Featured Post

Menjadi Blogger Pengejar Job Review

Kamu seorang blogger? Jika ya, sangat penting bagimu untuk mengetahui apa itu job review. Job review sangat familiar sekali di telinga para blogger. Apalagi di tahun ini banyak sekali perusahaan maupun agensi yang menawarkan job review kepada para blogger.

Saya pun juga sehari-hari hidup dari job review beberapa blog saya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan job review, kamu bisa melakukan apa yang saya lakukan dalam mengelola blog ini dan beberapa blog lainnya agar bisa dimonetasi melalui job review atau semisalnya.

Mula-mula saya menyadari sebuah tren job review ini sejak tahun kemarin, tepatnya Agustus 2014 lalu. Blog ini saya dirikan sejak tahun 2013 lalu. Dalam setahun mengurus blog, saya merasakan belum menghasilkan apa-apa dari blog Iskael ini. Namun, meskipun tidak secara langsung, dari blog ini saya mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website.

Membuat website bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika harus berkali-kali revisi bukan karena salah saya, tapi karena selera klien yang tiba-tiba berubah. Kerjaan nambah, namun bayaran tetap seperti kesepakatan awal. Menyebalkan? Memang.

Oleh karena itu, saya berpikir kira-kira apa yang bisa menghasilkan uang namun tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga. Tahun lalu saya berpikir bahwa tahun 2015 akan banyak tren job review. Karena sadar akan perkiraan masa depan itu, saya akhirnya memutuskan untuk membuat beberapa blog. Tentunya untuk menjadi mesin pencetak uang.

Dari saat itulah saya mulai benar-benar serius mengurusi blog ini. Blog ini awalnya tidak seberapa saya pedulikan. Saya usahakan update setiap minggu. Jika mampu saya bisa menulis 10 artikel dalam sebulan, walaupun hal itu terkadang cuma mitos. Menulis tidak semudah yang dipikirkan.

Hal yang harus diperhatikan untuk menjadi blogger pengejar job review adalah masalah trafik blog dan domain authority blog kamu. Menjadi blogger pengejar job review, kamu wajib memiliki domain TLD untuk blog kamu. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 150 ribu untuk membeli domain dot com. Meningkatkan domain authority adalah dengan menyebar backlink ke banyak blog lain dengan cara blogwalking. Selain itu, kamu harus rajin menyebarkan link ke media sosial.

Hal yang paling cepat meningkatkan domain authority adalah dengan memilah blog mana saja yang akan kamu kunjungi untuk blogwalking. Usahakan kamu temukan blog dengan domain authority minimal 20. Dan itu bukanlah hal yang mudah. Sangat sedikit blog yang memiliki domain authority di atas 20. Namun, bukan berarti tidak ada. Blog ini ber-domain authority 29. Kamu juga bisa menggunakan blog ini untuk meningkatkan domain authority blog kamu.

Apakah hal tersebut mudah? Tidak. Butuh kesabaran dan keuletan. Jika kamu ulet dan sabar, dalam waktu 6 bulan kamu bisa menaikkan domain authority kamu hingga 20 ke atas. Hanya saja itu jarang terjadi. Untuk beberapa blog yang saya kelola pun susah untuk naik ke angka 20, padahal sudah 2 tahun saya kelola. Hal ini terjadi karena blog tersebut kurang update artikel dan kurang di-share di media sosial.

Jika kamu ingin tahu lebih detail kesulitan apa saja yang akan kamu temui, kamu bisa menghubungi saya melalui email. Sebisanya saya akan memberikan jawaban. Saya tunggu email kamu :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Kayaknya kamu memang aktif banget nulis review, John. Bahkan artikel ini yang (kayaknya) bukan iklan pun masih disisipi link ke tokopedia, hingga tidak menutup kemungkinan kalau artikel ini pun sebenarnya job review. Hehehe, *piss*

    Nah, ini sekadar saran. Mungkin, di artikel mendatang, kamu bisa menjelaskan bagaimana langkah-langkah mendapatkan job review, sehingga pembaca tidak hanya tahu bahwa kita bisa mendapatkan uang melalui job review, tapi juga tahu cara mendapatkannya. Karena, di blog ini, misalnya, beberapa kali aku mendapati penjelasanmu mengenai job review yang dapat mendatangkan uang lewat blog. Tapi kayaknya nggak ada penjelasan mengenai cara mendapatkannya. Ini kan mbingungi, khususnya bagi blogger pemula.

    Wong aku yang udah ngeblog lama aja masih nggak tahu caranya, gimana yang baru ngeblog, coba? Siapa tahu, ada banyak blogger yang sebenarnya sudah lama mencari-cari artikel mengenai cara atau langkah-langkah mendapatkan job review, dan kamu bisa menuliskannya dengan bahasa awam seperti biasa, hingga mereka mendapat manfaat dari pengetahuan itu. Dan, tentu saja, trafik blogmu juga akan ikut naik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, benar, artikel ini juga termasuk job review terselubung Hoed :D

      iya, aku juga ingin menuliskan cara2nya, biar para blogger tahu cara dapat job review dan mendapatkannya juga

      Delete
    2. Salam kenal ya. Tulisan untuk menaikkan DA-nya bagus nih. Sangat menantikan cara mendapatkan job review-nya.

