Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

30 Okt 2019

Dosen IPB Muda Produktif dan Berprestasi: Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu institusi Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia yang terus aktiF berinovasi. Bahkan, universitas ini berhasil mencatatkan rekor sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang sangat produktif dalam Business Innovation Center. Tercatat sebanyak 1.155 inovasi yang dilahirkan di Indonesia, 39,91% lahir dari IPB. Prestasi ini didukung oleh salah satunya peran aktif dosen IPB seperti Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc.


Sosok Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc Seorang Dosen Muda Prestatif

Kehadiran para innovator muda berprestasi dan berilmu sangat diperlukan untuk memajukan bangsa dan negara. Salah satu tempat terbaik lahirnya para innovator muda sekaligus ilmuwan ini adalah di lembaga perguruan tinggi. Hal ini pulalah yang terjadi pada Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc, seorang ilmuwan dan dosen muda yang terlahir dari IPB.

Di akhir bulan Juli lalu, Bapak Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc berhasil dianugerahi sebagai dosen berprestasi di lingkungan IPB. Dosen muda yang saat ini juga tengah diberi amanah sebagai Sekretaris Program Studi Pascasarjana Ilmu Nutrisi Pakan di lingkungan IPB, tidak hanya mampu mentransfer ilmu kepada mahasiswa didiknya, namun sekaligus menginspirasi mereka untuk produktif saat usia muda.

Meski masih terbilang muda, dosen dan peneliti dari IPB ini terbilang sangat produktif dalam melahirkan beragam karya ilmiah yang memiliki h-index 21. Beragam karya ilmiah beliau sejalan dengan spesialisasi beliau di bidang metabolisme serta zat antinutrisi yang terjadi di dalam tubuh ternak. Atas keahliannya di bidang meta analysis, beliau sangat sering diundang dalam berbagai pelatihan dan seminar terkait meta analisis.

Membuat Buku Ajar untuk Siswa

Tidak hanya sangat produktif menghasilkan artikel dan karya ilmiah, dosen muda Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc juga memandang penting untuk memproduksi sebuah buku ajar bagi siswa. Hal itulah yang menyemangati beliau untuk kemudian membuat buku berjudul “Komponen Antinutrisi” yang diterbitkan pada tahun 2019.

Berbagai informasi terkait dengan jenis zat antinutrisi yang bisa ditemukan dalam bahan pakan ternak hadir di dalam buku ajar ini. Alhasil, buku ini pun dijadikan sebagai rujukan bagi para mahasiswa, peneliti hingga masyarakat luas untuk memahami pakan ternak apa saja yang aman untuk hewan ternak mereka.

Tentunya sumbangsih Dr. Anuraga Jayanegara SPt. MSc sangat berguna untuk pengembangan produksi ternak yang lebih baik bagi para praktisi lapangan yang mungkin kekurangan pelatihan dan sosialisasi.

Dosen IPB berusia 36 tahun ini pernah tercatat sebagai asisten peneliti di Group of Animal Nutrition, Institut of Agricultural Sciences, Swiss semasa menjalani kuliah S3 beliau di Swiss Federal Institute of Tehcnology (ETH Zurich) Swiss, Switzerland. Beliau memperoleh penghargaan excellent doctoral dissertation award dari Society of Nutritional Physiology Schaumann Stiftung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar