Featured Post

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Harus Diketahui Para Ibu

Ciri bayi tumbuh gigi antara satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda, namun dengan mengenali cirinya, Anda tidak perlu bingung ketika menghadapi buah hati yang rewel. Pada dasarnya, gigi bayi pertama kali akan tumbuh ketika berusia 4 hingga 6 bulan. Kemunculan gigi ini biasanya berada di gigi depan atau gigi seri bagian bawah.


Saat gigi bayi sedang tumbuh, ia mungkin menjadi tidak nyaman. Lebih-lebih di bagian gusinya, rasa yang kurang nyaman ini bisa terjadi selama beberapa hari bahkan beberapa bulan karena gigi yang tumbuh dengan bersamaan. 

Ciri Bayi Tumbuh Gigi

Membedakan si kecil rewel karena giginya yang sedang tumbuh atau penyebab lain memang tidak mudah. Namun, ada beberapa ciri yang harus Anda ketahui, seperti:

Menghisap barang yang ada di sekitarnya

Ketika gigi bayi akan tumbuh, biasanya ia akan merasa gusi lebih gatal sehingga bayi akan menggigit puting maupun menghisap benda yang ada di sekitarnya.

Gusi bengkak

Tanda bayi tumbuh gigi yang lainnya adalah gusi menjadi bengkak. Anda bisa membuka mulutnya dengan pelan, biasanya saat giginya sedang tumbuh, gusi menjadi bengkak kemerahan, bahkan terlihat memar. Terkadang, Anda juga bisa melihat gigi yang muncul dengan samar dalam gusinya yang sedang meradang. 

Mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak

Hingga sekarang, penyebab keluarnya air liur bayi dalam jumlah banyak ketika tumbuh gigi belum diketahui. Tetapi, kondisi tersebut diduga disebabkan karena peningkatan gerak otot yang berada di mulut bayi ketika proses tumbuh gigi. 

Peningkatan gerak ini nantinya bisa memicu kelenjar ludah sehingga berubah menjadi lebih aktif dan akhirnya jumlah produksi air liur menjadi lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. 

Rewel ketika malam hari

Biasanya, bayi yang tumbuh gigi akan menjadi sulit tidur dan rewel ketika malam hari. Hal tersebut disebabkan karena laju pertumbuhan gigi meningkat saat malam hari. 

Berkurangnya nafsu makan

Penurunan nafsu makan juga bisa menjadi ciri bayi tumbuh gigi. Tidak sedikit bayi yang menolak makan serta minum sama sekali. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena peradangan gusi yang terjadi ketika gigi tumbuh. 

Ruam yang terjadi di sekitar mulut 

Tidak sedikit bayi yang mengalami ruam di mulut ketika tumbuh gigi. Hal tersebut disebabkan karena produksi air liur yang berlebihan bisa menyebabkan mulut menjadi lebih lembab. Bila Anda sudah melihat air liur membasahi sekitar mulutnya, segera bersihkan atau lap dengan tissue agar mencegah kemunculan ruam. 

Demam

Bayi yang mengalami tumbuh gigi bukan hanya kehilangan nafsu makan namun juga demam. Anda dianjurkan untuk segera membawa buah hati ke dokter ketika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 38 derajat celcius. Lebih-lebih jika demam tersebut terjadi lebih dari 2 hari. 

Agar dapat mengatasi kurang nyamannya buah hati ketika tumbuh gigi, Anda dapat melakukan berbagai macam hal yang sederhana seperti menggosok gusi dengan perlahan menggunakan kain bersih lembut atau jari. Selain itu Anda juga bisa memberi makanan dingin. Makanan dingin bisa mengurangi rasa kurang nyaman yang dialaminya karena tumbuh gigi.

Mengenali ciri bayi tumbuh gigi dapat membuat kita melakukan respons yang tepat untuk buah hati. Anda juga tidak perlu cemas jika pertumbuhan giginya cenderung lambat. Selama pertumbuhan rambut, kulit dan tulang berjalan normal, tidak ada yang perlu Anda risaukan.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments