Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

3 Jan 2020

Ini Dia 4 Tips Memilih Susu Anak 1 Tahun Tepat dan Sesuai

Susu merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi anak. Jika masih bayi, Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan penting, maka ketika anak menginjak usia balita, maka susu formula merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan peran ASI selama bayi. Berbagai merk susu anak 1 tahun saat ini sudah banyak dijual bebas untuk memenuhi kebutuhan anak.


Ketika memasuki usia 1 tahun, maka anak membutuhkan asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembangnya. Susu formula bisa menjadi pilihan karena berbagai kandungan penting yang terdapat di dalamnya dapat membantu tumbuh kembang anak dan juga membantu memperkuat tulang dan gigi anak. Namun memilih susu formula tidak bisa sembarangan. Salah-salah dalam memilih, justru akan membahayakan tumbuh kembang anak.

Cara Memilih Susu Formula untuk Anak Usia 1 Tahun

Walaupun ASI bisa dijadikan andalah nutrisi anak, namun ketika memasuki tahun pertama, anak membutuhkan asupan nutrisi lain yang lebih kompleks seperti yang ada pada susu formula. Walaupun banyak merk yang menawarkan produk terbaik, namun tidak semua jenis sus formula cocok untuk anak. Lalu bagaimana cara memilih susu anak 1 tahun? Ini dia ulasannya

1. Pilih Susu Sesuai dengan Selera Anak

Agar anak rajin mengonsumsi susu, maka pilihlah susu dengan rasa favorit anak. Jika anak mengonsumsi susu yang tidak sesuai dengan seleranya, maka kedepannya ia pun enggan untuk meminum susu. Akibat lanjutnya, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terganggu. Oleh karena itu sebelum membeli susu, pastikan Anda mengetahui rasa kegemaran anak terlebih dahulu.

2. Pilih Susu Sesuai dengan Kondisi Alergi Anak

Beberapa anak memiliki kondisi alergi yang juga harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan sebagian anak-anak memiliki riwayat alergi terhadap protein berbahan dasar susu sapi atau riwayat intoleransi laktosa. Oleh karena itu, untuk mencegah bahaya alergi, Anda harus jeli memilih susu formula untuk anak.

Saat ini ada juga susu formula berbahan soya atau protein kedelai yang aman bagi anak yang mengalami intoleransi laktosa.

3. Periksa Tanggal Kadaluarsa Susu

Susu formula yang dikemas di dalam kemasan juga memiliki tanggal kadaluarsa. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan anak, pastikan bahwa produk susu yang dibeli belum melewati waktu kadaluarsa dan masih jauh dari tanggal kadaluarsa yang ditetapkan. Selain itu perhatikan pula kondisi fisik susu formula yang dijual. Hindari pembelian susu anak dengan kemasan rusak karena akan mempengaruhi kualitas susu yang ada di dalamnya.

4. Cek Kandungan Nutrisi pada Susu

Susu formula biasanya menambahkan berbagai nutrisi tambahan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu pastikan bahwa susu yang Anda pilih memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sesuai untuk anak.

Untuk anak usia 1 tahun, hindari susu formula dengan lemak tinggi karena akan memicu obesitas. Sebaiknya pilihlah susu formula dengan kandungan vitamin, mineral, dan juga kalsium yang tinggi. Seperti Dancow yang memiliki kandungan Omega 3 dan 6 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak,

Dancow 1+ merupakan susu pertumbuhan yang diperuntukkan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Kandungan vitamin A, C, E, serta bakteri baik Lactobacillus rhamnosus mampu membantu memenuhi kebutuhan gizi anak. Selain itu dukungan kalsium dan zat besi yang dimilikinya juga dapat memperkuat tulang dan gigi pada anak. Dengan memastikan kecukupan gizi anak, maka Anda secara tidak langsung turut membantu melindungi kesehatan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar