Featured Post

Akhirnya Inkscape 1.2 Mendukung Apple Silicon (M1)

Lama tidak menulis di blog ini. Kali ini saya sangat senang sekali dengan berita bahwa Inkscape 1.2 sudah rilis dengan menyertakan dukungan terhadapa Apple Silicon (M1 chip). Awalnya iseng saja cek mau download Inkscape 1.2 yang stable, karena sebelumnya sudah coba yang beta versi Intel. Sebelumnya di versi beta belum ada yang versi M1.

Di Inkscape 1.2 beta sebenarnya sudah terasa perbedaan signifikan dari versi 1.0 dan 1.1 yang lemot banget di MacBook M1. Bahkan versi 1.0 dan 1.1 ini juga terasa berat di MacBook Intel.

Di versi 1.2 beta, saya harus mengganti tema Inkscape menjadi tema jadul supaya bisa berjalan dengan lancar. Nah, di versi 1.2 M1 saya tidak perlu melakukan itu, sudah bagus performanya. Berikut ini adalah info aplikasi Inkscape yang sudah tertulis "Kind: Application (Apple Silicon)", artinya benar-benar natif dan optimal performanya di M1.

Di versi 1.2 ini, Inkscape memberikan fitur artboard seperti halnya di Adobe Illustrator. Dukungan ekstensi untuk export ke JPEG sudah ada. Namun yang belum ada adalah profile CMYK. Ini yang sering jadi pertanyaan orang-orang yang pakai Inkscape di dunia percetakan.

Tak hanya itu, saya masih kesulitan melakukan copy paste dari Inkscape ke aplikasi lainnya (misal ke OnlyOffice). Semacam ada isolasi proses di dalam Inkscape ini, tidak bisa lintas aplikasi distribusi clipboard-nya. Fitur copy paste yang dibatasi ini cukup saya sayangkan. Karena aplikasi lainnya seperti Vectornator (sejenis Inkscape di macOS) sudah bisa copy paste ke aplikasi lain.

Saya berharap perkembangan Inkscape kedepan makin bagus dan makin ramah dengan aplikasi lain. Meskipun gratis, Inkscape ini perkembangannya lebih banyak dibandingkan saudaranya, yaitu GIMP yang perkembangannya sangat lambat.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. aplikasi inkscape ini saya rasa sudah sangat bagus, cocok untuk orang yang suka freeware. dari pada suka sama yang bajakan/crack.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebenarnya memang sudah cukup kalo cuma bikin grafik saja
      namun kalo buat ikutan Shutterstock, kurang standar format EPS-nya, apalagi terkait gradient

      Delete

Post a Comment