      Delete
    3. salam kenal juga mas :)
      silakan menunggu, hehe

      Delete
  2. Wih DAnya 29, saya masih 22 euy (gak ada yang nanya).
    Oh iya, kalau untuk blogger yang menulis kerjasama dengan tokopedia gini gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, DA blog ini 29, hehe
      nanti akan saya bahas di entri selanjutnya :)

      Delete
  3. iyaaah bener banget...kasi tips dong gmn caranya biar bisa dapet job review..hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu tulisan saya selanjutnya yah :)
      akan saya kupas tuntas di blog ini

      Delete
  4. Ini nih gw butuh banget. Cara dapetin jobnya gimana ya? Tulis lebih jauh dong. Kadang banyak banget orang yang niat pengen reviwe tapi gatau jalannya kemana.

    Lagi ngadain giveaway nih. Nyok ikutan. Detailnya ada di blog gw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan saya tulis di artikel selanjutnya
      iya, emang banyak banget yang kayak gitu, hehe :D
      makanya sering main ke blog ini, biar tahu rahasianya
      iya, nanti aku main ke sana

      Delete
  5. Iya mas, Saya dulu juga sempat mengandalkan job review untuk produk luar. ternyata capek juga menulis dan harus sesaui dengan keinginan pemilik produk. Sekarang ya pake adsense saja. Untuk blog Indoensia saya membuatnya menjadi Pemasangan Advertorial dan sobizz. Yah hampir sama saja dengan job review. Hanya saja materi dari pemasang iklan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouwh, saya juga seperti itu
      saya juga mendapatkan placement content, selain dari job review

      Delete
  6. mas,,, share dunk,, bagaimana agar bisa dapat job review dan bagaimna menulis ala job review.. :)

    ReplyDelete
  7. Kepingin rutin dapat Job review deh. Kasih tips nya mas

    sekalian blogwalking biar dapat backlink seperti tips di atas
    :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya tulis mas di entri selanjutnya :)
      silakan dinikmati, hehe

      Delete
  8. Wah kak, dibantu dong bagaimana caranya dapetin job review. Aku udah ngeblog 3 tahun, sampai sekarang belum rejekinya, masih saja belum dapet job review :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 ngeblog saya juga gitu kug
      dapet job review mulai tahun kemarin

      Delete
  9. sebenarnya lebih besaran mana ya hasilnya dari review dibandingkan di pasang periklanan seperti google adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya, lebih besar dari job review
      mungkin untuk blogger lainnya lebih besar Google AdSense

      Delete
  10. Saya web aja blm TLD... hehe...

    Siap bookmark blog nya buat bocoran cara dapet job review yg banyak. Ditunggu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan, saya sudah tulis cara dapat job review-nya

      Delete
  11. DA saya sudah 15.. semoga bisa segera 20 dalam waktu dekat ini ^^
    makasih banget mba sharingnya..
    sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. Nah, iya tuh...saya juga pingin tahu...gimana caranya dapat job ripiu, Om...heheee. DA aku alhamdulillah nyentuh angka 20 ke atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya tulis di entri selanjutnya mbak
      silakan dibaca :)

      Delete

  13. Saat ini saya lebih fokus ke SEO blog aja dulu min, untuk pemasukan mungkin bisa diharapkan dari iklan PPC.

    ReplyDelete
  14. whaaaa mas share dong gmn caranya biar bisa dapet job review..huhuu
    kerenlah mas, keknya perlu jadi muridnya mastah rivew nih hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya share mas
      silakan baca di entri selanjutnya

      Delete
  15. terimakasih sharenya... semoga saya yang pemula ini bisa belajar banyak dari blog ini :)

    ReplyDelete
  16. mas, caranya meningkatkan DA itu gimana ya?pengen ikut tokopedia partnership

    ReplyDelete
  17. Wah, makasih banget infonya.. Mulai tahun lalu saya juga sering dapat job review.. Tapi sayang awal tahun ini kayanya DA saya turun lumayan banyak nech, ga tau juga kenapa..

    Semoga bisa balik lagi n kaya blog ini DAnya tinggi.. Semangat.. Salam kenal ya om, kalo ada info job review boleh donk di ajakin.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak, gabung aja di Facebook Groups: Job for Blogger

      Delete
  18. Saran saya sih coba bergabung di situs tanya jawab seperti selasar. Berikan jawaban-jawaban yang cerdas dan menusuk. Disitu banyak pegiat starup, nah kemungkinan besar akan menarik perhatian mereka sehingga mengunjungi blog Anda. Jika kualitas blog mumpuni, maka yakin dah mereka akan menghubungi Anda.

    ReplyDelete

Post a Comment