Featured Post

Fitur CSS Selection Untuk Mengelabui Tukang Copas

Belajar CSS terkadang sangat berguna bagi seorang blogger. Bagaimana tidak, dengan hanya mempelajari CSS yang dasar saja, kamu bisa sedikit menghindari seseorang untuk menyalin artikel blog kamu. Biasanya cara untuk menghindari orang lain dari menyalin artikel kamu adalah dengan bantuan JavaScript. Kali ini saya akan mengulas cara menanggulangi tukang copas dengan menggunakan CSS. Apakah bisa?

Jika dibilang bisa, tidak menjamin 100%. Hanya saja dengan cara ini setidaknya orang yang akan melakukan copas sedikit kebingungan. Bahkan biasanya apabila orang mematikan JavaScript-nya untuk bisa copas, maka hal ini tidak akan berpengaruh, karena ini adalah CSS. Penasaran bukan? Berikut ini ulasannya.

Cara Mengelabui Tukang Copas dengan CSS

Sebelum membahas bagaimana cara mengelabui tukang copas, kamu perhatikan demo di bawah ini. Pada baris yang terakhir, kamu akan menemukan tidak ada latar di belakang teks. Hal ini lah yang akan mengelabui tukang copas. Dia akan beranggapan bahwa tulisan kamu tidak bisa di-copas, padahal sebenarnya bisa. Jika dia menggunakan Ctrl A (memilih semua), maka cara ini akan menyulitkan tukang copas. Mengapa? Karena dia harus melakukan penyuntingan lagi.

See the Pen pJxru by Iskandar Dzulkarnain (@iskael) on CodePen.

Menarik bukan? Bagiamana caranya? Kamu hanya cukup membubuhkan selektor ::selection (untuk global), ::-moz-selection (untuk Firefox), atau ::-webkit-selection (untuk Chrome, Safari, dan Opera Next). Lalu, aturlah properti dari selektor itu dengan background: transparent. Mengapa tidak dengan background:none? Cobalah sendiri, nanti kamu tahu alasannya :)

Cara di atas mudah bukan? Kamu hanya perlu mengkolaborasikannya dengan skrip anti-copas dari JavaScript saja, biar makin greget. Selamat mencoba :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. #facepalm

    orang kalo udah niat jadi maling artikel ya percuma aja itu trik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak percuma kug
      perbandingan orang yang jago sama biasa aja itu lebih banyak yang biasa aja :D
      buktinya ada yang kena trik ini

      Delete
  2. menadi blogger dengan menulis itu menyenangkan... hal ini tidak bisa didapat dgn cara copy paste

    ReplyDelete
  3. Bisa juga ya, menipu dengan manipulasi anggapan mereka, tapi kenyamanan pengguna awam jadi terganggu juga nantinya. Thanks infonya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah
      kadang kita juga harus memikirkan kenyamanan

      Delete
  4. Wah bagus juga trik nya, tapi kayaknya kalau tidak ada efek seleksi begitu jadi aneh juga.

    Artikel-artikel serupa untuk menghindari pencurian artikel - http://www.tutorial-webdesign.com/tag/plagiat/

    ReplyDelete
  5. Kalo sy dibablasin aja mas udah males ngurusin tukang copas soalnya banyak akal
    dan banyak yg ga tau malu, walau gambar dah dikasih watermark juga tetep dipajang & parahnya yg komen juga ga mikirin itu artikel asli atau cuma copas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, gitu yah
      ya kalo yang komen mah ga ngurusi artikel itu copas atau enggak

      Delete
  6. haduh...copas lagi.
    apa ga kasihan ya sama orang lain

    ReplyDelete

Post a Comment