Entri yang Diunggulkan

Program Trial 90 Hari Affinity Ada Lagi

18 Apr 2021

Solusi Mengatasi Mobil Tidak Bisa Di-Starter

Masalah mobil tidak bisa di starter secara tiba-tiba memang menjadi sebuah momok yang menyeramkan. Bayangkan saja jika kita harus pergi ke suatu tempat namun ternyata mobil tiba-tiba tidak bisa di-starter.

Sebenarnya, ketika menemukan masalah ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya, antara lain:

1. Cek fuel pump

Fuel pump menjadi penyebab utama yang menyebabkan mobil mengalami kerusakan dan tidak bisa dinyalakan. Fuel pump merupakan fitur yang berguna untuk mengatur aliran bahan bakar sehingga mobil tetap nyaman digunakan.

Bila mobil tidak bisa di-starter, bisa jadi bagian fuel pumpnya memiliki masalah. Untuk melakukan pengecekan, Anda dapat melihat di MID atau Multi Information Display yang berada di layar mobil.

Anda bisa menunggu beberapa saat kemudian hasilnya akan muncul di check engine spidometer. Dari sana nantinya akan muncul seperti apa kondisi terbaru yang dimiliki fuel pump tersebut. 

2. Mengganti busi mobil

Selain fuel pump, masalah juga bisa terjadi pada bagian busi. Bila busi hanya kotor, Anda bisa membersihkan kotoran tersebut. Pembersihannya dapat dilakukand engan menggosok menggunakan kain bersih.

3. Bersihkan karburator dengan rutin

Bukan hanya mengganti busi bagian karburator juga tidak kalah penting untuk dibersihkan dengan rutin. Karburator yang tidak pernah dibersihkan malah membuat kotoran serta noda menjadi menumpuk dan akhirnya menghambat fungsi yang dimilikinya. Akibatnya, mobil tidak bisa dihidupkan. Bila hal ini terjadi, Anda dapat segera membawa mobil ke bengkel.

4. Sek suhu koil

Suhu koil menjadi salah satu komponen penting dan harus diperhatikan dengan baik. bila suhu koil sangat tinggi, hal ini bisa menyebabkan mobil menjadi sulit untuk dinyalakan, Anda harus secara rutin melakukan pemgecekan komponen koil ini. Bila mengalami kesulitan Anda bisa menghubungi pihak bengkel.

5. Periksa aki

Aki dapat menjadi salah satu penyebab mobil sulit untuk dinyalakan. Inilah alasan yang membuat Anda harus secara rutin melakukan pengecekan serta perawatan aki. Aki yang tidak dirawat lama bisa menyebabkan disfungsi, dan akhirnya mobil mogok ketika digunakan,

Anda juga harus melakukan pengecekan pada kedua kutub aki. Anda bisa melepas kutub positif aki kemudian melakukan pembersihan kotoran di dalamnya. Kotoran yang menempel dan tidak segera dibersihkan akan menghambat mobil dan akhirnya mobil sukar di-starter. 

6. Mengecek kondisi sekring

Masalah mobil tidak bisa di-starter juga bisa terjadi karena sekring. Oleh sebab itu Anda bisa mengecek kondsii sekring. Di dalam sekring, nantinya Anda akan menemukan dua kutup yaitu negatif dan positif, kutub ini dihubungkan dengan kabel penghubung. Bila kabel terputus, hal tersebutlah yang menjadi penyebab mobil tidak dapat di-starter.

Mobil tidak bisa di starter sebenarnya bisa di cegah dengan melakukan perawatan serta teratur membawa mobil ke bengkel paling tidak 4 bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar