12 Sep 2018

25 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Ini Menjanjikan Keuntungan Besar

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki usaha sendiri di rumah, atau yang dikenal dengan usaha rumahan, di era seperti sekarang ini peluang tersebut sudah semakin terbuka.


Seiring berkembangnya teknologi, terutama dalam hal akses internet dan media online, tidak sulit bagi kamu untuk menggeluti bisnis sendiri dari rumah tanpa perlu repot bermacet-macet ria di jalanan.

Untuk kamu yang ingin melakukan bisnis di rumah tapi fokus di internet, baca artikel cara mendapatkan uang dari internet dari OhGitu yang isinya lengkap. Bahkan dengan internet, kamu bisa kerja bukan hanya di rumah, tapi dimana saja.

Pada artikel kali ini, akan memberikan informasi kepada kamu yang sedang berfikir untuk menjalani bisnis dari rumah, tentang 25 prospek bisnis rumahan yang hanya membutuhkan modal kecil tetapi berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar.

Penasaran? Lanjutkan membaca artikel ini ya.

1. Bisnis Katering harian

Bisnis katering saat ini tidak terbatas pada acara pernikahan atau acara-acara besar lainnya saja, tetapi juga bisa ditawarkan kepada mereka yang ingin menyantap makan siang atau makan malam, tanpa perlu repot belanja mingguan ataupun memesan dari rumah makan.

Tidak hanya untuk perseorangan, bahkan perusahaan pun membutuhkan layanan ini terutama bagi perusahaan yang jam kerjanya tidak memungkinkan bagi karyawan untuk pergi ke luar mencari makan siang.

Modal dalam menjalankan bisnis ini pun terbilang kecil, hanya membutuhkan modal belanja bahan pangan, menyusun menu, memasak, dan juga moda transportasi seperti motor serta boks atau rantang untuk menempatkan makanan.

2.Bisnis Konter Pulsa dan Paket Data

Siapa sih hari gini yang tidak butuh pulsa dan paket data? Tentunya hampir semua orang membutuhkannya, dan itu menjadikan bisnis ini sebagai salah satu yang memiliki prospek dan menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Untuk bisnis yang satu ini sebenarnya telah banyak bermunculan sejak dahulu, tetapi semakin mudah saat mulai banyak yang membuka program reseller pulsa digital yang tidak membutuhkan voucher fisik.

3.Bisnis Jasa Penjahit Pakaian

Usaha yang satu ini sudah ada sejak sangat lama, dan sampai sekarang pun masih sangat dibutuhkan dan bahkan semakin berkembang.

Kebutuhan pakaian memang menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, tetapi tidak hanya itu yang menjadikan prospek bisnis ini makin besar, melainkan kebutuhan masyrakat era digital yang semakin tidak memikirkan merk dan lebih mementingkan model dan kualitas.

Karenanya, kalau ingin lebih sukses bermain di bisnis ini, jangan hanya menawarkan jasa menjahit pakaian saja, tetapi kamu juga bisa kembangkan dengan membuat pakaian jadi sendiri dengan model-model yang sesuai dengan tren fashion yang sedang berkembang di masyarakat.

4.Bisnis Laundry Kiloan

Jenis usaha yang satu ini semakin sangat dibutuhkan di zaman dimana semua orang sudah terlalu sibuk seperti sekarang ini.

Ketimbang menghabiskan uang untuk membeli mesin cuci yang akan berdampak pada mahalnya penggunaan listrik, banyak orang yang lebih memilih menyerahkan urusan cuci-mencuci kepada layanan laundry kiloan.

Tidak hanya faktor tersebut, faktor lain seperti kesibukan dalam pekerjaan, atau terlalu menghabiskan waktu di jalan dikarenakan terjebak kemacetan, atau karena musim hujan, menjadikan urusan mencuci baju akan lebih mudah diserahkan kepada pihak lain.

Kalau kamu tertarik menjalankan bisnis ini, pastikan rumah kamu berada di lokasi yang strategis ya, misalnya dekat dengan area kampus, atau di dalam area perumahan atau apartemen, untuk lebih memaksimalkan potensi pendapatan yang akan kamu raih.

5.Bisnis Air Minum Isi Ulang

Dikarenakan ketersediaan air besih yang semakin berkurang di beberapa lokasi, tentunya banyak yang tidak memilih untuk memasak air minum sendiri tetapi mencari alternatif lainnya.

Di sinilah usaha air minum isi ulang berperan, dimana mereka yang membutuhkan air minum bisa menggunakan layanan tersebut dibandingkan harus memasak sendiri di rumah.

6.Bisnis Dropshipping

Seiring berkembangnya bisnis toko online saat ini, tentunya semakin banyak pula yang membuka peluang untuk mencari “sales” tanpa perlu membayar gaji.

Karena itulah banyak diantara mereka yang menawarkan program dropshipping di mana kamu bisa menjual produk-produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut tanpa harus pusing memikirkan stok barang dan kerepotan mengurus pengiriman karena semua telah diurus oleh toko online tempat kamu menjadi drop shipper.

Margin keuntungan menjadi dropshipper memang terbilang kecil, tetapi dengan menjalankan bisnis jenis ini kamu bisa lebih leluasa dan pilihan produk yang kamu jual pun tidak terbatas hanya kepada satu jenis toko saja.

7.Bisnis jasa pembukuan bagi UMKM

Kalau kamu memiliki pengetahuan beserta keahlian yang cukup dalam di bidang akuntansi, keuangan, serta pembukuan, tidak ada salahnya kamu gunakan pengetahuanmu tersebut sebagai ladang penghasilan.

Target konsumen yang bisa kamu coba adalah para pelaku UMKM yang terkadang masih terbilang berantakan dalam hal pembukuannya.

Selain karena banyak dari pelaku UMKM yang memiliki pengetahuan minim terkait pembukuan dan pengelolaan keuangan, mereka juga biasanya belum dapat mempekerjakan staf yang khusus mengerjakan hal-hal tersebut.

8.Bisnis jasa penerjemah

Meskipun sudah ada sejak lama, bisnis yang satu ini semakin banyak dicari dikarenakan banyak perusahaan asing yang ingin memasarkan produknya ke konsumen Indonesia dan begitu juga sebaliknya.

Apabila kamu memiliki keahlian berbahasa asing, tidak ada salahnya kamu menawarkan keahlian kamu tersebut untuk membantu menerjemahkan dokumen-dokumen.

9. Bisnis Agen PPOB

Salah satu jenis usaha rumahan yang marak digeluti saat ini adalah menjadi agen PPOB alias Payment Point Online Banking atau disebut juga sebagai Agen Pembayaran Resmi.

Dengan menjadi agen PPOB, kamu bisa menerima pembayaran listrik, TV kabel, telepon, pulsam internet, hingga ke pembelian tiket kereta api.

Cara kerja bisnis ini pun terbilang mudah, kamu tinggal menyetorkan deposit ke tempat kamu mendaftarkan diri menjadi agen, kemudian selanjutnya setiap ada transaksi akan dipotong dari deposit tersebut.

Kamu akan mendapatkan keuntungan dari biaya administrasi yang kamu kenakan ke pelanggan-pelanggan yang membayar tagihan mereka di tempatmu.

10.Bisnis Jasa Servis Elektronik

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam memperbaiki barang-barang elektronik, kamu bisa menerima layanan perbaikan di rumahmu sendiri.

Tentunya awal mulanya kamu akan memasarkan jasa kamu di area sekitar lokasi tempat tinggal terlebih dahulu, barulah kemudian apabila banyak pelanggan yang puas dengan layanan perbaikan elektronik yang kamu berikan, mereka biasanya akan merekomendasikannya ke teman-teman atau keluarga dekat.

Jadi pastikan untuk selalu menjaga kualitas servis yang kamu berikan apabila bisnis ini yang ingin kamu tekuni ya.

11. Bisnis Penjualan Snack dalam Kemasan

Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit, terutama apabila banyak penggemarnya.

Kamu tentu tahu beberapa keripik pedas yang memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda itu kan? Mereka itu memulai adalah beberapa contoh dari bisnis jenis ini yang berhasil viral dan laris manis di pasaran.

Tidak usah ragu bersaing dengan kompetitor yang sudah ada, selama snack yang kamu jual memiliki ciri khas-nya sendiri dan digemari banyak orang, dijamin kamu akan selalu kebanjiran pesanan.

Tapi tidak hanya rasa yang perlu kamu perhatikan, kemasan yang cantik juga akan dapat membantu meningkatkan nilai jual dari snack milikmu terseebut, jadi jangan dikesampingkan ya.

12.Bisnis Jasa Pembuatan Website

Seperti yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, era teknologi seperti sekarang ini banyak menumbuhkan jiwa wirausaha baru di bidang digital.

Dari sekian banyak bisnis yang ditawarkan, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama memiliki atau membutuhkan website guna menjadi representasi bisnis mereka di dunia maya.

Nah apabila kamu adalah seseorang yang ahli dalam membuat suatu website, kamu bisa menawarkan keahlian kamu tersebut kepada mereka.

13. Bisnis Jasa Editing dan Proofreading

Bagi kamu yang memiliki ketelitian, ahli berbahasa yang baik dan benar, dan memiliki pengetahuan dalam bidang editorial, kamu bisa menawarkan keahlian kamu tersebut dalam bisnis jasa editing dan proofreading.

Tentunya akan lebih membantu kalau kamu memiliki latar belakang pendidikan di bidang jurnalistik atau bahasa, yang tentunya akan meningkatkan kredibilitas kamu.

Jasa ini akan sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis novel ataupun buku, hingga mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi atau tugas akhir.

14.Bisnis Jasa Potong Rambut

Inilah salah satu bisnis yang sudah ada sejak lama, dan bisa kamu coba lakukan, selama di kepala manusia masih tumbuh rambut.

Ditambah lagi kalau kamu memiliki keahlian dalam memotong dan menata rambut, akan sangat membantu kamu dalam menjalankan bisnis ini.

Yang sedang cukup berkembang saat ini adalah jasa potong rambut yang dikhususkan untuk anak-anak, dan kamu pun bisa ikut terjun ke pasar ini selama kamu memiliki tempat, alat cukur, dan tidak lupa mendekorasi ruangan agar lebih menyenangkan di mata anak-anak.

15.Bisnis Penulis Online

Kalau kamu jago menulis dengan baik dan dalam waktu cepat, serta merasa beberapa prospek bisnis yang ada di daftar ini masih terlalu besar dari segi modal, maka kamu bisa mencoba menjadi penulis online.

Selama kamu mampu menulis artikel dengan baik dan menarik untuk dibaca, kamu bisa menawarkan keahlian kamu kepada para pemilik website atau blog yang sedang membutuhkan penulis.

16.Bisnis Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Kamu seorang penyayang binatang? Senang dan paham dalam mengurus binatang peliharaan? Tidak ada salahnya kamu tawarkan rumah kamu sebagai tempat penitipan dan pemeliharaan hewan-hewan peliharaan kesayangan mereka.

Bisnis ini menarik untuk kamu jalani dikarenakan banyaknya pemilik hewan peliharaan yang tidak mau atau dikarenakan satu dan lain hal (misalnya alergi, penyakit, dsb) tidak mampu merawat hewan-hewan yang mereka pelihara.

17.Bisnis Pencucian Kendaraan Bermotor

Ini juga merupakan salah satu prospek bisnis rumahan yang cukup mudah, karena hanya bermodalkan mesin kompresor, selang, sabun, serta pasokan air yang lancar di rumah kamu.

Terutama kalau lokasi tempat tinggalmu ada di pinggir jalan raya, itu akan membuat bisnis ini menjadi lebih menjanjikan dan tentunya menguntungkan.

Sebagai tambahan fasilitas, kamu bisa menyediakan kursi tunggu dan juga menjual makanan serta minuman bagi mereka yang mencuci di tempatmu.

18.Menjadi Youtuber

Youtuber. Kata-kata ini cukup sering didengar beberapa tahun belakangan. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang meraup keuntungan besar dengan memposting video-video mereka di Youtube.

Selama kamu percaya diri atau memiliki keahlian di bidang editing video, maka kamu pun bisa menjadi Youtuber, karena Youtube membebaskan siapa saja untuk membuat akun di website mereka tanpa biaya sepeser pun.

Nantinya, setelah kamu memiliki 1000 subscriber dan juga video-video yang ada di channel milikmu memiliki waktu tayang minimal 4000 jam, pihak Youtube akan meninjau channel milikmu dan apabila layak kamu akan dapat memonetisasi channel kamu tersebut.

Maksudnya bagaimana? Nantinya video-video yang ada di channel kamu akan bisa dipasang iklan oleh Youtube, dan kamu akan memperoleh keuntungan dari setiiap tayangan iklan yang ditonton dan di klik oleh penonton video milikmu.

Kunci utama menjadi Youtuber adalah kreatifitas dan juga mampu menyajikan video yang menarik dan juga penggunaan judul yang tepat untuk memancing seseorang mmemutar video tersebut.

19.Bisnis Jasa Fotografi

Kalau kamu memiliki keahlian di bidang fotografi, kamu juga bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai sumber penghasilan sebagai seorang fotografer.

Jasa fotografi sangat banyak dibutuhkan terutama di acara-acara seperti akad dan resepsi pernikahan, acara konser musik, tour, hngga untuk kebutuhan foto produk dan foto model.

Tidak perlu khawatir kalaupun kamu tidak memiliki peralatan, karena banyak pula yang menawarkan jasa sewa peralatan fotografi yang bisa kamu gunakan.

20. Bisnis Jasa Guru Privat

Untuk kamu yang senang memberikan pengajaran, menjadi guru privat juga merupakan salah satu opsi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Ditambah lagi, menjalankan bisnis sebagai guru privat bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan yang stabil dikarenakan biasana bayaran sebagai guru privat bersifat mingguan atau bulanan.

Kedepannya bahkan kamu bisa merekrut calon guru lainnya yang bisa membantu memperbanyak jumlah pelanggan yang bisa kamu terima.

21.Bisnis Konsultan SEO

SEO alias Search Engine Optimization merupakan bidang ilmu yang belum banyak dikuasai orang. Ini dikarenakan dunia pemasaran digital masih tergolong baru dan belum ada pendidikan resmi alias belum masuk kurikulum.

Karenanya, kalau kamu merupakan seseorang yang berpengalaman dalam membangun sebuah website hingga memiliki performa yang baik di mesin pencari (search engine) Google atau Bing, kamu bisa jadikan pengalaman milikmu tersebut sebagai sumber penghasilan dengan menawarkan jasa konsultasi.

22.Bisnis Jasa Manajemen Media Sosial

Lain SEO, lain pula Media Sosial. Meskipun sama-sama bergerak di dunia digital, dibutuhkan pengalaman dan keahlian berbeda dalam memasarkan produk atau jasa melalui media sosial.

Karenanya, banyak yang membutuhkan seseorang yang mampu mengelola akun-akun medsos mereka sehingga tetap terlihat aktif dan eksis, terutama bagi mereka yang memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan di dalamnya.

Pengguna Facebook sendiri saat ini tercatat berjumlah sebanyak 1,97 milyar di dunia, dan sekitar 88 juta pengguna yang berasal dari Indonesia. Ini tentunya menjadi sasaran utama untuk pemasaran bagi para pebisnis.

Nah kalau kamu cukup paham dan rutin menggunakan media sosial, coba saja tawarkan hobi kamu tersebut sebagai sumber penghasilan.

23.Bisnis Jasa Pengetikan

Sebagai salah satu bisnis yang sudah ada sejak lama, dan biasanya berlokasi di sekitar area perkantoran dan juga kampus, jasa pengetikan memang tidak ada matinya.

Belum lagi ditambah kalau kamu juga menjual alat-alat tulis kantor (ATK) yang biasanya juga banyak dibeli selagi mendatangi lokasi jasa, tentu keuntungan yang kamu dapatkan akan berlipat serta tanaman artifisial tersebut dan menjadikannya usaha rumahan yang menguntungkan.

24.Jasa Pembuatan Tanaman Artifisial

Tanaman artifisial alias tanaman palsu juga merupakan salah satu yang banyak dicari, terutama sebagai dekorasi di kantor, rumah, atau acara-acara dikarenakan tidak layu.

Kalau kamu memiliki kreatifitas dan keahlian kerajinan tangan, serta perhatian terhadp hal detail yang baik, kamu bisa mencoba menawarkan jasa pembuatan tanaman artifisial ini, yang bisa kamu kerjakan dari rumah.

25.Bisnis Menulis Ebook

Kurang lebih sama seperti bisnis menulis online, tetapi bedanya di sini kamu menjadi penulis buku digital (Ebook) milik kamu sendiri.

Dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin maju, maka kebutuhan akan produk buku digital atau Ebook pun semakin tinggi karena buku fisik alias buku kertas semakin ditinggalkan.

Kamu bisa menggunakan sarana website atau marketplace jasa untuk memasarkan ebook milikmu, atau melalui media sosial yang kamu miliki.

Bagaimana? Apakah ada satu ari 25 jenis bisnis tersebut yang menarik minatmu untuk memulai bisnis rumahan?

Sebagai catatan, apapun bisnis yang kamu pilih, semuanya akan kembali kepada kerja keras, keyakinan, serta komitmen di dalam diri kamu untuk membuatnya menjadi berhasil.

Tidak perlu terlalu memikirkan risiko dan kegagalan, karena semua bisnis dan bahkan bekerja di kantor pun memiliki risiko, jadi itu semua sudah harus kamu persiapkan dan terima dengan lapang dada apabila akhirnya terjadi.

Yang terpenting adalah melakukan yang paling sesuai dengan passion kamu agar dalam menjalankannya kamu akan tetap terjaga semangatnya dikarenakan melakukan sesuatu yang kamu senangi.

Selamat berbisnis dari rumah ya, semoga kamu dapat meraih kesuksesan dari bisnis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar