Featured Post

Mengenal Penyakit Lambung, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang sekarang dialami oleh banyak orang. Di antaranya menganggap penyakit ini cukup sepele sehingga dibiarkan saja berlarut-larut.

Sayangnya penyakit yang menyerang lambung terbilang cukup ganas dan tidak dapat disepelakan begitu saja. Apabila mengalami penyakit ini sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter yang dapat dilakukan secara online, caranya dengan download aplikasi Klikdokter, download di sini dan dokter akan melayani secara real time.

Pengertian lambung

Penyakit asam lambung dikenal sebagai sakit mag, dispepsia atau indigestion yang digunakan untuk gambaran adanya gangguan saluran pencernaan yang terjadi secara bersamaan. Penyakit mag ini membuat penderitanya merasakan nyeri dari lambung atau usus halus karena beberapa kondisi.

Hal yang menyebabkan datangnya penyakit asam lambung cukup beragam dan berbeda pada setiap penderita. Penyebabnya seperti luka di lapisan dalam lambung, mengonsumsi makanan ataupun minuman yang menyebabkan iritasi pada lambung, stres, infeksi bakteri atau efek samping penggunaan obat.

Penyebab Penyakit lambung

Keluhan yang banyak dialami oleh penderita asam lambung pada umumnya terjadi karena faktor makanan atau minuman yang tidak dikontrol dengan baik. Beberapa jenis makanan dan minuman memicu produksi asam lambung yang berlebihan dan membuatnya iritasi pada permukaan lambung.

Inilah beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya sejumlah gejala naiknya asam lambung:

  • Mengonsumsi makanan dengan cara makan yang begitu cepat ataupun terlalu banyak, makanan yang memiliki kandungan asam tinggi berupa jeruk dan tomat serta makanan berlemak
  • Mengonsumsi minuman dengan jenis alkohol, kopi, minuman lain dengan kandungan tinggi kafein serta bersoda
  • Obesitas
  • Stres dan kecemasan
  • Kehamilan
  • Sejumlah obat berupa antibiotik, OANS dan yang lainnya
  • Merokok
  • Penyakit lain seperti halnya GERD, infeksi H. Pylori, gastritis, tukak lambung, IBD, kanker lambung dan masih banyak lagi

Diagnosis Penyakit Asam Lambung

Dalam mengetahui diagnosis seseoarng terkena penyakit lambung maka harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu secara detail. Pada masalah ini biasanya dokter akan melakukan wawancara terkait medis guna menanyakan beberapa gejala yang sering dialami oleh pasien serta didukung dengan pemeriksaan fisik khususnya pada bagian perut.

Selain itu guna menunjang kepastikan pemeriksaan atas penyakit maka bisa melakukan USG bagian perut, endoskopi dan juga breath test untuk menilai infeksi H. Pylori dan sejumlah tes pendukung lainnya. Dengan demikian akan diketahui apakah pasien tersebut memang mengalami kenaikan asam lambung atau tidak secara pasti menggunakan peralatan medis.

Gejala

Munculnya penyakit lambung juga disertai dengan adanya banyak gejala yang terlihat. Beberapa gejala penyakit asam lambung yang dapat diketahui di antaranya:

  • Rasa panas atau terbakar, nyeri, rasa tidak nyaman di bagian perut atas atau ulu hati
  • Rasa kenyang setelah makan berlebihan
  • Rasa mudah kenyang ketika makan
  • Mual
  • Muntah
  • Kembung

Selain itu juga terdapat gejala lain yang membutuhkan perhatian dan penanganan secara khusus. Sehingga tidak berdampak buruk pada sistem pencernaan dan perlu evakuasi penyebab dari naiknya asam lambung, berikut ini:

  • Adanya keluhan yang terjadi secara berulang pada orang yang usianya sudah di atas 55 tahun
  • Kesulitan untuk menelan makanan
  • Terjadi penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dengan jelas
  • Muntah secara berulang
  • Adanya benjolan yang ada di area perut
  • Disertai dengan penyakit anemia defisiensi besi
  • Terjadi muntah darah atapun BAB darah

Cara Mengatasi Penyakit Lambung

Dalam mengatasi penyakit asam lambung yang kerap terjadi memang tidaklah mudah. Terlebih jika penyakit asam lambung ini sudah terjadi cukup lama maka akan membutuhkan waktu untuk pulih kembali.

Berikut ini cara mengatasi penyakit asam lambung melalui cara pengobatan dan pencegahan.

Pengobatan

Bagi penderita yang sudah mengalami penyakit ini sejak lama maka akan membutuhkan pengobatan secara rutin. Tidak hanya tidak saja, penderita juga harus merubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat.

Apabila melakukan pengobatan pada dokter karena mengalami kenaikan asam lambung maka biasanya akan menyarankan beberapa hal, antara lain:

  • Menghindari terjadinya faktor risiko yang menjadi penyebab asam lambung menjadi naik. Seperti halnya mengurangi beberapa jenis makanan dan minuman yang menimbulkan gejala, berhenti merokok, alkohol dan lain sebagainya
  • Menjalani hidup dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin melakukan kegiatan olahraga mekipun hanya 30 menit setiap hari
  • Memberi obat-obatan sebagai penyembuhan atau mengurangi rasa sakit seperti halnya jenis antacid, Proton pump inhibitor atau PPI, H2 blocker dan juga antibiotik. Kombinasikan juga dengan obat lain dan mengubah pola hidup sehat sehingga dapat meredakan keluhan naiknya asam lambung.

Pencegahan

Sebelum terserang penyakit lambung memang sebaiknya melakukan pencegahan daripada mengobati dengan menjalankan pola hidup sehat. Bagi setiap orang yang tidak mengalami penyakit asam lambung dianjurkan untuk mengatur pola makan yang baik sebagai bentuk pegangan ke depannya.

Hal itu termasuk untuk waktu, makan secukupnya dan memilih makanan yang mengandung serat alami dan rendah lemak. Tidak hanya dari segi makanan saja, melakukan kegiatan fisik yang cukup, istirahat cukup, melakukan olahraga rutin dan mengelola tingkat stres dapat mencegah terserang penyakit asam lambung.

Demikianlah uraian penjabaran mengenai penyakit lambung yang disebabkan oleh beberapa faktor dan disertai dengan sejumlah gejala tampak terlihat sebagai kenaikan asam lambung. Apabila sudah menderita penyakit asam lambung maka harus melakukan pengobatan secara rutin dan mengkonsultasikan kesembuhan pada dokter yang mampu di bidangnya.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Semoga yang punya penyakit ini dihilangkan penyakitnya , yang belum mengalami dijauhkan dari penyakitnya

    ReplyDelete

Post a Comment