21 Mei 2021

Tips Menambah Berat Badan dengan Sehat

Tidak sedikit alasan seseorang ingin menambah bobot tubuh. Alasan yang sering dilontarkan seperti ingin memperbaiki penampilan, memiliki tubuh yang terlalu kurus dan berbagai alasan lainnya. entah apapun alasan yang Anda miliki untuk menambah berat badan, cara menambah berat badan tentu harus dilakukan dengan sehat.

Ada berbagai macam tips menambah berat badan yang bisa diikuti. Anda bisa mengikuti cara yang sesuai dengan kondisi kesehatan sekarang ini. Namun, sebelum mulai menjalankan program penambahan berat badan, Anda harus memeriksa status gizi terlebih dulu.

Anda bisa menghitung status gizi tersebut. Bila status gizi menunjukkan Anda memiliki bobot tubuh yang kurang, Anda bisa memperbaiki pola hidup.

Penyebab Berat Badan yang Rendah

Ada berbagai macam kondisi yang menyebabkan berat badan seseorang rendah seperti mengalami penyakit diabetes, mengalami malabsorbsi makanan. Mereka yang mengidap gangguan pencernaan seperti penyakit kolotis ulseratif dan crohn juga memiliki bobot tubuh yang rendah.

Penyebab lain memiliki berat badan yang rendah juga bisa disebabkan oleh kekurangan gizi, infeksi hingga gangguan psikologis. Berkurangnya berat badan juga bisa disebabkan karena pola diet yang ekstrem dan efek samping konsumsi obat. kebiasaan tertentu seperti mengkonsumsi narkoba juga dapat membuat berat badan turun dengan drastis.

Tips Menambah Berat Badan agar Ideal

Cara paling tepat saat ingin menambah berat badan adalah dengan mengatasi masalah atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Jika sudah berhasil mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa tips menambah berat badan yang bisa Anda ikuti:

1. Rutin melakukan olahraga

Melakukan olahraga secara rutin sebenarnya bukan hanya dilakukan saat ingin menurunkan berat badan, namun ketika ingin menambah bobot tubuh, Anda juga harus melakukan olahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan membentuk jaringan otot lebih banyak dan memangkas lemak yang berlebihan.

2. Menambah asupan kalori

Agar bisa menambah berat badan, asupan kalori juga harus ditambah. Anda bisa menambah asupan kalori dengan memberikan taburan keju di atas roti, mentega di tumisan serta susu di sup. Namun, Anda juga tetap harus berhati-hati dalam menambah jumlah kalori tersebut, sehingga tidak membuat tubuh kelebihan garam, gula serta kolesterol.

3. Memilih camilan yang sehat

Camilan merupakan sumber kalori tambahan, sehingga bisa membantu Anda menambah berat badan. Tetapi, pastikan memilih camilan yang sehat seperti roti gandum, cokelat hitam dan yoghurt. Meskipun mengkonsumsi camilan, jangan mengkonsumsi camilan seperti gorengan, karena memiliki kandungan kolesterol tinggi dan minyak berlebihan.

4. Pilih makanan sehat

Agar bisa menambah berat badan, Anda harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, tetapi bukan makanan cepat saji, minuman manis atau makanan berlemak. Pilih makanan dengan gizi seimbang seperti daging tanpa kulit, buah, sayur, tempe, telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar