Entri yang Diunggulkan

Program Trial 90 Hari Affinity Ada Lagi

21 Jan 2021

4+ Cara Mudah Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Berlian populer dengan pancaran kilaunya yang cantik nan mempesona. Terlebih setelah bentuknya diubah menjadi perhiasan berlian yang penuh dengan nilai seni, tampilan indahnya makin keluar.

Bicara soal perhiasan dengan harga mahal, berlian ternyata banyak dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Lantas, bagaimana cara membedakan produk berlian asli dan palsu?

Manfaat Memiliki Berlian

1. Perhiasan

Sekarang ini, berlian banyak dijadikan sebagai perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, mahkota, dan lain sebagainya. Selain menjadi bahan utama pembuatan ring, berlian juga bisa difungsikan sebagai penghias saja.

Misalnya saja batu cincin, hiasan anting, atau liontin kalung.

2. Media Investasi

Berlian tidak hanya bisa dikenakan sebagai perhiasan dan penunjang penampilan saja, namun juga dijadikan sebagai media investasi yang cukup menguntungkan.

Setiap jenis berlian dengan harga fantastis biasanya memiliki sertifikat khusus. Dimana sertifikat tersebut akan menunjukkan keaslian dari berlian itu sendiri. Oleh sebab itu, menyimpan berlian mahal boleh jadi sebuah investasi yang bagus di masa depan.

Pasalnya, harga berlian di pasaran bisa sama dengan harga tanah, mengingat produk berbahan batuan ini selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahunnya.

3. Koleksi

Bagi masyarakat kalangan atas, berlian bisa dijadikan sebagai barang koleksi. Terlebih dengan aneka bentuk dan varian warna unik yang tersedia.

Produk-produk yang mengusung berlian sebagai bahan utamanya kerap diikutkan dalam pameran. Yang mana pameran tersebut diadakan dan akan dihadiri oleh para kolektor yang gemar mengoleksi perhiasan unik nan cantik.

4. Sebagai Keberuntungan

Hingga saat ini, masih ada orang yang meyakini bahwa berlian bisa memberikan sebuah keberuntungan bagi pemiliknya. Konon, setiap warna yang ada pada berlian memiliki makna yang berbeda-beda.

Berlian juga digunakan dalam berbagai macam urusan seperti menunjukkan status sosial, memberi energi positif, mengusir aura negatif, dan lain sebagainya.

Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu

1. Berlian Asli Tidak Akan Tergores Walau Digosok Menggunakan Amplas

Umumnya, berlian palsu dibentuk dari bahan cubic zirconic. Sehingga membuatnya mudah tergores saat digosok menggunakan amplas.

2. Pengamatan Berlian Menggunakan Loupe

Secara garis besar, loupe dapat diartikan sebagai kaca mata pembesar yang bisa diperoleh dengan mudah di pasar. Dengan mengamati produk berlian menggunakan loupe, Anda dapat melihat berlian asli yang biasanya akan mempunyai tepi tajam. Sementara berlian palsu cenderung memiliki ujung bulat.

3. Uji Tes Embun pada Berlian

Pengujian keaslian berlian satu ini bisa dilakukan dengan meletakkan berlian di depan mulut, kemudian hembuskan nafas tepat ke arah berlian. Apabila berlian yang dimiliki palsu, barang tersebut akan menghasilkan embun barang sekian detik.

Sedangkan berlian yang asli akan menghasilkan konduktivitas panas yang cukup baik. Sehingga embun-embun tersebut akan menghilang dengan segera.

4. Perhatikan Bayangan dari Berlianmu

Bayangan yang dihasilkan pada berlian asli akan menunjukkan pantulan berwarna abu-abu dan putih. Anda dapat melihat sekiranya warna apa yang dipantulkan oleh berlian saat Anda melihat berlian luruh dari sisi atas.

Bila pantulan yang terbentuk merupakan warna pelangi, hampir bisa dipastikan berlian tersebut mempunyai kualitas rendah, dan bahkan palsu.

5. Letakkan Berlian di Atas Buku

Berlian asli tersusun atas struktur yang mampu menghalangi cahaya masuk, sehingga pemiliknya tidak akan bisa melihat tulisan apapun jika ditutupi menggunakan berlian. Cobalah untuk meletakkan berlian di atas sebuah teks dari halaman buku.

Jika tulisan yang tertutupi oleh berlian masih bisa terbaca, besar kemungkinannya produk tersebut adalah palsu.

Dengan mengetahui cara-cara pengecekan keaslian perhiasan berlian di atas, kini membeli batu permata pun bukan soal rumit yang perlu diwaspadai.

Jika Anda tertarik untuk membeli satu dari banyaknya jenis berlian yang tersedia, Passion Jewelry siap membantu Anda menentukan pilihan terbaik dari ragam opsi yang tersedia. Cukup akses passionjewelry.co.id sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar