Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

23 Nov 2019

Fakta Mengenai Perawatan Keratin Rambut yang Perlu Diketahui

Keratin sebenarnya adalah protein yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan ada di dalam rambut, kuku dan juga gigi. Adanya zat protein ini di dalam bagian-bagian tubuh berfungsi untuk memperkuat dan menjaga kesehatan organ tersebut. Namun, beberapa faktor seperti usia yang bertambah, rambut yang terpapar beragam zat kimia untuk pengeriting dan pelurusan dapat menyebabkan jumlah zat protein ini menurun.


Alasan Menjalani Perawatan Rambut

Salah satu penyebab kerusakan utama dari rambut adalah bleaching. Proses bleaching bahkan bisa menghilangkan zat protein yang sangat berguna bagi rambut ini. Untuk itu, menjalani perawatan keratin rambut diharapkan dapat memperbaiki kesehatan rambut Anda.

1. Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Dengan dilakukannya perawatan zat protein ini pada rambut, maka hal tersebut akan membantu memperbaiki kondisi rambut dan membuatnya lebih mudah untuk diatur. Ketika zat protein ini hilang dari rambut, hal tersebut akan membuat rambut menjadi kering dan kusam. Selain itu, rambut pun menjadi lebih mudah patah karena kehilangan zat penguatnya.

2. Memperkuat Batang Rambut

Dengan menjalani perawatan zat protein rambut maka rambut pun menjadi lebih lembut. Zat protein buatan ini pun akan berguna untuk memperkuat batang rambut agar lebih kuat dan juga menghindarkan batang rambut dari kerusakan akibat paparan polusi dan sinar matahari. Rambut Anda pun tidak akan mudah patah seperti sebelumnya.

Cara Menjalani Perawatan Zat Protein Rambut

Perawatan ini dapat dilakukan baik di salon kecantikan ataupun klinik khusus. Namun, tentu Anda harus memastikan bahwa perawatan tersebut dilakukan oleh tenaga ahli yang memang sudah terlatih. Selain itu pastikan pula bahan yang digunakan adalah bahan yang aman dan asli.

1. Rambut dicuci bersih

Sebelum dapat mengaplikasikan cairan keratin ke batang rambut dan kulit kepala, maka petugas akan membersihkan rambut Anda terlebih dahulu hingga ke akarnya. Pembersihan rambut hingga ke akar dilakukan agar cairan zat protein ini tidak bercampur dengan kotoran yang tertinggal.

2. Aplikasi zat protein

Setelah rambut dipastikan bersih, cairan pun diaplikasikan ke kulit kepala hingga ke batang rambut. Setelah cairan diaplikasikan di seluruh rambut, maka biarkan cairan tersebut meresap ke dalam rambut dari kulit kepala hingga ke batangnya. Biarkan selama kurang lebih 20 menit saja.

3. Pengeringan Rambut

Setelah 20 menit dan cairan telah meresap, dilakukan proses pengeringan serta pelurusan pada rambut. Untuk proses pengeringan serta pelurusan ini menggunakan alat pemanas besi. Waktu yang diperlukan untuk pengeringan serta pemanasan selama kurang lebih 90 menit. Semakin panjang rambut maka akan memerlukan waktu lebih lama.

4. Rambut tidak boleh dicuci setelahnya

Setelah menjalani perawatan protein rambut, Anda dilarang untuk mencuci rambut selama beberapa hari. Kurang lebih selama 3 sampai 4 hari Anda tidak boleh untuk mencuci rambut karena dikhawatirkan hal tersebut dapat menyebabkan penyerapan cairan akan terganggu dan tidak bisa menyerap optimal.

Apakah Semua Jenis Rambut Bisa Menjalani Perawatan Ini?

Perawatan cairan protein ini dapat dilakukan oleh semua jenis rambut. Namun, untuk rambut yang tipis mungkin perawatan ini sedikit kurang cocok karena dikhawatirkan dapat menyebabkan rambut justru terlihat lepek.

Perawatan ini dapat bertahan kurang lebih selama 2 setengah bulan atau hampir mencapai 3 bulan. Perawatan ini lebih aman dibandingkan perawatan rambut lainnya karena memang bahan yang digunakan lebih aman untuk rambut. Sebelum menjalani perawatan keratin sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan ahlinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar