Featured Post

Pengalaman Ajukan Banding Domain .MY.ID yang Bermasalah di Google Search Console

Postingan ini terkait postingan blog sebelumnya mengenai website iseng buatan saya uneg.my.id. Setelah saya coba daftarkan ke Google Search Console, ternyata saya menemui masalah baru. Domain yang baru saya beli ternyata bermasalah.

Ya, bermasalah. Tentu saja karena saya memakai domain .MY.ID. Saya sudah mengonfirmasi ini ke beberapa teman yang kebetulan juga punya domain .MY.ID. Masalah ini muncul karena domain .MY.ID sudah ditandai SPAM oleh Google. Banyak orang-orang yang menyalahgunakan dan bikin rusuh dengan domain ini. Tentu saja karena harganya murah. Jadi mereka ga keberatan ketika web mereka rusuh dan kena deindex Google. Dan yang melakukan itu banyak, akhirnya Google menandai secara global.

Solusinya?

Tentu saja ada solusinya. Saya mengajukan banding dan memberi tahu Google kalau domain saya dan web saya ini aman. Isinya aman, tidak neko-neko lah.

Akhirnya beberapa hari setelahnya—sekitar 3 hari kalau tidak salah—langsung disetujui dan lepas dari peringatan tersebut. Kamu akan mendapatkan email pemberitahuan jika banding yang kamu ajukan disetujui oleh Google.

Kamu juga bisa cek langsung di dasbor Google Search Console untuk memastikan sudah selesai masalah itu.

Jadi, cukup mudah untuk mengajukan banding domain .MY.ID. Tidak sesusah dan selama jika kamu banding domain yang terkena deindex.

Mengapa Harus Ajukan Banding?

Mungkin kamu bertanya, mengapa susah-susah ajukan banding, biarin saja lah. Eitss, ga bisa gitu. Jika tidak ajukan banding, web kamu tidak akan diindex oleh Google sampai kapanpun. Ini menyebalkan sekali.

Hasil setelah banding diterima adalah web kamu bisa diindex oleh Google, seperti uneg.my.id ini yang sudah muncul di pencarian Google.

Semoga pengalaman saya ini berguna yah buatmu.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Baru tahu kalau my.id dianggap spam. Kok sampe segitunya ya? Biasanya yang nyepam pakai my.id itu isi blognya apa, John?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dibuat spam web AGC (Automatically Generated Content).
      AGC ini menyebalkan, dia ngambil konten dari banyak blog lalu ditaruh di webnya.
      Dulu Iskael juga pernah jadi target AGC dan udah aku banding ke Google lewat DMCA.

      Delete
  2. Bisa submit sitemap di GSC enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum cobain
      tapi curhatan teman di grup Blogger, MY ID punya dia ga bisa submit sitemap

      Delete
  3. Hii kak, mungkin ada cara bagaimana mengaktifkan kembali Google adsense dengan akun blogspot yang sebelumnya sudah tertaut, namun karena berganti domain jadi harus mengulang dari awal. Bahkan sampai sekarang tidak kunjung approv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah ngalamin gitu sih
      tapi harusnya kalo ganti domain, ya ajuin ulang
      karena tertautnya di domain, bukan akun blogspot

      Delete

Post a Comment