Featured Post

Solusi Pengembangan Batik Solo yang Belum Banyak Terjamah Publik

Batik solo adalah salah satu kekayaan Nusantara dan punya nilai seni tinggi. Selain dapat dijahit menjadi pakaian, kain ini juga bisa dibentuk berbagai model kerajinan. Trend penggabungan karya tradisional dengan gaya modern sedang naik daun saat ini.

Batik motif parang

Potensi kerajinan solo yang belum kamu tahu

Solo terkenal sebagai kota penghasil batik yang memproduksinya secara turun-temurun. Ternyata, meskipun sumbernya hanya dari satu kota, batik solo punya beragam motif dan corak loh! Apa aja sih? Yuk simak review di bawah ini.

  • Motif parang, merupakan corak tertua di Indonesia. Parang ini berasal dari kata pereng, artinya lereng. Coraknya berupa susunan pola seperti huruf S, saling menjalin, tidak terputus. Poin kesinambungan tersimbolkan dari motif ini. Bentuk dasar huruf S berasal dari kata ombak samudra, yang menggambarkan semangat tak pernah padam.
  • Motif kawung, berbentuk pola bulatan menyerupai buah kawung atau kolang-kaling. Motifnya berupa rangkaian lingkaran, disusun secara geometris. Corak ini juga bisa dimaknai sebagai bunga teratai yang merekah. Orang Jawa menganggap bunga teratai sebagai bunga kesucian, selain itu umurnya panjang.
  • Motif sawat, coraknya mirip burung garuda kendaraan Dewa Wisnu. Hal ini melambangkan kekuasaan atau raja.
  • Motif sidomukti, biasa dipakai oleh pasangan pengantin. Maknanya berkesinambungan dan sejahtera.
  • Motif truntum, dipakai oleh orang tua pengantin. Maknanya penuntun. Corak truntum berupa bunga yang disusun secara geometris
  • Motif satrio manah digunakan oleh wali pengantin wanita. Menggambarkan ksatria, membidik pasangannya dengan busur dan panah.
  • Motif batik semen rante, melambangkan hubungan erat dan kokoh.

Sulitnya pengrajin memasarkan batik solo

Batik solo memang memiliki keindahan khas. Potensi kesenian ini besar bila dikembangkan dengan baik. Dari sisi produk, pengembangannya sudah baik. Pengrajin banyak berinovasi mengolah kain menjadi beragam produk jadi. Contohnya pakaian, tas, kalung, sepatu, dan lain-lain. Namun, ada kendala utama para pengrajin dalam hal pemasaran produk mereka.

Jarak tempat produksi dengan konsumen seringkali berjauhan. Hal ini membuat mereka menjual produknya ke reseller. Jadi, selisih harga yang diberikan pengrajin dan yang didapatkan konsumen sangat jauh. Padahal, kalau rantai penjualan ini terputus, pengrajin bisa mematok harga sedikit lebih tinggi. Konsumen juga bisa mendapat harga lebih rendah.

Toko online bisa menjadi sarana pemasaran yang praktis

Sebenarnya solusi dari permasalahan tersebut sudah ada loh. Sebagai produk dari pesatnya kemajuan teknologi, internet dapat memotong jarak dan waktu. Maka, pengrajin sebenarnya bisa berjualan batik solo di qlapa.com toko online. Nah berikut ini keuntungan jualan online.

  • Tidak perlu menyewa toko fisik. Penjual gak perlu repot-repot mencari dan menyewa toko.
  • Dapat menekan harga jual. Karena ada beberapa budget dipangkas (sewa toko, pemasaran), maka harga jual barang pun dapat ditekan. Dengan harga terjangkau, pengrajin dapat meningkatkan kuantitas penjualan.
  • Cakupan wilayah luas. Internet dapat diakses orang dari manapun di dunia. Berarti, penggunaan internet berpotensi memperluas pasar bagi pengrajin.
  • Tidak perlu modal besar. Karena pengrajin tinggal memasarkan barangnya secara gratis di internet.
  • Aplikasinya mudah. Bila sudah paham, berjualan di internet rasanya mudah sekali. Tinggal klik.
  • Dapat dilakukan pada waktu senggang. Waktu pengrajin jadi fleksibel untuk memasarkan karyanya. Beda dengan buka toko fisik, di mana pengrajin harus nongkrong seharian di toko menunggu pembeli. Dengan lapak online, mereka dapat berinteraksi dengan pembeli lewat ponsel.

Situs Qlapa menyediakan tempat khusus buat pengrajin

Ada banyak marketplace yang menyediakan tempat berjualan. Namun, ada yang khusus menyediakannya untuk pengrajin, yaitu situs Qlapa.com. Di situs ini reseller tidak dapat berjualan, jadi harga yang didapat konsumen langsung dari pengrajinnya. Tanpa perantara. Makanya, harganya relatif terjangkau dibandingkan situs lain.

Banyak sekali pengrajin lokal menjual barangnya di sini. Jadi, ada beragam jenis dan model kesenian bisa didapatkan konsumen. Termasuk juga batik solo. Oiya, fitur kustomisasi juga tersedia loh. Jadi konsumen bisa memesan barang yang diinginkannya. Kualitas produk-produk di sini terjamin! Kenapa? Soalnya situs menyeleksi barang-barang yang dipasarkan. Pokoknya, cuma pengrajin berkualitas yang bisa masuk.

Pengrajin batik solo yang sedang naik daun

Permata Batik Solo, salah satu penghasil batik asal Surakarta menjual produknya di situs ini. Ia kebanyakan menjual batik tulis asli solo dalam bentuk kain. Nah, pembeli bisa menjahit sendiri menjadi barang jadi yang diinginkan.

Meski begitu, Permata Batik juga punya produk olahan batik khas solo seperti baju, kebaya, tas, dan lain-lain. Produknya juga gak cuma batik tulis, tapi ada batik solo cap, print, jumputan, shibori, hingga tenun lurik. Permata Batik sebenarnya sudah memiliki offline store di Solo, namun ia ingin memperluas pasar. Maka, toko ini membuka juga lapak online yang bisa diakses dari manapun.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments