Featured Post

Migrasi ke YouTube

Setelah setahun mengevaluasi, saya akhirnya mulai menyeriusi YouTube. Berdasarkan data setahun terakhir yang saya kumpulkan, era blog akan berakhir. Meskipun, saya sendiri juga tidak akan menutup blog ini. Terlalu sayang jika blog ini ditutup.

Namun, blog-blog saya yang lainnya akan terus saya evaluasi performanya. Blog yang tidak menguntungkan, akan saya "suntik mati". Hehe.

Kenapa dengan Blog?

Berbeda dengan tahun 2015 dan setelahnya, penghasilan dari blog—terutama placement article—sangat gurih. Namun sejak 2022 awal, saya merasakan penurunan yang tajam, bahkan sangat tajam. Dan saya mencoba bertahan, akhirnya tidak tahan juga. Biaya operasional untuk blog-blog itu tidak bisa tertutupi dari pendapatan blog tersebut selama setahun.

Setidaknya, di tahun 2022 kemarin saya menyuntik mati blog saya lebih dari 5 blog (domain). Tahun ini, mungkin juga akan sama, bahkan semakin banyak. Yang dulunya bisa mencapai 40 blog aktif yang saya punya, tahun kemarin tinggal 30, dan tahun ini mungkin 20 atau kurang dari itu.

Meskipun ini terkesan terlambat, YouTube masih memberikan banyak peluang. Banyak sponsor yang lebih melirik YouTube dibandingkan dengan blog. Bahkan saya semakin yakin ketika banyak platform yang mempertemukan pengiklan dan blogger banyak yang tidak sehat. Bahkan ada yang tidak membayar blogger. Saldo saya di sana 700 ribuan dan belum dibayar sejak Maret 2022 lalu. Ya, sudah 11 bulan nih. Bentar lagi ulang tahun. Haha.

Tak hanya itu, banyak orang yang lebih suka menonton dibandingkan membaca. Kamu gitu juga?

Channel YouTube Iskael

Apakah Iskael akan membuat channel YouTube? Tentu saja. Bahkan sudah saya buat sejak 31 Januari 2014 lalu. Hanya saja tidak saya isi konten. Terlambat 9 tahun yah? Hehe.

Tidak masalah sebenarnya, meskipun terlambat asal tetap dapat. Di YouTube Iskael, beberapa minggu ini saya mengunggah konten tentang cara membuat WordPress Theme dari Nol. Saya pecah jadi beberapa bagian. Saya ingin sekali menuntaskan konten tutorial saya yang satu ini, lalu berpindah ke topik tutorial lainnya.

Apakah di YouTube dapat uang? Tentu saja dapat, tapi nanti. Orang juga baru unggah kontennya. Subscriber juga masih sedikit. Saya ingin menikmati proses channel YouTube Iskael ini berkembang dari bawah. Ya seperti blog Iskael ini, saya mulai dari bawah hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Rasanya lebih seru.

Sudah segitu dulu curhatan kali ini. Semoga channel YouTube Iskael berguna buat kalian yang ingin belajar WordPress lebih dalam.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. wah sudah mulai pindah youtube ini mas,,,saya setaun ini sepi blog placement jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ayo pindah ke YouTube juga hehe

      Delete
    2. belajarnya bingung darimana mas, channel sih ada cuman enggak ada isinya hehe

      Delete
    3. belajar dari orang2 mas dengan mengamati pola di channel mereka

      Delete

Post a Comment