Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

25 Jun 2020

Cara Mengatasi Flu Secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara mengatasi flu sekarang ini banyak dicari. Influenza atau flu adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penyakit ini biasanya sering muncul pada saat musim pancaroba atau musim hujan. Flu dapat menularkan pada orang lain terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi virus.


Flu dan pilek adalah dua kondisi penyakit yang berbeda. Pada penyakit pilek biasanya muncul secara bertahap diiringi gejala yang lebih ringan sehingga tidak mengganggu aktivitas penderita. Sedangkan flu lebih cenderung menyebabkan gejala yang cukup parah sehingga dapat mengganggu aktivitas bagi penderitanya.

Saat flu menyerang pada seseorang, maka tentunya penderita akan mengalami berbagai keluhan. Beberapa gejala umum yang dialami penderita flu yaitu pegal-pegal, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk kering, bersin-bersin, hidung tersumbat dan kehilangan nafsu makan. Meskipun penyakit ini bukan termasuk penyakit berat, namun kenyataannya flu cukup mengganggu aktivitas bagi penderita. Oleh karena itu diperlukan pencegahan dan pengobatan yang tepat sebelum Anda benar-benar terkena flu berat.

Inilah beberapa cara mengatasi flu secara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengobati dan mencegah terjadinya flu:

1. Minum air putih yang cukup

Asupan air yang cukup harus tetap terjaga untuk menghindari tubuh dari paparan influenza. Peran air dalam tubuh dapat membantu menjaga mulut, hidung dan tenggorokan agar tetap lembab. Air putih juga dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan lender serta dahak yang menumpuk di di tenggorokan.

Gejala diare dan demam termasuk ciri gejala flu yang dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak cairan. Jika Anda mengalami dehidrasi, hal itu menandakan pola minum Anda sedang tidak normal. Selain mengonsumsi air putih yang cukup, untuk mengatasi flu Anda dapat mengonsumsi air kelapa, the herbal, jus segar, buah dan sayuran.

2. Tingkatkan asupan zat seng atau zinc

Mineral pada zat zinc memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut dapat membantu tubuh membuat sel darah putih yang dapat melawan kuman. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seng dapat membantu meredakan gejala flu dan pilek.

Zat seng dapat membantu tubuh melawan virus flu serta memperlambat virus berkembang biak. Anda dapat mengonsumsi zat seng pada suplemen atau vitamin yang mengandung zat tersebut. Kandungan zat seng juga terdapat pada bahan makanan seperti kacang-kacangan, daging merah, buncis, susu, telur dan kerang.

3. Berkumur dengan air garam

Dengan berkumur air garam akan membantu Anda meredakan sakit tenggorokan serta dapat membersihkan lendir di tenggorokan. Cara berkumurnya yaitu campurkan setengah sendok garam pada air hangat, lalu minum air untuk dikumur selama 10 hingga 30 detik. Buang air kumur tersebut dan lakukan berulang sebanyak 2-4 kali

4. Bernapas di uap

Anda dapat mencoba menghirup napas pada uap dari panic air hangat yang berguna untuk menenangkan hidung, sinus, tenggorokan dan paru-paru. Terapi menghirup uap ini juga dapat membantu melonggarkan kemacetan lender pada hidung dan tenggorokan.

Udara yang hangat dan lembab mampu meredakan pembengkakan pada hidung dan paru-paru. Selain itu, bernapas di uap juga dapat meredakan batuk kering, iritasi hidung dan sesak di dada.

5. Minum teh herbal

Manfaat the herbal dapat membantu tubuh untuk melawan virus penyakit flu. Dengan mengonsumsi herbal panas akan menyejukkan sinus dan tenggorokan Anda. Anda dapat membuat the herbal menggunakan teh hijau/hitam, kunyit, jahe, cengkeh dan madu.

Demikian beberapa cara mengatasi flu yang dapat Anda terapkan sebagai pengobatan secara alami tanpa efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar