamu ingin pakai platform Blogger, hosting gratis. Jika ingin pakai WordPress, maka tambah lagi modal 100 ribuan per tahun. Setahun untuk 1 blog, kamu bisa siapkan modal sekitar 200 ribu hingga 300 ribu. Saya rasa ini cukup terjangkau.

Lalu kamu isi blog kamu dengan curhatan. Mengapa curhatan? Karena curhatan adalah tulisan yang paling mudah ditulis. Untuk awal kali, kamu bisa mengasah feeling menulismu dengan menulis curhat. Setelah itu cobalah tulis artikel yang berhubungan dengan hobimu. Misal kamu hobi mantengin harga hp, ya tulis tentang review hp terbaru dan harganya.

Baca juga: Pentingnya Blogwalking untuk Blog Kamu

Jangan lupa buat juga akun media sosialnya, misal Facebook fanpage, Twitter, Instagram untuk blog kamu itu. Ini penting untuk branding dan tampil natural. Natural? Ya, natural. Dengan terhubungnya blog kamu dengan akun media sosial, blog mu akan dianggap natural oleh Google. Jangan sampai aktivitas ngeblogmu dianggap spamming oleh Google. Jika dianggap spamming, blog kamu bisa kena deindex.

Setelah itu apa lagi? Setelah itu terus menulislah hingga jumlah artikel di blog kamu mencapai 30 artikel. Jika jumlah artikel sudah 30 artikel, mulailah cari info bagaimana cara mendapatkan job review. Ada banyak cara di Google. Tapi yang paling cepat adalah dengan gabung ke grup Facebook yang membagikan info banyak job review. Bertemanlah dengan banyak blogger. Yang lebih tertargetnya lagi adalah dengan blogger-blogger yang sering ada sponsored post di blognya. Jangan malu untuk bertanya. Tapi tetap harus memperhatikan adab bertanya yah. Jangan mengira pertanyaanmu akan langsung dijawab, PDKT lah terlebih dahulu. Hehe. Karena semua orang akan merasa insecure jika langsung ditanya padahal belum kenal banget.

Baca juga: Cara Mendapatkan Job Review

Setelah kamu mendapat job review untuk pertama kalinya, biasanya kamu akan penasaran dan ketagihan untuk mendapatkan job review selanjutnya. Di dalam menghadapi klien job review, kamu juga akan diuji kesabaran dan kemampuan tawar menawarnya. Ada yang nyebelin, ada yang bayarnya lama, ada juga yang syaratnya kebanyakan padahal bayarnya murah.

Ada advertiser yang cuma bayar 150 ribu saja harus kirim invoice fisik dan tanda tangan surat perjanjian kerja sama yang harus tanda tangan di atas materai lalu dikirim ke kantornya. Ini sih biasanya saya skip. Terlalu ribet dan bayarannya ga sepadan. Jika memang menuntut seperti itu setidaknya bayarannya 500 ribu lah.

Ada lagi yang bayarnya 3 bulan setelahnya. Lama? Ya lama banget lah. Biasanya paling lama itu 1 bulan. Itu aja kadang saya sampai lupa, tiba-tiba ingat jika posisi ga ada duit sama sekali. Ada lagi yang ternyata penipu, ga bayar. Saya email ga dibales. Dan ternyata bukan hanya saya saja yang ditipu, tapi banyak blogger lainnya juga dia tipu. Ada blogger yang sempat dapat email balesan dari penipu ini, katanya dia pindah kerja. Lah? Pindah kerja ya pindah aja, lah masa invoice-nya ga diserahin ke finance perusahaannya. Tapi emang dari awal sudah aneh sih. Eh ternyata benar feeling-ku kalau dia ini emang niat nipu.

Pengalamannya kok pahit-pahit gitu? Hehe. Enggak sih. Banyak juga kok yang manis-manis. Kalau yang manis mah ga perlu saya ceritain. Sudah banyak yang nulis tentang pengalaman manis dari aktivitas ngeblognya.

4 komentar:

  1. saya masih ngebranding mas, udah hampir setahun umur blog. belum ada sponsor pos yg masuk. ya iyalah org saya ga nyari . *ish apaan sih.

    tapi sejauh ini tetap dapat recehan dari adsense n affiliate. targetnya besok2 saya terkenal. ya terkenal dengan blogger finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, saya adsense ga pernah berhasil :D

      iya, suatu saat akan ada jalannya buat jadi blogger finansial mas

      Hapus
  2. ngomongin duit emang gk ada abisnya dan duit aku cepet bgt abis :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama
      duitku juga cepet abis mas
      banyak kebutuhan

      Hapus