13 Nov 2018

Tips Mudah Memotret dengan Menggunakan Kamera Digital

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, kemajuan teknologi sangat berkembang pesat. Semua hal berubah menjadi semakin canggih dan semakin mudah. Termasuk di dalamnya adalah bidang fotrografi. Salah satu Kamera yang dianggap ikut mengikuti perkembangan zaman adalah Kamera Digital.


Jika pada zaman dulu seseorang menggunakan roll film sebagai tempat menyimpan gambar pada kamera, sekarang ini dengan menggunakan kamera digital, file foto akan tersimpan dalam bentuk digital. Dengan menggunakan kamera digital ini, kegiatan fotrografi semakin mudah dan semakain berkembang. Baca juga: Daftar Harga Kamera Digital Murah

Bagi Anda yang datang sebagai pemula dalam dunia fotografi, rasanya sedikit sulit untuk bisa menghasilkan sebuah gambar yang bagus. Namun sebenarnya, jika Anda sering berlatih maka mengambil gambar tak sesulit yang Anda bayangkan. Prinsip utama yang harus diperhatikan adalah sumber cahaya. Nah, berikut ini merupakan tips mudah memotret dengan menggunakan kamera digital:

1. Memahami Keterbatasan Kamera Digital yang Anda miliki

Ingatlah bahwa kamera yang sedang Anda gunakan sekarang adalah kamera digital yang memiliki kualitas gambar dan ukuran yang sudah memiliki batasan tertentu. Jadi, apabila gambar yang Anda ambil tidak sesuai dengan ekspektasi maka jangan merasa kecewa dan berkecil hati.

Pahami terlebih dahulu keterbatasan apa saja yang ada pada Kamera digital Anda. Agar nantinya bisa diprediksi bagaimana hasil gambar yang didapatkan. Bisa jadi, gambar yang jelek bukan karena keterbatasan kemampuan Anda melainkan kualitas dari Kaera yang Anda miliki. Oleh karena itu,pahami cara memotret yang baik untuk mengoptimalkan kemampuan kamera yang Anda miliki.

2. Pahami Prinsip Dasar Pengambilan Gambar

Salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus adalah dengan cara memahami prinsip dasar pengambilan gambar. Jika Anda sudah mengetahui prinsip-prinsip pemotretan tersebut setidaknya ada trik-trik tertentu dalam mengatasi keterbatasan kemampuan kamera yang Anda miliki.

Sehingga meskipun Anda hanya menggunakan kamera digital, namun hasil gambar yang Anda dapatkan tidak jauh dengan menggunakan kamera DSLR yang memiliki resolusi yang lebih tinggi. Yang harus Anda perhatikan dalam proses pengambilan gambar adalah sumber cahaya, sudut pandang, jarak dan konsep.

3. Dapat Mengatur Pemotretan yang Akan Anda Lakukan

Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan menantang. Pasalnya dengan keterbatasan kamera digital yang Anda miliki, Anda ditantang untuk bisa menghasilkan sebuah gambar yang unik dan luar biasa. Namun, sebelum melakukan pemotretan sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar hasil jepretan Anda memuaskan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan sesi pemotretan adalah konsep pemotretan itu sendiri. Jika Anda sudah memiliki konsep, maka proses pengambilan gambar akan jauh lebih mudah dan terarah secara jelas dan detail. Selain itu, Anda juga harus menguasai kondisi sekitar lokasi, bagaimana sumber cahaya dan sudut pandang yang akan diambil.

Selain itu, lakukan pemotretan secara tenang. Tentukan objek pemotretan dengancermat dan detail agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi. Salah satu waktu yang tepat saat pemotretan adalah di pagi hari yang segar dan udara masih bersih, serta matahari sebagai sumber cahaya belum berada di atas kepala Anda.

4. Cetak Hasil Foto

Salah satu cara mudah untuk mengukur kualitas fotografi yang Anda tekuni saat ini adalah dengan cara mencetak foto yang Anda ambil dengan menggunakan kamera digital tersebut. Cetak hasil foto secara berkala agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan kualitas gambar yang Anda hasilkan.

Hasil gambar-gambar tersebut dapat juga menjadi koreksi bagian mana yang harus Anda perbaiki agar ke depannya bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Selain itu, file-file foto tersebut juga bisa dijadikan album kenangan gallery koleksi foto Anda nantinya. Bagaimana awal foto saat pertama kali belajar hingga menjadi fotografer professional.

Nah itulah beberapa cara mudah mengambil gambar dengan menggunakan kamera digital. Anda tidak perlu merasa sedih dengan keterbatasan kemampuan kamera Anda. Anda dapat mengoptimalkan kemampuannya dengan cara mengembangkan pengetahuan Anda mengenai dunia fotografi. Semakin giat belajar maka semakin meningkat pula kualitas gambar yang Anda hasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar