Featured Post

MagSafe Tidak Rusak, Tapi LED Indikator Tidak Menyala

Minggu lalu, saya dikejutkan dengan kejadian yang sedikit memilukan terkait MacBook putih keluaran Mid 2010 milik saya. Karena memang faktor usia, MacBook putih saya ini sudah menunjukkan tanda-tanda kehancurannya. Maklum, sudah 5 tahun di tangan saya. Jadi memang kebiasaan peralatan elektronik jika sudah berumur, maka menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang banyak.

Sehabis pulang kuliah, saya coba charge MacBook putih milik saya. Saya kaget, LED indikator yang biasanya menyala warna oranye, tidak menyala sama sekali. Duh, alamat charger rusak nih, pikir saya. Saya sudah berkali-kali ganti charger karena kerusakan. Klise sekali charger MacBook atau yang sebenarnya bernama MagSafe ini berkali-kali rusak karena kabelnya yang bermasalah, biasanya karena tembaga di dalamnya putus. Saya sudah sekitar empat kali ganti sejak memiliki MacBook putih yang pertama hingga kedua ini.

Karena esoknya saya harus menggunakan MacBook saya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli MagSafe baru. Bodohnya saya tidak melakukan tes charging dengan MagSafe itu ke MacBook lainnya. Pengguna MacBook di Lab saya sudah lulus. Jadi mau tidak mau saya tidak bisa melakukan tes MagSafe apakah benar-benar rusak atau bagaimana. Tapi saya mengingat kemarin malamnya saya menggulung kabelnya terlalu rapat dan sangat besar kemungkinan terjadi kerusakan ketika umur MagSafe juga sudah 3 tahun.

Akhirnya keesokan harinya saya beli MagSafe 60W baru untuk MacBook putih saya. MagSafe yang saya beli tidaklah asli. Jika asli MagSafe seharga $79, lumayan hampir 1 juta. Nah, kalau MagSafe yang kualitas di bawahnya bisa benar-benar murah, harganya sekitar 334 ribu. Jauh sekali kan beda harganya.

Sesampainya membeli MagSafe 60W ini saya coba colok ke MacBook putih milik saya. Dan akhirnya menyala LED indikatornya, pertanda MacBook ini dalam posisi charging. Nah, karena saya memang orangnya iseng, saya copot MagSafe tersebut. Saya coba charging dengan MagSafe yang lama, dan anehnya LED indikatornya menyala. Saya semakin bingung. Setelah itu saya copot lagi MagSafe yang lama. Saya coba colok MagSafe yang baru, tapi malah tidak bisa menyala LED indikatornya. Dan saya pun makin bingung.

Saya sempat putus asa dengan keadaan ini. Pikir saya, menyebab utamanya adalah pada MacBook saya, bukan pada charger-nya. Kalau charger-nya rusak masih bisa dibeli, kalau MacBook-nya? Saya harus mengumpulkan uang berbulan-bulan untuk membelinya.

Tapi yang aneh sekali adalah LED indikator tidak menyala, namun posisi MacBook saya seperti charging yang sudah full. Jadi, persen baterai tidak berkurang walaupun dipakai, namun juga tidak menambah walaupun di-charge. Semacam seperti PC portabel saja.

Saya pun menanyakan hal ini ke salah satu teman Lab saya yang membuka jasa servis laptop dan ponsel. Dia bilang hal itu terjadi karena kondisi baterai yang jelek atau IC yang menyambungkan port charger dengan baterai bermasalah. Memang saya akui kondisi baterai saya memang harus diganti secepatnya. Saya sudah mendapatkan peringatan itu sejak September 2015. Tapi setiap kali menabung, uangnya keburu habis untuk keperluan lainnya. Hehe.

Karena sudah agak putus asa, sesampainya di rumah, saya charge lagi MacBook saya. Saya biarkan meskipun LED indikator tidak menyala. Tiba-tiba setelah sekitar 30 menit saya biarkan seperti itu, LED indikator menyala hijau. Setelah 30 menit menyala hijau, LED indikator berubah menjadi oranye seperti keadaan semula. Dan yang paling penting adalah persen baterai bisa bertambah lagi.

Dengan kejadian ini, sampai saat ini saya belum tahu mengapa bisa begitu. Yang jelas, jika MagSafe kamu LED indikatornya tidak menyala itu belum tentu rusak. Coba cek ke MacBook lainnya sebelum memutuskan untuk membeli MagSafe baru. Semoga kejadian di atas bisa menjadi solusi untuk kamu yang mengalami permasalahan yang sama dengan saya.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. waktu di biarin ngecass hingga 30 mnit kmudian nyla lagi, itu macbooknya dalam keadaan menyala atau mati?? thnks before gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam keadaan nyala
      tapi aku pernah juga dalam keadaan mati
      biasanya itu akibat port-nya yang sudah tidak sebagus awal2 dulu saat beli
      jadi kadang terdapat miss saat proses charging
      tinggal dipas-pasin aja sampe nyala indikatornya

      Delete
  2. so what's actually the problem with your macbook .. Is that the battery or other problems?? because its seem that my Macbook was having the same same problem like yours😓

    ReplyDelete
  3. Gw minta solusi dari kalian semua soal macbook pro saya yg sudah lama habis batrei mungkin sudah sekitar 1 thn lebih,karena cars saya rusak,dan sekarang saya suda beli cars baru tapi mac saya pas di cars sudah gk bisa ngecars dan lampunya gk menyala,apa ya penyebabnya itu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan port charging di macbook-nya mas, sudah aus
      macbook putih saya juga sudah mulai aus, kadang bisa kadang ga
      harus dipas-pasin posisinya

      Delete
  4. Gan... Tiba tiba MagSafe MacBook ane lampu indikatormya redup dan berkedip... Masalah dimana ya?

    ReplyDelete
  5. Misi gan...saya mau tanya cara tes megasafe masih fungsi atau tidak tanpa pakai laptop bisa g ya.. terimaksih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga bisa deh, kecuali ke teknisinya

      karena itu cara yang paling mudah sih

      Delete
  6. Gan apakah bisa menyalakan macbook kondisi baterei dilepas? tapi daya langsung dari charger magsafe.
    Spec
    Macbook White Unibody

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori harusnya bisa
      tapi ga tahu lagi praktiknya, ga pernah nyobain :D

      Delete
  7. Macbook saya tiba tiba mati saat dipakai , saya coba hidupin lagi gak mau nyala. Saya coba charger tapi lampu indikatornya gak menyala, saya pegang pada macbook saya nyetrum dikit gitu itu gimana ya.??? Mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kayak gitu kena logicboard nya
      bisa bawa ke tukang service kalo macbook lawas sebelum 2018
      kalo 2018 dan yang baru2, hanya bisa dibawa ke service apple resmi

      Delete

Post a Comment