Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

30 Jan 2019

Penyebab Timbulnya Biang Keringat pada Tubuh

Biang keringat atau yang disebut dengan miliaria merupakan ruam-ruam kecil yang muncul pada tubuh berwarna merah, menonjol, dan terasa gatal. Biasanya sensasi yang ditimbulkan juga perih hingga terasa menyengat di bagian kulit. Biasanya gejala ini menyerang bayi bahkan orang dewasa pada suhu yang terlampau lembap. Kondisi ini bisa timbul setelah seseorang mengalami paparan sinar matahari secara langsung terus-menerus. Kondisi demikian biasanya muncul di bagian wajah, leher, punggung, dada, hingga paha.


Gejala-Gejala dan Jenis Biang Keringat pada Tubuh

Letak munculnya gejala ini berbeda antara orang dewasa dan bayi. Pada bayi baisanya muncul di bagian leher, ketiak, lipatan siku, hingga selangkangan. Adapun pada orang dewasa gejala ini muncul di bagian lipatan kulit yang bergesekan langsung dengan pakaian. Berikut jenis-jenis dari biang penyebab keringat pada tubuh.

1. Miliaria Kristalina

Jenis biang penyebab keringat ini adalah yang paling ringan dan hanya memengaruhi saluran keringat di bagian teratas saja. Gejala ini ditandai dengan bintil-bintil berwarna jernih dan mudah pecah. Biasanya gejala ini menyerang bayi dan tidak menimbulkan sensasi gatal atau perih.

2. Miliaria Rubra

Biasanya biang penyebab keringat ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan terjadi di daerah yang bersuhu panas atau lembap. Gejalanya adalah menimbulkan bintil berwarna merah yang terasa gatal dan menyengat. Kulit akan mengalami peradangan karena keringat tidak dapat keluar dari tubuh.

3. Miliaria Pustulosa

Miliaria pustulosa merupakan perkembangan dari miliaria rubra di mana bintil-bintil akan meradang dan mengeluarkan nanah.

4. Miliaria Profunda

Jenis biang penyebab keringat ini jarang sekali terjadi. Biang penyebab keringat yang satu ini dapat kambuh sewaktu-waktu bahkan menjadi kronis. Gejala ini menyerang orang dewasa yang berlebihan keringat. Gejalanya adalah timbul bintil merah berukuran besar dan keras.

Pada umumnya, biang penyebab keringat tidak memerlukan penanganan khusus. Akan tetapi, jika ruam pada kulit semakin parah maka Anda harus berkonsultasi kepada dokter. Berikut tanda-tanda infeksi yang disebabkan oleh biang penyebab keringat:
  1. Demam hingga menggigil.
  2. Rasa sakit yang semakin bertambah
  3. Keluar nanah dari bintil dan bertambahnya benjolan
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian ketiak dan selangkangan

Munculnya Biang Penyebab Keringat dan Faktor Penyebabnya

Berikut penyebab dan faktor yang memicu biang penyebab keringat:
  1. Iklim tropis
  2. Suhu yang panas
  3. Aktivitas fisik tertentu
  4. Kelenjar keringat yang belum berkembang
  5. Tirah baring atau bed rest terlalu lama

Pengobatan Biang Penyebab Keringat

Biang keringat dapat diatasi atau ditangani dengan cara-cara yang sederhana, antara lain sebagai berikut:

1. Menghindari Suhu Panas Berlebih

Ruam yang terpapas suhu matahari yang panas akan semakin parah. Disarankan untuk menghindari tempat-tempat bersuhu panas dan beralih ke tempat-tempat yang teduh atau cenderung dingin.

2. Memakai Pakaian yang Nyaman atau Longgar

Pakaian dengan bahan serat sintetis akan menyerap panas pada tubuh sehingga meminimalisir keringat.

3. Memakai Krim Hidrokortison

Krim ini cukup ampuh untuk mengatasi gatal atau ruam pada kulit. Gunakan krim sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan pada kemasan dan jangan gunakan di area wajah.

4. Memakai Lotion Calamine

Lotion ini dapat meredakan gatal, perih, atau iritasi pada bagian kulit.

5. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Dingin

Agar dapat menurunkan keringat atau suhu panas pada tubuh. Anda bisa mandi atau berendam agar tubuh terasa sejuk dan tidak berkeringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar