30 Mei 2018

Tips Membuka File EPS dengan Inkscape di Windows

Halo, sahabat Iskael. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya membuka file EPS di Inkscape. Karena kebanyakan permintaan dilakukan oleh pengguna Windows, maka di tutorial tips membuka file EPS ini saya jalankan di Windows XP (di dalam VirtualBox Mac OS saya). Untuk Windows yang lebih baru saya rasa tinggal menyesuaikan saja.


Alasan saya mengapa menggunakan Windows XP untuk kasus kali ini karena Windows XP ini ringan jika dijalankan di VirtualBox, selain itu juga masih banyak orang yang menggunakan Windows XP ini meskipun statusnya bajakan. Hehe.

Baiklah, langsung saja ke topik pembahasan. File EPS ini biasanya sering kali ditemukan di dunia kreatif. Baik itu jika kamu beli vektor di Shutterstock, Freepic, atau penyedia stok lainnya, biasanya akan diberi file berformat EPS.

Bagi kamu yang punya aplikasi semacam CorelDraw dan Adobe Illustrator, hal itu tidak menjadi masalah. Namun, bagi yang tidak punya dana untuk membeli software berbayar di atas, untuk membuka file EPS ini menjadi kendala. Untuk itu ada solusi gratis yang bisa diselesaikan dengan Inkscape (software gratis).

Secara bawaan, Inkscape tidak bisa membuka file berformat EPS. Namun, bukan berarti sama sekali tidak bisa. Kamu tinggal menambahkan Ghostscript saja supaya Inkscape bisa membuka file EPS dari Shutterstock. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.
  1. Download software Inkscape di sini. Pilih sesuai Windows-mu. Tapi kebanyakan Windows sekarang sudah 64-bit. Lalu instal di komputermu jika download sudah selesai.
  2. Download software Ghostscript di sini. Jika sudah selesai download, lalu instal di komputermu.
  3. Kemudian cek lokasi instalasi Ghostcript. Biasanya terletak di C:\Program Files\gs\gs9.23.


  4. Ambil path lokasi lib dan bin-nya. Untuk kasus saya, path lokasi lib dan bin seperti ini:
    lib = C:\Program Files\gs\gs9.23\lib
    bin = C:\Program Files\gs\gs9.23\bin
  5. Kemudian klik Start > My Computer > klik kanan > pilih "Properties".


  6. Pada System Properties, pilih tab "Advanced".


  7. Kemudian klik "Environment Variables".


  8. Di dalam data System Variables, pilih "Path" lalu klik Edit.


  9. Edit variable value-nya. Tambahkan lokasi lib dan bin (seperti yang disebutkan di poin 4) dengan dibatasi tanda ; untuk setiap lokasinya.


    Value sebelum diubah:
    %SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;

    Value setelah diubah:
    %SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;C:\Program Files\gs\gs9.23\lib;C:\Program Files\gs\gs9.23\bin

  10. Kemudian klik OK untuk menyimpan varible value Path. Dan klik OK lagi untuk menyimpan perubahan sekaligus menutup jendela Environment Variables.
  11. Lalu coba buka EPS dengan Inkscape. Jika masih error, coba restart komputermu, mungkin perubahan Path belum diterapkan.
  12. Jika masih error, coba perhatikan tutorialnya dari poin 1 lagi dengan seksama. Mungkin ada langkah yang terlewat.

Setelah semua terkonfigurasi dengan benar, kamu akan bisa membuka file EPS di Inkscape dan mengeditnya. Berikut ini adalah salah satu contoh saat saya mengedit file EPS yang saya dapatkan dari Shutterstock. Asyik bukan? Bisa buka file EPS dari Shutterstock tanpa harus punya CorelDraw ataupun Adobe Illustrator.


Sekedar info tambahan sih, jika kamu butuh download gambar atau vektor dari Shutterstock dan kamu ga punya kartu kredit, kamu bisa loh beli melalui jasa Shutterstock Indonesia. Metode pembayarannya pun sangat mudah, bisa lewat transfer bank bahkan bisa bayar melalui transfer pulsa.


Baiklah, sekian dulu tutorial Inkscape kali ini. Sampai jumpa di tutorial lainnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar