Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

6 Jan 2020

Ternyata Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat

Meski tidak terlalu berbahaya, telapak tangan berkeringat merupakan hal yang mengganggu. Selain dapat membuat kesulitan ketika memegang sesuatu, kondisi ini juga membuat orang menjadi kurang percaya diri ketika hendak berjabat tangan. Keadaan yang disebut hiperhidrosis ini biasanya terjadi pada organ yang bersifat simetris kanan kiri, seperti ketiak kanan dan kiri dan telapak tangan kanan dan kiri.


Penyebab Telapak Tangan Berkeringat


1. Faktor genetik

Penyebab pertama dari masalah telapak tangan yang berkeringat adalah karena faktor genetik. Bisa jadi seseorang mengalami hiperhidrosis karena memiliki bawaan dari gen. Pada penelitian yang dilakukan di universitas California pada tahun 2002, hasil menunjukkan bahwa kebanyakan penderita kasus hiperhidrosis adalah karena faktor genetik.

2. Kecemasan sosial

Social anxiety atau kecemasan sosial bisa jadi menjadi penyebab munculnya keringat di telapak tangan. Kecemasan sosial memang membuat seseorang menjadi takut dan gelisah ketika berada di keramaian. Ketika merasa gelisah, keringat pun mulai keluar, bukan hanya di telapak tangan, namun juga di bagian tubuh lainnya.

3. Mencoba melawan stres

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, munculnya keringat bisa jadi karena respons tubuh untuk melawan stres. Seseorang yang sedang memiliki beban pikiran akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya dan kadang tidak terkendali. Hal ini karena stres bisa memicu hormon kortisol yang menaikkan suhu tubuh dan bisa menyebabkan keluar keringat.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat


1. Menggunakan antiperspirant

Menggunakan antiperspirant bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat. Zat ini bisa ditemui di deodoran karena fungsi deodoran adalah mencegah keringat berlebihan. Lap terlebih dahulu keringat yang ada di telapak tangan. Setelah kering, aplikasikan deodoran di telapak tangan untuk mencegah keluarnya keringat.

2. Relaksasi

Jika stres dan gelisah adalah penyebab dari keluarnya keringat di telapak tangan, maka cara untuk mengatasinya adalah mencoba untuk rileks. Anda bisa mengatur napas agar detak jantung kembali normal. Gunakan metode pernapasan 3-3-3, yakni menghirup napas selama 3 detik, menahan napas selama 3 detik, dan menghembuskan selama 3 detik juga. Ulangi sampai benar-benar rileks.

3. Mencuci tangan

Ketika telapak tangan sedang berkeringat, cobalah untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun. Setelah itu lap dengan handuk atau kain yang kering. Keringat yang muncul merupakan sejenis minyak. Dengan mencuci menggunakan air dan sabun, minyak yang ada di telapak tangan akan hilang dan keringat bisa teratasi.

4. Mengelap dengan tisu

Mungkin ketika telapak tangan Anda sedang berkeringat, Anda tidak sempat untuk mencuci tangan karena sedang sulit untuk menemukan air bersih. Jika demikian, Anda bisa menggunakan tisu untuk mengelap keringat pada telapak tangan. Gunakan tisu kering terlebih dahulu untuk mengangkat minyak. Kemudian gunakan tisu basah untuk memberikan efek segar dan membersihkan sisa keringat.

5. Memakan makanan pedas

Suka mengonsumsi makanan pedas? Jika iya, mungkin alasan ini adalah salah satu penyebab kenapa muncul keringat di telapak tangan. Rasa pedas bisa memicu produksi keringat lebih dari biasanya. Apalagi jika seseorang itu tidak terlalu kuat dengan rasa pedas. Sebaiknya, jangan terlalu banyak memakan makanan pedas karena terlalu banyak bisa mengganggu organ pencernaan juga.

Kini Anda sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah telapak tangan yang berkeringat. Dengan begitu, ketika suatu saat menghadapi masalah serupa, Anda sudah bisa melakukan sesuatu yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar