Featured Post

Tips Memilih dan Membeli Produk Apple Secara Online

Pernah belanja online? Di era sekarang belanja online merupakan sesuatu yang lazim. Salah satunya adalah Lazada, dia merupakan toko online yang menjual banyak produk. Mulai dari produk kecantikan hingga komputer.

Karena saya suka komputer -tepatnya produk Apple-, maka di sini saya mengulas tips memilih dan membeli produk Apple secara online. Kita tahu produk Apple ini sangat digandrungi banyak kalangan, apalagi kalangan pemuda yang mendewakan gengsi. Gengsi banget kalo ga pake produk Apple.

Gengsi boleh, namun bukan berarti tidak memperhatikan kondisi keuangan dan kebutuhan. Berikut ini adalah tips memilih dan membeli produk Apple secara online agar kamu ga salah pilih.

Tips Memilih dan Membeli Produk Apple Secara Online

Dengan tips ini, setidaknya menyelamatkan kamu dari penghamburan uang.

1. Cek Budget yang Kamu Punya

Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Membeli barang tentu harus sesuai dengan budget yang dianggarkan. Kebiasaan banyak orang adalah terlanjur membeli barang yang melebih budget yang dianggarkan.

Di Lazada, kamu bisa memilih barang yang sesuai dengan budget yang kamu anggarkan dengan menggeser indeks harga yang ada di sebelah kiri.

Indeks Harga

2. Sesuaikan dengan Mobilitasmu

Mobilitas setiap orang tidak sama. Ada yang sering di rumah, ada yang sering keluar rumah. Jika kamu termasuk orang yang sering keluar rumah, memilih MacBook lebih menguntungkan daripada memilih iMac. Jika kamu orang yang bekerja di rumah, gunakan iMac.

MacBook Pro

iMac

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Kerja

Jika kamu seorang desainer, biasanya sangat butuh dengan spesifikasi yang serba tinggi. Untuk spesifikasi yang tinggi biasanya tersedia pada MacBook Pro dan Mac Pro. Namun, jika kamu seorang enterpreneur muda, biasanya cukup menggunakan MacBook Air  atau iPad yang terkenal mini dan ringan.
MacBook Air

4. Tanyakan Mengenai Pengepakan Barang

Membeli perangkat komputer secara online tentu harus memperhatikan pengepakannya. Jika pengepakannya kurang aman, bisa jadi perangkat tersebut bisa rusak.

5. Tanyakan Mengenai Retur Barang

Bukan tidak mungkin jika barang saat sampai di rumah tidak berjalan dengan semestinya. Tentu hal seperti ini akan membutuhkan retur. Tanyakan bagaimana dan biaya retur barang.

6. Tanyakan Garansi

Perangkat komputer tentu mempunyai masa pakai. Menanyakan garansi amat perlu dilakukan jika tiba-tiba perangkat tersebut rusak belum sampai masa garansi habis. Tanyakan juga garansinya apa saja, keseluruhan atau sebagian komponen saja.

7. Mekanisme Pembayaran

Mekanisme pembayaran juga tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Tidak semua toko online mempunyai rekening di berbagai bank.

Itulah 7 tips memilih dan membeli produk Apple secara online. Jika sudah tahu tipsnya, kamu bisa praktikkan tips tadi di Lazada Indonesia. Selamat mencoba :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. wah kebetulan sedang mencari inforasi Iphone 5 nih. Matur suwun Kang sharenya
    Apa kabar Mbak Any Law ? sehatkan kalian berdua ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat kang :)
      sekarang sudah menjadi 3 kang
      udah ada bayi, hehe

      Delete
  2. Iya bener itu, mesti hati2 kalau beli barang mahal secara online, takut nanti yang di terima ridak sesuai harapan

    ReplyDelete
  3. John, tempo hari kan aku mau beli sesuatu di Lazada. Karena baru pertama kali, aku mendaftar jadi anggota dengan mengisi nama, alamat rumah, alamat email, nomor HP, dll. Terus kan aku pilih barang-barang yang mau aku beli, masukin ke keranjang belanja, dan menunggu notifikasi dari Lazada. Tapi kok nggak ada tindak lanjutnya.

    Biasanya, selama ini kalau berhubungan dengan online shop, pihak penjual akan mengirim email notifikasi mengenai belanja kita, menyebutkan berapa yang harus kita bayar (biaya belanja + ongkir), dan ke rekening mana kita harus membayarnya. Tapi kok Lazada nggak ada tindak lanjut seperti itu. Aku kan jadi ragu, juga nggak tahu berapa yang harus aku bayar, dan kemana harus membayarnya.

    Semula, aku menunggu sampai 1 hari, tapi tetap gak ada kabar apa pun. Lalu 3 hari, tetap nggak ada kejelasan. Yang ada malah email-email iklan dari Lazada yang menawarkan barang-barang lain. Terus aku coba hubungi email CS-nya, sehubungan dengan pembelian tadi, siapa tahu ada kejelasan. Tapi nggak ada jawaban apa pun sampai sekarang.

    Menurutku ini aneh, karena nama Lazada yang sedemikian terkenal, tentunya mereka bisa melayani konsumen secara profesional dan penuh kejelasan. Atau jangan-jangan aku yang nggak paham? Mohon pencerahannya, John, siapa tahu bisa membantu. Atau, mungkin kamu juga perlu bikin tutorial step by step tentang cara berbelanja di Lazada? :D

    Trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya hal ini sudah kena banyak orang yah, termasuk dirimu :D
      beberapa minggu yang lalu sempat ada kejadian seperti ini Hoed pada salah satu blogger yang lumayan terkenal
      jadi ceritanya di beli komponen komputer
      dia udah sampe tahap transfer tapi di Lazada belum masuk transfernya, di cek di daftar uang yang masuk ga ada
      awalnya dia nganggepnya bakal ga masalah, eh ditunggu sampe berminggu-minggu masih belum nyampe barangnya
      dia hubungi CS-nya Lazada, si CS bilang kalo dia belum transfer sejumlah uang yang harus dibayar, jadinya pesanan dia hangus karena melewati batas pembayaran
      nah karena sebel, si blogger ini bilang ke CS-nya bakal bikin ulasan tentang kejadian ini
      CS-nya pun akhirnya mengurus ini dengan serius, dan akhirnya masalah selesai, di blogger dapat barangnya

      kejadian kedua, kejadian temen si blogger yang tadi
      dia pesen barang di Lazada, dia lakukan sebagaimana hal biasanya
      lalu barang ga nyampe2 ... dia pun nanya ke CS-nya
      ternyata barang yang dia beli itu stoknya habis
      pertanyaannya, kenapa Lazada ga ngasih tahu kalo stoknya habis?
      mungkin karena takut pelanggannya kabur
      hematku, justru dengan cara itu bikin pengalanggan jadi merasa di-PHP-in

      dari dua kasus itu, aku pun juga makin agak gimana gitu dengan Lazada
      baik sangkaku sih, mungkin si Lazada ini lagi sibuk sama Flash Sale-nya hape Red Mi 1S yang lagi booming itu
      sampe2 sistemnya kualahan, CS-nya juga kualahan
      ini sih baik sangkaku
      mungkin check out yang kamu lakukan belum masuk di Lazada-nya, jadi ga ada notifikasi
      atau, kemungkinan terburuknya ... check out-mu sudah masuk, tapi sistem Lazada-nya yang error karena kualahan, akhirnya ga bisa ngirim notifikasi di email

      kalo aku bikin tutorial belanja di Lazada, sepertinya agak ga rela Hoed :D
      harusnya dibayar dulu, baru bikin tutorial untuk ini :P
      kan ini semacam promo Lazada nantinya, hehe

      Delete
    2. Waduh, nggak nyangka nih si Lazada. Itu kan dia iklannya gencar dimana-mana, tapi pelayanannya kok sangat nggak profesional gini.

      Semoga Lazada membaca komentar-komentar ini, John, biar mereka bisa memperbaiki kinerja dan layanannya. Sangat disayangkan kalo nama/merek udah sangat terkenal, tapi layanannya abal-abal.

      Delete
    3. nah itulah yang juga aku sayangkan
      awalnya aku juga menyangka begitu Hoed, tapi apa daya ternyata banyak juga orang di sekitarku yang dikecewakan oleh Lazada

      semoga saja Lazada membaca ini :)
      harusnya perusahaan sekelas Lazada punya tim untuk memperhatikan gerak isu di dunia online, apalagi mereka jualannya online
      kalo mereka sampe ga memperhatikan ini, lama2 ini akan jadi bom waktu buat Lazada

      Delete
  4. Q cuma pesan tas q kira cepat tp resi jne g jg bs d cek ktny h+1

    ReplyDelete

Post a Comment