Featured Post

Mengenal Marcel Breuer, Desainer Pembuat Furniture Modern

Furniture merupakan salah satu komoditi yang selalu dicari orang. Meskipun bukan tergolong kebutuhan primer, furniture tetap dibutuhkan sebagai bagian dari rumah ataupun kantor. Seiring berkembangnya zaman, furniture mengalami perubahan dan semakin beragam desainnya. Salah satu desain yang semakin berkembang adalah desain modern pada furniture. Lalu siapakah penemu awal dari desain furniture modern? Mari mengenal lebih jauh sosok Marcel Breuer salah satu desainer penggagas furniture modern yang sangat berjasa melalui artikel berikut ini.

Marcel Lajos Breuer

Marcel Lajos Breuer, lahir pada 21 Mei 1902 dan wafat pada 1 Juli 1981, merupakan seorang desainer furniture dan arsitek asal Hungaria. Karya yang telah dibuatnya menjadi terkenal dan teladan bagi para desainer furniture lainnya di era abad 20. Karirnya sebagai desainer furniture dimulai saat bekerja di Baunhaus Furniture Workshop pada medio tahun 1920-1924. Desain arsitektur pertamanya dimulai pada tahun 1923 dan bekerja di sebuah public housing. Kemudian pada tahun 1925-1928, Marcel Breuer menjadi kepala workshop furniture modern dan pada saat itu memproduksi karya pertamanya yakni tubular steel chair yang kemudian diubah namanya menjadi “Wassily”. Setelah itu, bauhaus, tempat Marcel Breuer bekerja merancang tubular steel furniture termasuk meja, kursi, dan lemari dalam jumlah besar yang kemudian di pasarkan di Berlin, Jerman. Berkat karyanya membuat furniture berbahan dasar tubular steel, Bauhaus meraih untuk besar karena lebih ekonomis dan higienis. Pada tahun 1928, Marcel Breuer meninggalkan Bauhaus dan mulai melanjutkan kariernya di berlin dengan membuka kantor arsitektur sendiri.

Sepanjang hidupnya, Marcel Breuer telah menghasilkan banyak sekali karya furniture modern yang mengubah dunia. Diantaranya adalah prototype furniture modern yang terbuat dari besi (dan digunakan hingga sekarang), dan puluhan gedung (baik gedung perkantoran, fasilitas pendidikan, hingga gedung pemerintahan). Berkat penemuannya yang menggunakan material besi dalam pembuatan furniture, hingga kini furniture dengan konsep modern menggunakan besi sebagai salah satu materialnya. Karena selain lebih ekonomis, menggunakan besi juga membuat furniture lebih tahan lama saat digunakan.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments