27 Feb 2018

Ini Dia 5 Kiat Menjadikan Rice Cooker di Rumah Lebih Awet

Kegiatan memasak dewasa ini memang terasa semakin praktis berkat adanya rice cooker di rumah maupun dikost-kostan. Elektronik penanak nasi ini memang bekerja secara otomatis sehingga tinggal tancapkan kabelnya ke stop kontak, aktifkan, lalu selang beberapa menit nasi matang. Tidak ada lagi keribetan harus membuat karon dan menyediakan dandang untuk mengukus beras setengah matang agar menjadi lunak dan aman bagi pencernaan. Waktu memasak pun menjadi lebih singkat karena urusan nasi diserahkan ke elektronik.


Kalau belum memilikinya, maka silahkan segera dibeli baik ke toko elektronik terdekat maupun mencoba melirik koleksi sebuah situs jual beli online terpercaya. Elektronik satu ini memang sudah bisa dibeli melalui transaksi belanja online sehingga bisa dijadikan alternatif kalau malas keluar rumah untuk berbelanja satu produk saja. Namun usahakan memilih dengan benar sebab kualitas mesin penanak nasi menentukan umur serta kualitas nasi yang dimatangkan di dalamnya.

Kiat Merawat Alat Penanak Nasi

Kemudian paling penting adalah mampu merawat elektronik penanak nasi tersebut sehingga awet sekaligus menghasilkan nasi yang aman bagi kesehatan. Berikut beberapa kiat untuk merawatnya:

1. Menjaga lapisan teplon panci

Panci pada alat penanak nasi ini dilengkapi teflon atau lapisan anti lengket, baiknya jangan sampai mengelupas. Kalau terjadi ada kemungkinan nasi yang diolah mengandung zat berbahaya sehingga jangan mencuci beras di dalamnya. Mencucinya pun gunakan spons yang lembut sehingga nasi tidak lengket serta baik untuk kesehatan.

2. Pastikan panci sudah kering sebelum dinyalakan

Beberapa orang terbiasa memasukan panci rice cooker dalam kondisi basah namun dipaksakan untuk dinyalakan. Kebiasaan ini termasuk kebiasaan buruk yang mengakibatkan bagian dalam mesin ini menjadi muncul bercak kuning. Kemudian akan muncul aroma gosong yang menyengat dan bisa jadi mempengaruhi aroma nasi yang diolah. Resiko paling buruk adalah memicu terjadinya konsleting, sehingga keringkan dulu dengan lap baru dinyalakan supaya lebih aman.

3. Wajib membersihkan tabung penampung air

Elektronik penanak nasi ini tentu memiliki tabung penampung air, dan bagian ini wajib sekali untuk dijaga kebersihannya. Selalu periksa setiap beberapa hari sekali untuk kemudian dikuras dan dicuci hingga bersih kembali. Tindakan ini penting untuk mencegah adanya air kotor yang masuk ke dalam nasi selama proses memasak dengannya. Selain itu juga menjaga aroma nasi yang sudah matang tetap wangi bukannya berbau aneh berasal dari penampung air yang terlalu kotor.

4. Hindari kebiasaan menaruh nasi sisa hingga 24 jam

Biasakan memasak nasi secukupnya untuk keluarga Anda jangan sampai ada nasi sisa apalagi sampai dibiarkan ada di dalam penanak nasi sampai benar-benar habis. Nasi kemarin kalau tetap dibiarkan di dalamnya akan berubah menjadi kuning dan mengeluarkan aroma tak sedap, bahkan bisa berair. Selain itu membuat elektronik ini mudah rusak sebab idealnya tidak ditancapkan ke sumber listrik 24 jam penuh. Usahakan setiap malam nasi dikeluarkan dan kabel dilepas dari stop kontak.

5. Rajin membersihkan elektronik ini

Meskipun termasuk ke dalam elektronik bukan berarti tidak bisa dicuci, malah dianjurkan untuk dicuci secara teratur. Semua komponen baiknya dibersihkan dengan seksama untuk memastikan nasi yang dimasak tetap berkualitas dan elektronik ini juga lebih awet. Cara mencucinya adalah memakai spons atau kain lembab untuk mengelap semua bagiannya, kecuali pada panci dan penampung air bisa dicuci seperti biasa. Melalui cara ini rice cooker akan lebih awet dan selalu kinclong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar