Featured Post

Pintu Kulkas Anda Tidak Bisa Tertutup Rapat? Yuk, Ketahui Penyebab dan Cara Memperbaikinya di Sini!

Mengetahui bagaimana cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat sejak dini sangat diperlukan. Pasalnya alat rumah tangga yang satu ini memiliki peranan vital dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mendinginkan makanan dan minuman, menjaga kualitas makanan agar tetap segar, hingga mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan agar tidak cepat rusak. Jika permasalahan tersebut tidak segera ditangani dengan baik, maka makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya akan mudah basi. Selain itu, permasalahan tersebut juga dapat merusak komponen kulkas seperti kompresor, akibat bekerja terlalu keras. Daripada kelamaan, yuk ketahui apa saja yang menyebabkan pintu kulkas tidak rapat beserta cara memperbaikinya.

Penyebab Pintu Kulkas Tidak Rapat

Ada beberapa hal yang menyebabkan pintu kulkas menjadi tidak rapat saat ditutup. Berikut penyebab selengkapnya.

1. Karet pintu kulkas longgar

Penyebab pertama, bisa disebabkan karena kondisi karet pintu kulkas yang sudah longgar. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat karet kotor, karet sudah keras, atau getas. 

2. Engsel kulkas rusak

Penyebab kedua bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada engsel kulkas. Hal ini terjadi akibat terlalu sering membuka tutup pintu kulkas dengan cara kasar.

3. Magnet kulkas rusak

Penyebab ketiga, bisa saja dikarenakan kondisi magnet yang mulai rusak atau melemah. 

Cara Mengatasi Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Jika kondisi tersebut terjadi, Anda tidak perlu panik karena bisa diatasi secara mandiri. Berikut cara mengatasi selengkapnya. 

1. Bijak saat menyimpan makanan dan minuman ke dalam kulkas

Pintu kulkas yang kurang rapat bisa terjadi karena isi di dalam kulkas melebihi kapasitas tampung kulkas. Kondisi tersebut membuat pintu kulkas sulit untuk tertutup. Cara untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu bijak ketika hendak menyimpan makanan dan minuman di dalam kulkas.

2. Membersihkan bagian karet pada pintu kulkas

Cara kedua, Anda bisa membersihkan tumpukan debu dan kotoran yang menempel pada karet pintu kulkas. Gunakan lap kain halus (lap microfiber) dengan cairan pembersih untuk membasmi kotoran yang melekat tersebut hingga bersih.

3. Menggunakan hair dryer

Cara ketiga, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk melunakkan kondisi karet pintu kulkas yang sudah mengeras. Pastikan, suhu hair dryer tidak terlalu panas agar tidak merusak kondisi karet.

4. Ganti dengan karet yang baru

Apabila kondisi karet pada pintu kulkas sudah getas, atau robek, maka Anda perlu melakukan penggantian. Anda bisa menghubungi teknisi ahli agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya pada saat penggantian. 

5. Cek kondisi magnet

Langkah selanjutnya, cek kondisi magnet, apabila kondisi daya magnet sudah melemah, atau sudah lepas. Anda perlu melakukan penggantian dengan magnet baru. 

6. Ganti engsel kulkas yang rusak

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengganti bagian engsel yang aus dengan yang baru. Kerusakan pada engsel ini dapat disebabkan karena faktor usia, atau kondisi baut dan mur yang sudah lepas. 

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, itu tandanya Anda perlu membeli kulkas baru. Bicara soal rekomendasi kulkas terbaik, tahan banting, namun estetik, Anda perlu mencoba kulkas dari AQUA Japan yaitu AQR-IM5454AM. Kulkas dua pintu ini mampu menjaga kualitas makanan agar tetap segar, ampuh membunuh bakteri, hemat listrik, hingga mengatur temperatur suhu sesuai kebutuhan. Sebab kulkas ini didukung dengan fitur mumpuni seperti twin inverter, deo pure, hingga anti-bacterial.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments