Entri yang Diunggulkan

Tips Membeli Power Bank Xiaomi 10000 mAh Secara Online

6 Apr 2019

Ini Dia Cara Pesan Roti Buaya untuk Seserahan

Pernikahan menjadi hal sangat sakral bagi kedua mempelai pengantin, kemudian bagi kedua belah pihak keluarga yang ikut merayakannya. Terdapat beberapa rangkaian acara yang biasa dilakukan, mulai dari lamaran sampai dengan sahnya kedua mempelai menjadi sepasang suami istri.


Begitu juga dalam pernikahan adat Betawi, Jakarta. Di mana acara pernikahan menjadi sangat meriah oleh iringan adat yang masih menyertai sampai sekarang. Terutama dalam acara seserahan yang menjadi sangat lengkap apabila rombongan pengantin pria membawa roti legendaris, namanya adalah roti buaya. Menurut tradisi Betawi, roti buaya sangat penting untuk dihadirkan dalam setiap rangkaian pernikahan karena dianggap sebagai lambang kesetiaan terhadap pasangan. Yakni disimbolkan dengan diserahkannya roti buaya oleh mempelai pengantin pria kepada mempelai pengantin perempuan.

Makna sakral itulah yang menjadikan roti buaya tetap eksis hingga saat ini, karena orang Betawi senantiasa menjaga tradisi leluhurnya yang dianggap baik untuk dilestarikan secara turun temurun. Simbol buaya sebagai binatang yang setia terhadap pasangannya menjadi perlambang bagi kehidupan pernikahan kedua mempelai pengantin.

Pada zaman dahulu roti buaya dibuat oleh orang-orang tertentu, sehingga sifatnya lebih spesial. Tak hanya itu, roti ini awalnya bertekstur keras dan juga tidak untuk dimakan. Sehingga roti buaya dibiarkan membusuk dan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi lain halnya dengan saat ini, di mana roti buaya dapat dibuat oleh banyak kalangan dengan tekstur dan rasa yang bermacam-macam. Sehingga kita bisa menentukan sendiri ketika pesan roti buaya untuk seserahan. Biasanya roti buaya akan diberikan dan dibagikan kepada hadirin yang masih melajang, supaya kelak diharapkan mereka mendapatkan jodoh yang terbaik dan dapat melangsungkan akad pernikahan.

Setelah kita mengetahui sejarah dan alasan hadirnya roti buaya pada pernikahan Betawi. Maka tidak ada salahnya kita juga ikut melestarikan tradisi yang harus kita jaga ini. Namun sebelumnya, supaya kita bisa mendapatkan roti buaya yang baik. Maka kita harus mengetahui cara pesan roti buaya untuk seserahan. Hal itu perlu diketahui supaya roti buaya yang kita beli tidak mengecewakan dan sesuai dengan pesanan.

Pilih Desain Roti Buaya

Saat ini hadirnya inovasi membuat roti buaya memiliki banyak varian yang ditawarkan mengenai bentuk roti buaya, salah satunya adalah pada model ekornya. Di mana terdapat tiga model ekor roti buaya, yakni model ekor melengkung, ekor bengkok dan ekor lurus. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan keinginan kita ketika melakukan proses pemesanan.

Pilih Isi Roti Buaya

Semakin berkembangnya teknologi dan zaman, maka roti buaya pun memiliki varian isi yang bisa dipilih. Isian yang disediakan biasanya berupa keju, coklat dan pilihan isian lainnya.

Pilih Ukuran Roti Buaya

Ketika kita pesan roti buaya untuk seserahan, maka biasanya kita akan memperhatikan barang apa saja yang sesuai dari segi nilai dan ukurannya. Supaya dapat mempermudah kita dalam mengikuti berbagai rangkaian acara. Hal itu juga berlaku ketika kita ingin memesan roti buaya, dimana biasanya ukuran yang ditawarkan mulai dari 30 cm sampai dengan 2 meter.

Pilih Jumlah Roti Buaya

Selanjutnya adalah menentukan banyaknya roti buaya yang akan kita gunakan pada acara seserahan. Tentu saja hal tersebut disesuaikan dengan budget dan banyaknya peserta seserahan, supaya sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Biasanya roti buaya minimal dipesan sebanyak 2 buah dengan berbagai bentuk dan pilihan isian yang sesuai dengan selera.

Demikian penjelasan tentang cara memesan roti buaya supaya mendapatkan pesanan yang sesuai dengan keinginan kita. Selamat beli roti buaya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar