Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

26 Feb 2020

Pengalaman Mencoba Opera GX, Browser untuk Gamer

Saat ini browser adalah aplikasi yang paling sering dibuka oleh banyak orang saat menggunakan komputer. Hal ini sangat wajar, karena lebih dari 50% kegiatan di depan komputer adalah berinternet. Sayangnya, dengan kemajuan teknologi yang pesat, semakin hari browser menjadi momok tersendiri. Browser semakin menjadi RAM killer. Untuk spesifikasi laptop yang entry level, rasanya agak terseret-seret saat membuka browser, terlebih lagi Google Chrome.


Nah, buat kamu yang punya laptop spek pas-pasan, saatnya beralih di browser yang tidak boros RAM. Beberapa pilihannya adalah Firefox dan Opera. Saya sendiri pernah membandingkan menjalankan Firefox di laptop Macbook putih jadul Mid 2010 saya, rasanya lebih ringan dibandingkan dengan Chrome.

Kelebihan Opera GX


Fitur Pembatasan Pemakaian Koneksi Internet

Selain Firefox, Opera juga tak kalah berinovasi dengan browser barunya yaitu Opera GX, Gaming Browser. Kedengarannya memang aneh, browser untuk gaming memangnya letak istimewanya di mananya? Letak istimewanya adalah kamu bisa membatasi koneksi internet yang dikonsumsi oleh browser Opera GX ini. Jadi misal nih kamu nge-game sambil internetan, game-mu tidak akan terganggu koneksinya.

Jika kamu pernah menggunakan Internet Download Manager pasti tahu manfaat dari fitur pembatasan koneksi upload-download. Karena jika tidak dibatasi, Internet Download Manager ini akan menggunakan seluruh koneksi yang menyebabkan kamu tidak bisa browsing dan aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

GX Control di Opera GX

Fitur Pembatasan Pemakaian RAM

Saya sendiri jujur tertarik memasang Opera GX ini karena bisa mengalokasikan RAM yang dipakai. Karena semakin banyak RAM yang dikonsumsi, artinya semakin besar daya yang dipakai. Alhasil baterai laptop akan cepat habis.

Setelah beberapa melakukan uji coba, akhirnya saya tahu mekanisme Opera GX ini dalam pembatasan RAM. Jika kamu mematasi penggunaan RAM terlalu kecil, misal 1 GB saja, maka jika kamu buka banyak tab, tab yang pasif akan diterminasi prosesnya. Sehingga jika kamu membuka tab pasif tersebut, akan memuat ulang.

Mekanisme ini bagus menurut saya jika kamu tipikal orang yang tidak suka mendengar suara kipas laptop berputar kencang. Apalagi kebiasaan banyak orang—termasuk saya—membuka banyak tab dan malas menutupnya karena takut dibutuhkan lagi.

Fitur Pendukung Gaming

Selain fitur yang saya sebutkan, masih banyak fitur pendukung gaming yang bisa kamu dapatkan di Opera GX ini, antara lain GX Corner dan Twitch yang ada di sidebar. Di GX Corner kamu bisa melihat info rilis game terbaru dan jadwal rilis game yang akan datang.

Bagaimana? Keren 'kan browser ini? Penasaran ingin mencobanya juga? Kamu bisa mengunduhnya di laman resmi Opera GX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar