Sticky Post

7 Cara Membeli Microsoft Surface dengan Harga Murah

Bagaimana jika ada orang yang bisa menunjukkanmu tempat dimana harga Microsoft Surface  dijual dengan sangat murah? Sudah pasti kamu akan pe...

31 Mar 2018

Tempat Wisata Asyik di Samarinda Ini Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melestarikan Budaya Indonesia

Berjalan-jalan ke Pulau Kalimantan, akan kurang rasanya jika tidak mengunjungi kota terbesar di Kalimantan Timur yakni Samarinda. Samarinda memiliki tempat wisata yang menarik baik itu wisata alam maupun wisata budayanya. Jika kamu telah mengunjungi kota lain di Kalimantan dan ingin pergi ke Samarinda, kini kamu tak perlu bingung lagi dengan maskapai yang harus kamu gunakan. Karena kini ada maskapai baru bernama Express Air yang siap melayani rute seputar Kalimantan. Express Air baru mulai beroperasi pada awal tahun ini dan terus berbenah agar menjadi maskapai terbaik dan dengan harga yang murah tentunya.

Nah, jika kamu pergi ke Samarinda, tak ada salahnya untuk berwisata mendalami budaya khas kota di Kalimantan Timur tersebut. Karena jika bukan kita yang melestarikan budaya Indonesia, maka siapa lagi?

Kampung Tenun di Samarinda Seberang


Sumber: Klik Samarinda

Semua orang pasti sudah tahu bahwa kain tenun khas Samarinda adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Dengan motif khas kotak-kotaknya, kain tenun Samarinda masih menjadi primadona bagi banyak kalangan. Kamu tak hanya bisa membeli oleh-oleh saja jika datang ke kampung ini, tapi juga bisa melihat proses pembuatan kain tenun yang dibikin dengan alat tradisional bernama Gedokan.

Masjid Shiratal Mustaqim


Sumber: Budaya Kaltim

Kota ini memiliki masji tertua di Kalimantan dengan usia yang sudah lebih dari 130 tahun lho. Bahkan Masjid Shiratal Mustaqim juga memiliki Al-Quran tertua yang sudah berusia 400 tahun dan menjadi cagar budaya. Masjid ini terbuat dari kayu ulin yang terkenal kuat dan dikelilingi pagar kayu yang sederhana. Pemerintah setempat terus menjaga bangunan penuh sejarah ini dengan baik.

Islamic Center


Sumber: Haluan News

Bagi kaum muslim, mengunjungi Islamic Center di Samarinda merupakan hal wajib. Masjid di Islamic Center ini adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara lho. Masjid ini memiliki arsitektur ala Turki dengan satu menara utama setinggi 99 meter seperti jumlah asmaul husna. Yang lebih menariknya lagi, berada tepat di tepian sungai mahakam menjadikan masjid ini begitu indah dipandang.

Buddhist Center


Sumber: Klik Samarinda

Tak hanya Islamic Center, Samarinda juga memiliki Buddhist Center yang terbesar di Asia Tenggara. Meski masih tergolong baru, namun kompleks bangunan seluas 1,3 hektar ini sudah menjadi ikon baru di kota Samarinda. Buddhist Center memiliki patung-patung buddha ukuran besar yang didatangkan dari Taiwan. Sedangkan untuk ukiran di sekeliling bangunan dikerjakan oleh seniman lokal dari Bali dan Tulungagung.

Kawasan Budaya Pampang


Sumber: Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur

Belum ke Samarinda rasanya jika belum mengunjungi Kawasan Budaya Pampang. Desa yang dihuni oleh suku asli Dayak Kenyah ini memiliki bangunan khas suku Dayak lengkap dengan ukiran yang masih terjaga. Di akhir pekan, kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni dan seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adat. Kamu juga bisa menyewa pakaian adat tersebut dan berbaur dengan warga setempat.

Berwisata tapi tetap mengingat budaya sendiri tentunya seru kan? Liburan dengan keluarga jadi lebih asyik dan bermakna. Jangan lupa untuk mengecek jadwal keberangkatan maskapai Express Air untuk menuju Samarinda karena maskapai ini tidak terbang setiap hari. So, Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar