Featured Post

Mengenal Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan sangatlah banyak. Mungkin buat kamu yang asing mendengar kata habbatussauda ini, sebenarnya itu hanya Bahasa Arab dari jinten hitam. Buat ibu-ibu pasti tahu karena akrab sekali dengan jinten saat memasak di dapur.

Habbatussauda ini dipercaya memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan penyakit. Hal ini disandarkan dari hadits Nabi shollallohu 'alaihi wasallama yang artinya "Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian."

Namun, perlu diingat yah, bahwa beberapa ulama pun berselisih tentang makna kata "kullu" yang berarti "segala". Karena kata kullu ini bisa bermakna semua secara mutlak, bisa jadi artinya sebagian besar. Pun seandainya bermakna secara mutlak, maka apakah ini murni habbatussauda saja atau ada kombinasi dengan zat lainnya. Masih perlu riset mendalam dan panduan dokter maupun periset.

Terlepas dari itu semua, terdapat beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang sudah diketahui oleh banyak orang, antara lain:

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi seperti ini, memperkuat daya tahan tubuh agar terhindari dari virus Corona adalah prioritas yang tinggi. Beberapa orang mengonsumsi multivitamin terutama vitamin C. Bahkan ketika awal pandemi, vitamin C sempat habis dan susah ditemui di toko dan gerai.

Habbatussauda dengan kandungan kaya akan antioksidannya mampu memperkuat respon imun tubuh dalam menghadapi serangan dari bakteri dan virus.

Melawan Infeksi Bakteri dalam Tubuh

Selain itu, habbatussauda juga mampu melawan infeksi bakter dalam tubuh. Beberapa bakteri penyebab diare dan infeksi saluran kencing bisa diatasi dengan habbatussauda.

Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang suka makan-makanan berlemak yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, kamu bisa menggunakan habbatussauda untuk menetralkan tingkat kolesterolmu. Habbatussauda mampu menurunkan kandungan lemat jahat (LDL) dalam tubuh.

Digunakan untuk Penyembuhan Luka

Beberapa praktik lainnya pengobatan menggunakan habbatussauda adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Biasanya untuk penyembuhan luka digunakan minyak habbatussauda dan dioleskan pada area lukanya.

Melawan Kanker

Kandungan habbatussauda yang kaya akan antioksidan memiliki manfaat dalam melawan kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dilawan oleh habbatussauda adalah kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker serviks, dan lain-lain.

Mengurangi Jerawat yang Muncul

Mengonsumsi habbatussauda juga bisa mengurangi jewarat yang muncul di wajah. Biasanya banyak wanita yang ketika datang masa menstruasi tiba-tiba berjerawat. Untuk itu, kamu bisa menggunakan habbatussauda ini untuk mengurangi jerawat yang muncul saat menstruasi.

Melembutkan Rambut

Untuk kamu yang punya masalah dengan rambut, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda untuk melembutkan rambutmu. Caranya dengan mengoleskannya di rambut sebelum kamu keramas.

Bisa Digunakan pada Kulit Kering

Untuk kamu yang punya masalah pada kulit, seperti kulit kering, kulit bersisik, atau kulit memerah; kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda ini untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup oleskan minyak habbatussauda pada bagian kulit yang bermasalah.

Itulah beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang bisa kamu coba. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat yah.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments