Featured Post

Cara Mengecek Saldo e-Money di Samsung Galaxy J7 Pro

Awal kali beli Samsung Galaxy J7 Pro beberapa minggu yang lalu, saya cukup kebingungan bagaimana sih cara menggunakan fitur NFC-nya. Pasalnya, fitur NFC ini bisa digunakan untuk mengecek saldo e-Money. Nah, kebetulan saya punya Indomaret Card.


Saya coba-coba ternyata masih belum bisa. Bahkan saya lihat tutorial bagaimana cara menggunakan NFC untuk mengecek saldo e-Money di YouTube juga tidak kunjung membuahkan hasil. Pantas saja sih tidak membuahkan hasil, karena tutorial di YouTube tidak menggunakan ponsel yang sama dengan punya saya.

Sudah saya tempel-tempel di belakang ponsel, tetap saja saldo Indomaret Card-nya tidak muncul. Karena tidak kunjung membuahkan hasil, akhirnya saya tinggalkan. Saya lebih fokus untuk mengeksplorasi bagian fitur lainnya di Samsung J7 Pro milik saya.

Setiap ponsel beda-beda letak NFC-nya

Tepat seminggu setelah pembelian ponsel Samsung J7 Pro ini, ternyata istri saya gemes mencari cara mengecek saldo Indomaret Card ini di Google. Ketemulah caranya setelah membaca salah satu thread di Kaskus. Kaskus ini cukup membantu untuk urusan semacam ini. Haha.

Menurut penuturan orang-orang di Kaskus, cara mengeceknya adalah dengan menempelkan kartu Indomaret Card tepat di sekitar area kamera Samsung J7 Pro. Sebelumnya sih saya mengeceknya malah di bagian bawah, pantas saja tidak bisa.

Namun, meski saya taruh di dekat kameranya ternyata masih muncul toast "kartu tidak valid". Nah loh, saya kan makin bingung. Tapi tidak masalah. Setidaknya ini memberikan umpan balik. Sebelumnya malah tidak muncul apa-apa.

Cara Mengecek Saldo Indomaret Card di Samsung J7 Pro

Ternyata, cara yang benar untuk mengecek saldo Indomaret Card di Samsung Galaxy J7 Pro ini adalah sebagai berikut:

  1. Tempelkan dulu kartu Indomaret Card di belakang ponsel sekitar letak kamera belakang. Posisi menempelkan kartunya seperti di bawah ini.


  2. Usap ke bawah (swipe down) status bar, lalu tap pada menu NFC-nya.


  3. Akan muncul pilihan aplikasi pengecekan kartu NFC, pilih yang kamu sukai.


  4. Untuk kasus saya, saya pilih aplikasi e-money info. Lalu secara langsung akan memunculkan saldo e-Money Indomaret Card yang kamu punya.


Bagaimana, mudah bukan?

Cara Mengisi Saldo e-Money dengan Mandiri Online

Selain mengecek saldo, saya juga bisa menambahkan saldo Indomaret Card saya. Kebetulan saya juga punya rekening Mandiri yang juga diaktifkan fitur Mandiri Online-nya.

Sama halnya seperti mengisi saldo Indomaret Card, kartu ditempelkan dulu lalu diaktifkan NFC-nya. Setelah itu pilih menu topup. Masukkan sesuai nominal yang diinginkan. Waktu itu saya hanya sekedar iseng saja sih, saya topup saldonya cuma 10 ribu rupiah saja. Ternyata bisa.

Saldo Sebelum Topup

Saldo Sesudah Topup

Resi Transaksi Topup

Ternyata sangat mudah sekali yah. Apalagi topup lewat Mandiri Online ini tidak dikenakan biaya apapun. Berbeda kalau kamu topup di Indomaret, dikenakan seribu rupiah tiap kali topup-nya.


Kesimpulan

Di akhir artikel ini, bisa disimpulkan bahwa NFC setiap ponsel itu letaknya beda-beda. Meskipun dikatakan ada di belakang, tapi tepatnya di mana itu masih harus dicari-cari.

Googling dulu yang banyak, sebelum putus asa. Sebelumnya saya cari-cari mengenai cara menggunakan NFC Samsung Galaxy J7 Pro untuk mengecek saldo e-Money juga tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, saya sengaja menulis artikel ini untuk memudahkan jika ternyata ada orang lain yang mengalami kesulitan seperti yang saya alami. Dan itu pasti jumlahnya lumayan banyak. Hehe.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat beraktivitas!

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. HP sy Samsung J7 Pro tidak dpt digunakan untuk mengecek emoney, padahal sebelumnya bisa. kira2 knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kartu e-money nya rusak
      cara ngeceknya adalah coba dibuat bayar ke indomaret atau tol, kalo ternyata bisa, berarti ada masalah sama hp samsungnya

      Delete
  2. buat bayar tol, naik krl jg bisa, gak ada masalah. tp ngecek saldo lewat hp gak bisa. pdahal nfc nya udah dihidupin. kira2 bisa ngasih solusi gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin posisinya naruh kartunya ga pas
      sudah coba cara yang saya share di atas kan?

      Delete
    2. udah kak, tp tetep gak bisa

      Delete
    3. boleh dikirimin gambar gimana cara meletakkan kartu dgn kondisi yg pas. trmkasih

      Delete
    4. sudah sy coba, tp tetep gak bisa. boleh mnta tlg di kirimin gambar posisi yg pas untuk meletakkan kartu kak

      Delete
    5. oke, sudah saya update artikelnya
      sudah saya kasih gambar posisi nempelnya

      Delete
  3. Pak apa semua handphone android memiliki fitur NFC ini pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih infonya,, kasus saya persis seperti ini. Saya sangat terbantu... 👍👍👍👍

      Delete
  4. terima kasih infonya...sy juga td pagi mau cek kartu e-money juga kebingungan...coba hp samsung punya temen langsung bisa kenapa yng punya sy ga isa, akhirnya sore ini sy sempetkan googling cari informasi...dan ketemu informasi ini...seneng banget jadinya

    ReplyDelete
  5. Samsung j pro sy jg gk bisa d gunain.sewaktu sy ngecek e_money.ada tulisan kartu tidak valid/tap kartu anda.apanya ya ka...

    ReplyDelete
  6. Knp hp samsung j 7 pro sy jg gak bs digunakan, setiap kali kartu e money ditempelkan slalu ada tulisan promo tidak tersedia, mohon info nya kak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok aneh sekali, malah promo :D

      harusnya sih bisa, mungkin lokasi nempelinnya ga pas

      Delete
  7. Untuk ngecek kartu flazz gak bisa yaa? Saya coba untuk e-money sih bisa, cuma flazz kok gak bisa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa
      coba pake aplikasi bawaan BCA

      Delete
  8. Terima kasih pencerahannya. Sebelumnya sudah berkali-kali coba untuk fitur NFC di HP Samsung Galaxy J7 Pro namun gagal. Setelah memahami caranya ternyata 1 kali tempel langsung bekerja fitur NFC-nya di HP Samsung Galaxy J7 Pro milik saya. Sungguh artiket yang bermanfaat. Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment