18 Apr 2017

Drama Domain Authority Blog Iskael

Beberapa hari yang lalu saya sempat membuat tulisan mengenai perjalanan skor domain authority blog Iskael ini yang anjlok ke angka 12. Mengapa bisa anjlok ke angka yang parah, padahal sebelumnya domain authority blog Iskael ini selalu di atas 20? Ya, beberapa penyebabnya adalah karena jarangnya saya blogwalking, terlalu banyak link ke luar, dan jarang update posting di blog.

Karena fenomena yang terjadi ini di blog saya, saya meminta ke istri saya agar jika dia blogwalking ke blog orang lain (teman-temannya) menyelipkan link www.iskael.com. Saya pun juga ikut meng-update artikel di blog ini sembari blogwalking di blog teman-teman lainnya. Alhasil, alhamdulillah setelah saya tunggu-tunggu MOZ akhirnya meng-update skor Domain Authority dan Iskael.com ini mendapat skor 22.


Senang sekali rasanya skor DA blog ini kembali di atas 20. Pasalnya jika DA di atas 20, maka kemungkinan mendapatkan job review atau placement content tinggi. Apalagi kebanyakan job review sekarang menggunakan patokan Domain Authority ini sejak tahun 2015 lalu setelah Google Page Rank hilang dari peredaran.

Awalnya saya mengira blog Iskael ini tahan banting dan skor DA-nya tidak akan turun dengan serangan job review yang masif. Namun, ternyata tumbang juga. Haha. Hal ini berawal dari saya lebih fokus cari uang dari kerja sambilan sebagai backlink builder di perusahaan SEO di Jakarta. Efeknya sudah gampang ditebak saya terlalu sibuk di pekerjaan sambilan itu sampai lupa menyirami backlink untuk blog-blog yang saya punya. Cukup banyak sih blog saya yang DA-nya drop gara-gara kesibukan ini.

Namun, semua memang ada waktunya. Saya akhirnya lepas dari pekerjaan sampingan tersebut karena mereka sedang fokus pada niche yang saya tidak mau mengerjakannya. Saya sempat curhat ke teman link builder yang sempat dikeluarkan terlebih dulu, kalau saya sudah tidak kerja lagi di sana. Dia bingung kenapa saya keluar. Akhirnya dia paham kalau saya kerja harus berdasarkan passion.

Dari kejadian itu, akhirnya saya punya banyak waktu untuk mengurusi blog saya lagi. Kemungkinan besar, blog Iskael dan blog-blog saya lainnya akan sering update. Tidak seperti 6 bulan yang lalu update isinya cuma job review. Hehe. Semoga saja waktu luang ini bisa menghasilkan hal-hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang dari jalan yang lain. Amin.

6 komentar:

  1. Saya baru bikin blog, DA nya baru 5, haha. belum sempat nyelem lebih jauh, cara naikin DA nya gimana ya versi iskael?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara naikin DA, banyakin nulis, banyakin blogwalking
      insyaAlloh DA naik bang

      Hapus
  2. DA ini lebih rumit daripada Pagerank dulu :D

    BalasHapus
  3. Hmm, kira-kira aku kapan yah DAnya jadi segitu. wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. nulis terus dan blogwalking
      insyaAlloh nyampe segitu dalam waktu 3 bulan

      Hapus