Featured Post

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut kerap kali membuat seseorang merasa insecure apalagi saat berbicara dengan orang lain.   Masalah seperti ini tidak bisa dianggap enteng, bila Anda mengalaminya, tidak perlu terlalu cemas karena ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami. Sebelum membahas cara mengatasi bau mulut, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa faktor penyebab bau mulut sehingga Anda bisa menentukan perawatan yang tepat.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:

  1. Kebersihan mulut tidak terjaga
    Bau mulut dapat terjadi karena sisa makanan yang masih menempel di lidah, gusi, dan gigi. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.
  2. Xerostomia
    Xerostomia atau mulut kering dapat menyababkan bau mulut hal tersebut karena mulut sedikit memproduksi air liur sehingga sisa makanan tidak dapat terurai dengan baik.
  3. Penyakit asam lambung
  4. Merokok
  5. Makanan atau minuman beraroma menyengat
    Mengonsumsi makanan atau minuman beraroma menyengat seperti bawang,jengkol,petai,kopi dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.
  6. Pencabutan gigi
  7. Penyakit gusi
  8. Sariawan
  9. Infeksi tenggorokan
  10. Infeksi sinus
  11. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  12. Diabetes

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Setelah mengetahui faktor penyebab bau mulut diatas, berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami. 

1. Membersihkan gigi secara rutin

Setidaknya Anda harus menyikat gigi 2 kali sehari agar kesehatan mulut terjaga. Usahakan menyikat seluruh gigi, langit-langit mulut, gusi dan lidah dengan menggunakan pasta gigi antibakterial seperti Closeup Ever Fresh.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Mengonsumsi air putih 8 gelas setiap hari   dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dan menghindari mulut kering yang merupakan faktor penyebab bau mulut.

3. Flossing gigi

Lakukan flossing gigi minimal satu kali sehari untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak di sela gigi agar kebersihan mulut terjaga. 

4. Rutin periksa gigi

Periksa gigi secara rutin 6 bulan sekali sangat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan gigi dan bau mulut Anda secara dini. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Selain cara-cara di atas Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengatasi bau mulut:

1. Siwak

Anda dapat menggunakan Siwak untuk membersihkan gigi. Batang tanaman salvadora persica ini dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri dalam mulut sejak jaman dahulu. 

2. Buah-buahan mengandung vitamin C

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti apel, jeruk, melon, serta beri-berian merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi bau mulut, karena zat asam dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan merangsang produksi air liur.

3. Licorice

Licorice atau akar manis selain dapat mengatasi peradangan kulit, juga dapat menghilangkan bau mulut, kerusakan gigi, hingga dapat meredakan sariawan. Hal tersebut karena akar manis mengandung senyawa antibakteri. 

4. Susu dan Yoghurt

Menurut penelitian, susu dapat menetralkan bau mulut setelah seseorang mengonsumsi makanan beraroma menyengat. Selain susu, Anda dapat mengonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt untuk mengurangi bau mulut karena  mengandung probiotik yang efektif mengurangi hidrogen sulfida dan bakteri di dalam mulut.

5. Jahe

Anda dapat memanfaatkan jahe sebagai obat kumur alami pengusir bau mulut.

6. Daun sirih

Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih dapat berfungsi sebagai pengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut. 

Cara-cara diatas sangat mudah sekali Anda praktikkan. Semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments