Entri yang Diunggulkan

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

6 Sep 2019

Tips Mudah Belajar Bahasa Jerman

Bagi Anda yang ingin studi ke negara Jerman, tentu sangat penting untuk mengetahui bahasa Jerman. Karena setiap harinya Anda akan berkomunikasi dengan penduduk di negara ini yang menggunakan bahasa Jerman. Belajar bahasa Jerman menjadi salah satu hal yang harus dilakukan sebelum berangkat studi ke negara ini.


Aksen bahasa Jerman memang terdengar khas dan cukup sulit untuk dilafalkan maupun dituliskan hurufnya. Namun, jika Anda terbiasa maka belajar bahasa Jerman akan menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Sebelum Anda intens mengambil kursus belajar bahasa Jerman, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips-tips efektif untuk belajar bahasa tersebut.

Tips Efektif Belajar Bahasa Jerman


1. Memperdalam pronounciation/aussprache/pelafalan

Pelafalan menjadi hal pertama yang sangat penting untuk mempelajari bahasa Jerman. Jika Anda sudah mengetahui bagaimana pelafalan kata-kata dengan benar, maka nanti dapat memudahkan Anda untuk mengerti perbincangan dalam bahasa Jerman.

Pelafalan vokal dan konsonan dalam bahasa Jerman memang mirip dengan bahasa Inggris. Namun ada beberapa huruf yang tidak ada di dalam bahasa Indonesia yang harus dilafalkan dengan lafal yang sedikit berbeda. Berikut ini hal-hal yang harus dipelajari dalam hal pelafalan:
  • Perhatikan bagaimana bunyi vokal dari huruf vokal yang berdiri sendiri atau terhubung, karena pelafalannya akan berbeda.
  • Pelajari variasi-variasi konsonan karena dapat berbeda bunyi pada posisi tertentu dalam kata maupun dengan kombinasi dalam kalimat.
  • Bahasa Jerman memiliki banyak huruf yang tidak ditemukan dalam bahasa Indonesia seperti (Ä, ö, β, ϋ). Huruf ini memiliki penuturan yang berbeda sehingga harus dipelajari terlebih dahulu bagaimana bunyinya.

2. Mempelajari kosa kata dasar

Kosa kata dasar sangat penting untuk dipelajari terlebih dahulu sebagai modal awal untuk mempelajari kerangka kalimat yang lengkap dengan subyek – kata kerja – obyek – keterangan. Berikut ini beberapa kata dasar yang wajib Anda pelajari dan ketahui baik bagi Anda yang ingin studi maupun sekedar berlibur ke negara ini:
  • Kata tunggal seperti “ya”, “tidak”, “terima kasih”, angka, “mohon”, dan lain sebagainya.
  • Lanjutkan ke kalimat dasar seperti “saya adalah = Ich bin”, “dia adalah = er/sie ist”, dan “kamu adalah = Du bist”.

3. Pelajari bagaimana pembentukan kalimat dasar

Temukan terlebih dahulu gagasan utama yang akan dibentuk dalam sebuah kalimat. Meskipun terdapat sedikit perbedaan dengan bahasa Inggris, bagian ini sangat mudah dipelajari ketika sudah mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu. Berikut ini hal-hal dasar yang harus diketahui dalam pembentukan kalimat dasar:
  • Pelajari kata benda karena berlaku sistem kasus, gender, dan jumlah. Hafalkan kosakata dasar untuk kata benda seperti profesi atau orang-orang penting yang harus Anda temui, makanan, benda-benda di sekitar, maupun tempat-tempat penting.
  • Pelajari kata kerja karena kata kerja merupakan kunci sebuah kalimat. Hafalkan kosakata paling mendasar yang sering dilakukan terlebih dahulu seperti berjalan, berlari, berhenti, jatuh, berkata, memiliki, melakukan, dan lain sebagainya.
  • Pelajari kata sifat yang dasar dan mudah terlebih dahulu seperti cantik, tampan, baik, jelek, dan lain sebagainya.

4. Practice makes perfect / banyak berlatih

Setelah mempelajari semua teori-teori tersebut, maka yang tidak kalah penting adalah latihan. Latihan bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca buku atau artikel berbahasa Jerman, menonton film, maupun berbincang-bincang dengan teman menggunakan bahasa Jerman. Semakin banyak Anda berlatih maka bahasa Jerman yang Anda pelajari akan semakin lancar dan mudah dipraktekkan dalam aktivitas sehari-hari.

Tips-tips di atas tidak akan berarti apa-apa jika tidak disertai niat sungguh-sungguh untuk belajar bahasa Jerman. Selain niat, ketekunan dan kerja kerasa menjadi faktor sangat penting untuk menentukan bagaimana keberhasilan Anda menggunakan bahasa Jerman nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar