Featured Post

Big Data, Pemeran Utama pada Bisnis Digital

Salah satu metode pengembangan bisnis yang saat ini sedang trending di kalangan pengusaha adalah strategi untuk mengenal pelanggan secara lebih dekat. Strategi ini dilakukan agar perusahaan dapat memperoleh loyal customer yang secara rutin akan menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan guna mencapai kondisi ini, mulai dari menerapkan strategi yang bersifat tradisional (seperti door-to-door marketing) hingga menerapkan aspek-aspek teknologi yang semakin berkembang. Cara kedua lebih banyak diminati oleh perusahaan mengingat tingginya lalu lintas masyarakat saat menggunakan internet yang kini semakin canggih dan mudah digunakan.

Contoh penerapan teknologi dalam usahanya meningkatkan loyal customer adalah dengan menggunakan Big Data. Big Data merupakan sebuah istilah yang merujuk pada kumpulan data yang jumlahnya sangat besar sehingga hanya bisa dianalisis dengan teknik khusus. Pada bidang bisnis, Big Data biasanya berisi kumpulan informasi terkait dengan pelanggan meliputi identitas pelanggan, alamat, daftar belanjaan, hingga informasi terkait konten yang dikonsumsi oleh pelanggan di media sosial. Dengan adanya data-data tersebut, perusahaan dapat mengenal lebih dekat pelanggan yang dimiliki.

Dilihat pada definisi di atas, penerapan Big Data sangat tepat untuk diterapkan pada lini bisnis. Namun, sebelum menerapkan Big Data untuk kelancaran bisnis, kita perlu mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan dari penerapannya. Berikut ini kami sajikan berbagai manfaat dari Big Data.

Big Data membuat proses bisnis menjadi lebih efisien

Analisis Big Data dapat membantu mengurangi resiko kegagalan proses bisnis hingga 35%. Hal ini dapat diartikan bahwa Big Data dapat membuat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan semakin kecil dan menghemat biaya olah data dan database secara signifikan. Selain itu, penerapan Big Data juga membantu pekerja untuk lebih cepat dan efisien sehingga waktu kerja yang dibutuhkan dapat dikurangi.

Big Data membantu dalam memahami tren pasar

Big Data dapat membantu para marketers dalam memahami perilaku konsumen sekaligus memberikan informasi yang jelas terkait produk dan layanan apa yang saat ini dibutuhkan oleh pasar. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan secara lebih cepat dan tepat.

Big Data berperan dalam mengidentifikasi kekurangan yang dimiliki oleh pesaing

Dengan adanya analisis Big Data, perusahaan dapat mengidentifikasikan kekurangan apa yang dimiliki oleh perusahaan rival. Dengan adanya informasi ini, perusahaan dapat mengembangkan produknya serta menyempurnakan kekurangan yang ada pada produk lain melalui produk yang dijual ke pasar.

Big Data dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen

Big Data dapat membantu perusahaan dalam menghimpun data dan informasi terkait pelanggannya. Dengan adanya informasi ini, perusahaan dapat menerapkan pendekatan langsung kepada pelanggan seperti memberikan hadiah ataupun menerima ulasan jujur dari pelanggan terkait produk. Selain itu, dengan informasi tersebut perusahaan dapat menawarkan produknya secara langsung kepada pelanggan yang memang membutuhkan produknya.

Dengan adanya interaksi yang seperti ini, perusahaan dapat menarik loyal customer sebagai hasil dari metode pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan.

Big Data membantu dalam analisis resiko

Analisis prediktif terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi dapat dilakukan dengan informasi dari Big Data. Pemilik bisnis atau perusahaan dapat menganalisis resiko yang mungkin terjadi berdasarkan kondisi pasar saat ini. Hal ini dibantu oleh banyaknya informasi yang disediakan oleh Big Data serta sifatnya yang real time sehingga hasil prediksinya dapat lebih baik dan margin of error-nya lebih rendah.

Melihat dari fungsi dan manfaat Big Data yang tersaji di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengaplikasian Big Data sangat penting untuk dilakukan saat ini demi kelangsungan proses bisnis yang lebih stabil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Telkom Indonesia kini menghadirkan Big Data Platform yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan strategi digital marketing yang baik serta membantu dalam proses pengambilan keputusan. Penerapan Big Data Platform ini juga dapat membantu perusahaan Anda memperoleh benefit yang beragam dari kondisi operasional secara realtime serta membantu proses distribusi produk secara modern demi meningkatkan efisiensi perusahaan.

Tertarik untuk menggunakan layanan Big Data Platform dari Telkom Indonesia? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments