Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

15 Apr 2020

Beberapa Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Menghemat Listrik Pada Gedung

Program penghematan listrik pada gedung memang perlu dilakukan, apalagi kini biaya pemakaian listrik semakin tinggi harganya. Selain menggunakan alat-alat penghemat listrik untuk gedung ada beberapa upaya lain yang bisa Anda lakukan sebagai pengelola gedung agar dapat mengurangi pembayaran rekening. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan singkat berikut ini:

Empat Upaya yang Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik

Berikut ini adalah empat upaya yang perlu dilakukan untuk menghemat pemakaian listrik pada gedung.


1. Meninjau Ulang Sistem Teknis

Umumnya beban listrik terbesar dari seluruh pemakaian listrik pada gedung bertingkat di Indonesia digunakan untuk operasional AC. Maka dari itu, sebaiknya fokus penghematan harus diarahkan pada penggunaan AC. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengganti AC lama dengan yang memiliki EER rendah atau memperbaiki sistem pencahayaan ruangan dalam gedung tersebut.

2. Memperbaiki Prosedur Operasional yang Dilakukan Secara Manual

Ada beberapa prosedur operasional yang bisa diperbaiki dan dilakukan secara manual dengan disiplin. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mewajibkan kepada seluruh karyawan yang bekerja dalam gedung tersebut untuk mematikan lampu dan AC jika dalam ruangan tersebut tidak ada orang.

Prosedur operasional seperti itu memang terlihat mudah untuk dilakukan, namun untuk melakukannya secara rutin dan disiplin sebenarnya tidaklah semudah itu. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih tegas dalam melakukan pengawasan, petunjuk dan bahkan bila perlu teguran agar prosedur operasional tersebut bisa berjalan dengan lancar dan teratur.

3. Memperbaiki Prosedur Operasional yang Dilakukan Secara Otomatis

Jika pada gedung bertingkat yang hanya memiliki 5-10 lantai saja mungkin cara manual tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan. Namun jika gedung tersebut terdiri dari puluhan lantai maka diperlukan peralatan khusus misal seperti sensor level cahaya, pengatur waktu otomatis dan lain sebagainya yang dirangkai sedemikian rupa sehingga bisa tercapai tujuan penghematan listrik pada gedung tersebut.

4. Memperbaiki Kualitas Daya Listrik

Pada beberapa gedung biasanya juga terjadi anomali parameter listrik, misal seperti arus netral yang lebih besar dari arus fasa listrik. Hal seperti itu akan membuat terjadinya pemborosan pemakaian listrik, maka dari itu diperlukan perbaikan kualitas daya listrik. Untuk mengatasinya diperlukan proses pendeteksian yang cermat kemudian bisa dipasang alat untuk menyaring dan menyumbat sehingga tidak terjadi lagi pemborosan pemakaian listrik.

Penggunaan produk sumber listrik hemat energi yang dipadukan dengan keempat upaya penghematan listrik di atas diharapkan bisa membuat penggunaan listrik pada gedung menjadi lebih efisien. Sewatama sebagai penyedia berbagai produk sumber listrik terbaik untuk menghemat energi siap menyediakan alat-alat yang Anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar