28 Okt 2021

Ingin Menggunakan Dedicated Server? Simak Hal Berikut!

Mengelola website maupun blog memang berawal dari hal yang kecil. Awalnya ngeblog di platform gratisan. Setelah itu beli domain berbayar. Merasa dibatasi di platform gratisan, pindah ke shared hosting agar bisa leluasa. Namun, ternyata website atau blog kamu semakin berkembang dan sering down gara-gara lonjakan pengunjung. Jika seperti ini, waktunya kamu memindahkan blog atau website kamu ke dedicated server.

 

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server adalah sebuah tipe hosting yang hanya disewakan secara penuh ke satu orang saja untuk satu server, tanpa dibagi dengan pelanggan lainnya. Cara mudah memahaminya adalah dedicated server itu ibarat kontrak satu rumah, sedangkan shared hosting adalah ngekos satu kamar. Jadi, apapun yang terjadi di dedicated server semua adalah tanggung jawabmu secara penuh. Kamu juga otak-atik secara penuh mau dikonfigurasi seperti apa.

Alasan Mengapa Seseorang Memakai Dedicated Server

Ada beberapa alasan seseorang menggunakan dedicated server, antara lain: 

  1. Trafik website sangat ramai sehingga hosting sering down.
  2. Website lemot saat diakses.
  3. Website kamu perlu menjalankan script custom yang dilarang dijalankan di shared hosting karena menghabiskan banyak resource.
  4. Website kamu sering kebobolan karena injeksi script yang masuk dari penyewa lainnya yang sama-sama satu server dengan kamu.
  5. Customer Service kurang cekatan menyelesaikan masalah yang terjadi pada shared hosting yang kamu sewa.
  6. Kamu sedang menjalankan website yang butuh pengamanan data, misal: website pemerintahan, website perusahaan, website bisnis, dan online shop.

Selain alasan di atas, masih banyak alasan lainnya yang bisa membuat orang memilih menggunakan dedicated server.

Kelebihan Dedicated Server

Menggunakan dedicated server memang punya banyak kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah kamu punya akses dan kontrol penuh terhadap servermu, lebih aman karena hanya kamu yang bisa mengakses servernya, tidak terganggu oleh aktivitas penyewa lainnya, kecepatan website jauh meningkat, yang tentunya bakal membuat pengunjung website-mu akan semakin senang karena loading web-nya cepat.

Kekurangan Dedicated Server

Selain kelebihan, dedicated server juga punya kekurangan. Hal yang paling terasa dari menggunakan dedicated server ini adalah harga sewanya yang mahal. Untuk menyewa satu dedicated server yang termurah durasi sebulan sama dengan sewa shared hosting satu tahun, bahkan bisa lebih.

Tak hanya itu, untuk mengelola website menggunakan dedicated server, kamu perlu terbiasa dengan mengonfigurasi server yang tentunya lebih banyak melihat tampilan command line Terminal. Ini sangat “menakutkan” bagi orang yang terbiasa dengan tampilan grafis.

Cara Memilih Dedicated Server Indonesia yang Tepat

Buat kamu yang punya pandangan mau migrasi website ke dedicated server, kamu harus tahu cara memilih dedicated server Indonesia yang tepat. Apa saja pertimbangannya?

  1. Spesifikasi server.
  2. Kapasitas memory (RAM).
  3. Faktor keamanan.
  4. Dukungan teknis.
  5. Fitur yang ditawarkan.
  6. Harga sesuai budget.

Untuk kamu yang bingung harus ke mana, NEO Dedicated Hosting menawarkan dedicated server Indonesia dengan harga terbaik mulai 425 ribu per bulan. Fitur yang mereka tawarkan antara lain:

  1. Network up to 10 Gbps
  2. Dedicated resource
  3. Control Panel Plesk
  4. Ready-to-code environment
  5. Cocok untuk berbagai industri
  6. Mudah dikelola
  7. Keamanan terbaik

Oh ya, buat kamu ada diskon loh untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain). Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25

Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual, hanya berlaku untuk pengguna baru, dan hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar