Entri yang Diunggulkan

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

28 Mar 2019

Jangan Bingung, Ini Dia Kiat Menghadapi IELTS Speaking Questions yang Paling Jitu untuk Anda!

Tidak seperti tes-tes Bahasa Inggris lainnya yang sering kita temukan di sekolah atau pun perguruan tinggi, IELTS menjadi salah satu jenis tes Bahasa Inggris resmi yang diakui oleh pihak internasional yang dinilai paling sulit sehingga sangat sedikit masyarakat Indonesia yang berhasil mendapatkan skor baik di dalam tes tersebut. Tentunya, tes ini memiliki beberapa seksi yang harus Anda selesaikan dengan baik, yakni Reading, Listening, Writing dan Speaking. Tes lisan atau speaking memang menjadi salah satu seksi yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat Indonesia. Bisa jadi ini karena mereka tidak begitu paham dan mengetahui apa saja IELTS Speaking Questions yang nantinya akan dilemparkan oleh para penutur Bahasa Inggris asli (native speaker) yang jadi penguji IELTS.


Untuk itu, Anda haruslah mempersiapkan diri dengan membekali ilmu Anda dengan berbagai hal, misalnya kosa kata, kemampuan berbicara, dan juga mulai membiasakan mengobrol dengan Bahasa Inggris agar makin fasih. Dengan semakin fasih, Anda bisa menambah kepercayaan diri dan mengurangi grogi. Pasalnya, jika grogi akan berpengaruh pada konsentrasi, dan jadi cenderung sering mengoreksi jawaban kita sendiri. Akhirnya performa pun tidak bisa maksimal yang paling tepat untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Selain itu, berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam IELTS Speaking:

1. Relax

Hal paling penting pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk tenang dan relax dalam menjawab berbagai pertanyaan yang ditanyakan oleh para penguji. Jika merasa nervous, pastinya kita akan kesulitan untuk berbicara, karena jawaban yang telah kita persiapkan dengan baik pun akan berantakan karena rasa panik tersebut. Kuncinya, anggap saja bahwa Anda tidak sedang berbicara dengan orang lain, namun pada orang terdekat atau diri sendiri. Dengan memiliki pandangan seperti ini tentunya akan membantu Anda untuk lebih lancar berbicara di depan pengujinya. Lancar di sini dalam artian, tempo bicara Anda tertata, tidak ada bagian yang salah diucapkan, ide dan opini Anda bisa disampaikan dengan mengalir, bahkan bisa mengembangkan jawaban atas IELTS Speaking Questions yang ada menjadi informasi baru tanpa terbata-bata. Jika sudah bisa melakukan hal ini, otomatis skor Anda akan meningkat.

2. Biasakan Diri

Banyak dari masyarakat Indonesia yang merasakan bahwa tes berbicara yang berbentuk interview ini sangatlah sulit, karena mereka tidak biasa berbicara dengan orang lain dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tidak heran jika Anda mengalami skor yang terjun bebas karena hal ini, sehingga peluang untuk bekerja atau pun study di luar negeri akan tertunda hingga skor membaik. Oleh karena itu, akan lebih disarankan bagi Anda untuk sesering mungkin berbicara dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris agar lebih fasih dan tidak kaku atau nervous lagi ketika sedang diuji dalam tes bergengsi ini.

3. Tentang Diri Sendiri dan Hal yang Umum

Tidak perlu memusingkan para penguji dari IELTS Speaking Questions tersebut akan menanyakan berbagai macam pertanyaan teknis yang sulit dijawab, misalnya seperti matematika, kimia, fisika, dan lain sebagainya karena hal tersebut adalah mustahil. Hal tersebut dikarenakan para penguji akan menanyakan berbagai pertanyaan yang bersangkutan dengan diri Anda, layaknya seperti interview saja. Para penguji ingin menilai cara Anda mendeskripsikan pengalaman Anda, menjelaskan pendapat, melakukan diskusi tanya jawab, dan menarik kesimpulan dari pengetahuan umum yang Anda ketahui.

4. Kembangkan Jawaban Anda

Sering kali masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan dimana mereka tidak dapat menjawab segala pertanyaan dalam kalimat yang sedikit panjang, namun sebaliknya mereka akan menjawab dengan kalimat yang sangat pendek. Hal ini tentunya harus Anda hindari karena para penguji tidak akan merasa bahwa jawaban yang diutarakan akan terasa cukup bagi mereka untuk memberikan nilai yang baik. Selain itu, jawaban yang terlalu panjang juga sangat tidak baik karena cenderung berakhir tidak relevan alias tidak nyambung, dan bertele-tele. Padahal yang dibutuhkan adalah jawaban-jawaban yang efektif. Jika ingin mengembangkan topik, harus dijaga agar tetap relevan dengan pertanyaannya.

5. Mengetahui Pertanyaan

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui tipe atau jenis pertanyaan mana yang nantinya akan diberikan pada IELTS Speaking Questions yang terlihat seperti wawancara ini. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu jenis pertanyaan apa saja yang mungkin akan dilemparkan pada Anda dan harus dijawab sebaik mungkin:

• Pekerjaan

Jenis pertanyaan pertama yang merupakan pertanyaan wajib adalah yang mengenai pekerjaan. Tentunya, akan ada beberapa pertanyaan yang menyinggung informasi detil mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan atau yang akan dilakukan. Pastikan untuk menjawabnya secara normal, namun dengan pemilihan kata-kata yang bervariasi dan tidak membosankan, karena hal ini akan mempengaruhi skor dari IELTS tersebut. Berikan alasan untuk setiap jawaban yang Anda utarakan, maka skor pun pastinya akan jauh lebih tinggi dan menunjukkan Anda mampu meraih peluang kerja atau studi di luar negeri.

• Keluarga

Pertanyaan yang juga menjadi yang paling umum ditanyakan pada setiap orang yang melakukan interview adalah menanyakan tentang keluarga. Akan sangat baik jika Anda menjawabnya dengan rasa percaya diri. Jika sang penguji menanyakan hal yang dianggap privasi misalnya di mana Anda tinggal, Anda tidak perlu menjawab dengan alamat lengkap Anda. Namun Anda bisa memutar jawaban Anda menjadi informasi yang umum, lengkap dengan clue yang relevan. Misalnya bahwa Anda tinggal di Jakarta, tepat di jantung ibukota Indonesia, menyewa sebuah rumah mungil yang kebetulan berdekatan dengan tempat kerja Anda.

• Kesukaan

Hal selanjutnya yang juga paling sering ditanyakan oleh para pengujinya dalam IELTS Speaking Questions adalah mengenai hal-hal apa saja yang Anda sukai. Sejatinya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sangatlah simpel dengan tujuan ingin menggali pendapat pribadi Anda. Namun bukan berarti mudah maka Anda bisa menjawabnya dengan sembarangan, pertanyaan seperti apa saja yang disukai haruslah dijawab dengan baik dan hati-hati. Jangan sampai Anda menggunakan grammar atau kosa kata yang terlalu sederhana karena hal tersebut bisa mengurangi skor. Sebaliknya, tunjukkan kemampuan berbahasa Anda sebaik mungkin. Jika mampu menggunakan struktur kalimat yang sulit (advanced), tentu boleh! Skor Anda bisa jadi tinggi karenanya.

• Lingkungan

Para penguji juga biasanya akan menanyakan mengenai lingkungan di mana Anda tumbuh dan besar, serta lingkungan dimana sekarang ini Anda tinggal. Tidak hanya tempat atau suasana yang akan dibicarakan, namun Anda juga harus membicarakan mengenai orang-orang yang terlibat atau pun yang setiap harinya memiliki interaksi. Pastikan untuk menceritakannya dengan tepat dan ringkas, namun jangan terlalu pendek atau pun panjang karena dapat mempengaruhi skor. Ceritakanlah lingkungan Anda dengan menarik dan percaya diri, agar lebih membuat Anda leluasa dalam berbicara.

• Humor

Tidak jarang para penguji dari tes sulit tersebut mengeluarkan beberapa candaan atau pertanyaan yang mengundang gelak tawa. Jangan terkecoh, hal tersebut pun juga haruslah Anda tanggapi dengan kalimat bahasa Inggris yang cocok sambil memberikan respon yang positif agar membuat skor menjadi lebih tinggi. Terkadang dengan membalas humor, Anda jadi harus menggunakan grammar dan tenses yang kaya. Jadi meski pun terlihat sepele, namun hal ini sering mendapatkan skor yang besar untuk para peserta tes.

Itulah beberapa hal yang harus Anda siapkan jika ingin berlatih sampel tes IELTS Speaking Questions. Dengan latihan bersama lawan bicara yang tepat, tes yang dianggap menjadi tes tersulit karena memerlukan keberanian serta kondisi mental yang sangat baik ini bisa Anda taklukkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar