7 Jul 2021

7 Cara Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Di mana, sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang bisa menyebabkan penyakit. 

Maka dari itu, imun tubuh harus tetap dijaga terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Lalu bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya mari kita simak selengkapnya. 

1. Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Tidur dan istirahat yang cukup ini merupakan salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat dan dapat meningkatkan imun tubuh. Hal ini sangatlah beralasan karena tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk bisa beraktifitas kembali denga maksimal. Namun, jika anda tidak bisa beristirahat dengan baik, anda bisa mengkompensasi dengan memberikan makan lebih banyak. Akan tetapi, hal ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Selain itu, istirahat dan tidur yang cukup juga bisa mencegah penuaan dini.

2. Meditasi

Cara meningkatkan imun tubuh berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meditasi. Dimana, meditasi ini merupakan proses menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan ini sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena bisa menjauhkan anda dari stres yang menjadi sumber dari timbulnya berbagai macam penyakit. 

3. Olahraga Yang Teratur

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berolahraga setiap hari akan membawa manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi serta penurunan berat badan. Nah, jika anda tidak memiliki banyak watu untuk berolahraga atau pergi ke tempat pusat kebugaran, maka anda bisa melakukan olaharaga ringan seperti berjalan kaki atau aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga, dan lain sebagainya. 

4. Jadikan Olahraga Sebagai Kesenangan

Ketika anda sudah terbiasa berolahraga dan menikmatinya, anda akan secara alami ingin terus melakukannya. Sebab kalau olahraga yang dilakukan karena terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang justru hal ini akan membuat anda merasa malas untuk berolahraga. Oleh karena itu, pilihlah olahraga yang anda sukai dan lakukan secara secara rutin.

5. Jadikan Olahraga Sebagai Bermain

Olahraga yang ringan saja seperti kardio atau jogging akan membuat anda penat bosan melakukannya. Nah, suapaya tidak membosankan anda bisa memilih jenis olahraga lain yang lebih menyenangkan dan berkelompok, seperti sepak bola, basket, bola voli, tenis meja, badminton dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar lebih menyenangkan sekaligus anda bisa bersosialisasi dengan masyarakat lainnya. 

6. Perbanyak Makan Buah

Cara meningkatkan imun tubuh lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan. Karena selain enak, buah-buahan juga menyehatkan tubuh.  Makanlah lebih banyak buah-buahan dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang bisa anda konsumsi.

7. Mengkonsumsi Suplemen

Cara untuk meningkatkan imun tubuh yang terakhir adalah mengkonsumsi suplemen. Kini sudah banyak suplemen yang dijual, salah satunya adalah Rhea Health Tone (RHT).

Rhea Health Tone (RHT) merupakan minyak esensial yang memiliki sifat imunomodulator. Yang mana, imunomodulator sendiri merupakan obat yang dapat memodifikasi respons sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan atau menurunkan produksi antibodi serum. 

Sebagai informasi, imunomodulator yang berfungsi sebagai perangsang respon imun disebut imunostimulator. Obat yang satu ini biasanya diresepkan untuk terapi penyakit menular, tumor, defisiensi imun primer atau sekunder, perubahan transfer antibodi. 

Sementara, imunomodulator yang berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh disebut imunosupresan. Obat ini digunakan untuk membantu penyembuhan dari penyakit autoimun, seperti lupus, alergi, dan pemfigus. Selain itu, imunosupresan juga diresepkan bagi pasien yang baru saja operasi transplantasi organ.

1 komentar: