9 Mei 2021

Cara Merawat Rumah Agar Bersih, Rapi dan Sehat

Setiap orang tentu saja ingin memiliki rumah yang rapi dan bersih setiap saat. Bahkan, seperti model rumah yang berada di dalam majalah. Memiliki rumah yang bersih juga membuat nyaman serta betah. Mulai dari bagian ruang depan yang digunakan untuk menjamu tamu, kamar tidur, hingga ruang keluarga. Sebenarnya, cara merawat rumah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Membersihkan rumah bukan hanya dilakukan dengan menggunakan berbagai alat kebersihan, namun ada berbagai macam trik khusus sehingga bisa membuat rumah menjadi rapi dan bersih.

Berikut beberapa cara untuk merawat rumah yang bisa Anda ikuti.

Jangan Langsung Fokus Pada Hal-hal Besar

Agar bisa menciptakan rumah yang bersih, akan lebih baik jika Anda memprioritaskan hal kecil yang mungkin bisa mengganggu pemandangan contohnya seperti tumpukan mainan anak yang tidak rapi, buku, atau pakaian. Piring-piring kotor yang berada di bak cucian juga bisa menjadi penyebab rumah kurang rapi.

Dengan merapikan berbagai benda ini terlebih dulu, rumah akan terlihat lebih rapi. Sehingga, bila dibandingkan Anda mengepel lantai secara terus menerus namun tidak memperhatikan benda di rumah, akan lebih baik Anda menciptakan rumah yang bersih dari detail ruangan dahulu.

Usahakan Memiliki Kebiasaan Bersih

Biasanya, pemilik rumah yang menyukai kebersihan tidak mungkin menunggu hingga rumah berantakan kemudian merapikannya. Selain itu tanggung jawab cara merawat rumah juga bukan menjadi tugas satu orang saja, namun menjadi tugas dari seluruh anggota keluarga di dalam rumah.

Anda juga bisa melibatkan pasangan serta anak untuk menghadirkan rumah yang bersih bersama-sama. Sebenarnya, menciptakan kebiasaan selalu bersih terdengar sangat sederhana, namun ini juga menjadi sebuah kunci yang sangat efektif. Anda bisa melakukan rutinitas yang dimulai dari bangun tidur kemudian merapikan tempat tidur, mengelap wastafel ketika sudah selesai digunakan hingga merapikan benda ketika meninggalkan ruangan.

Bersih-bersih Sembari Berjalan Kaki

Mirip dengan menciptakan sebuah kebiasaan baik agar bisa membuat rumah menjadi bersih. Anda juga harus memiliki mindset agar selalu bersih-bersih ketika melakukan aktivitas di rumah. Mencuci piring ketika selesai makan, menyapu remah-remah hingga mengelap meja jika sudah selesai dilakukan dapat Anda biasakan. Hindari menunggu permukaan meja kotor setelah itu baru membersihkannya.

Jangan Menyimpan Benda yang Tidak Perlu

Bila Anda gemar mengoleksi benda-benda yang tidak dibutuhkan, tentu akan sangat sulit membersihkan rumah. Secara otomatis, rumah bisa menjadi lebih sesak jika Anda memiliki berbagai macam benda di dalam rumah. Ketika memiliki banyak waktu, Anda bisa mensortir benda-benda yang tidak dibutuhkan. 

Buang benda-benda yang sudah tidak dibutuhkan, atau menyulapnya menjadi benda baru yang mungkin akan lebih berguna. Contohnya saja seperti ember rusak, yang bisa digunakan untuk pot bunga, atau baju tidak terpakai, digunakan sebagai pel.

Fokus di Semua Sudut

Ketika membersihkan ruangan, ketika memerlukan fokus yang tajam agar rumah bersih bisa diciptakan. Jangan membersihkan rumah dari satu ruangan ke ruangan lain dengan waktu bersamaan. Contohnya membersihkan kamar dan ruang tamu dengan bersamaan. Ini bisa membuat Anda menjadi kurang fokus. Anda bisa fokus membersihkan kamar terlebih dahulu, kemudian berpindah ke ruang tamu.

Siapkan Laci Khusus untuk Menyimpan Barang

Cara merawat rumah selanjutnya ialah menyiapkan laci khusus. Anda bisa menyiapkan laci khusus untuk menjadikannya sebagai tempat penyimpanan. Laci ini seperti rak TV serta keranjang yang besar. Laci ini di sudut rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar