23 Nov 2018

Perhatikan Hal Yang Perlu Anda Lakukan Saat Merawat Bayi

Bayi yang lahir prematur memiliki resiko gangguan kesehatan yang lebih besar dibandingkan bayi cukup bulan, maka dari itu perlu dilakukan perawatan khusus pada siklus tumbuh kembang anak yang prematur. Bayi prematur sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu, kesulitan makan, gula darah rendah, infeksi dan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang lebih dalam dari orang tua untuk perawatan bayi prematur. Berikut adalah beberapa cara perawatan bayi prematur yang dapat dilakukan oleh Ibu di rumah.


Setiap tahun ada 15 juta bayi lahir prematur dan peluang kelangsungan hidup mereka bervariasi secara dramatis di seluruh dunia. Bayi prematur atau neonatus kurang bulan (NKB) adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, sedangkan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat kurang dari 2500 gram. Dengan demikian, BBLR dapat prematur atau cukup bulan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kematian karena ketidakstabilan suhu pada bayi prematur dan bayi berat lahir rendah (BBLR) jumlahnya cukup bermakna.

Perilaku/kebiasaan yang merugikan seperti memandikan bayi segera setelah lahir atau tidak segera menyelimuti bayi setelah lahir, dapat meningkatkan risiko ketidakstabilan suhu pada bayi baru lahir. Intervensi untuk menjaga bayi baru lahir tetap hangat dapat menurunkan kematian bayi sebanyak 18-42%, anda bisa mendapatkan berbagai tips dan referensi yang berguna di laman berikut ini, https://www.guesehat.com/penderita-kebutaan-akibat-kelahiran-prematur-yang-inspiratif. Dengan demikian anda bisa lebih cermat dan hati-hati dalam merawat dan menjaga buah hati anda.

Metode sederhana untuk menjaga suhu bayi prematur setelah kelahiran meliputi pengeringan dan pembungkus, meningkatkan suhu lingkungan, meliputi kepala bayi (misalnya, dengan topi rajutan). bayi yang lahir dengan kondisi prematur tidak sama dengan bayi yang normal yang harus dimandikan segera, tetapi dapat ditunda hingga beberapa hari kemudian saat keadaan umumnya telah stabil. Pada saat tali pusar belum di lepas, Alangkah baiknya bayi diseka dan tidak langsung dimasukan ke dalam bak mandi. Anda harus lebih ekstra dalam menangani bayi yang lahir prematur, perawatan khusus sangat efektif sebagai solusi tumbuh kembang anak anda yang prematur bisa kembali normal seperti anak pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar