5 Sep 2015

Pengalaman Upgrade Lollipop Ponsel Lenovo A6000 Plus

Sebelumnya, saya sudah membahas mengenai penantian saya menunggu upgrade ke Lollipop resmi dari Lenovo. Antara percaya atau tidak, namun saya lebih memilih untuk optimis, meskipun di situsnya ditulis bahwa jadwal upgrade bisa berubah. Namun, ternyata jadwal upgrade dipenuhi, meskipun tidak di awal bulan, tanggal 3 September.

Perhatian: Jika kamu ingin bertanya, silakan kamu mengunjungi halaman ini. Kotak komentar artikel ini sudah saya tutup karena sudah mencapai 414 komentar. Hal ini saya lakukan karena saya kesulitan membalas komentar, karena harus scroll ke bawah terus untuk membalas komentarnya.

Di entri kali ini saya akan berbagi pengalaman meng-upgrade Lenovo A6000 Plus milik saya dari sistem operasi Kitkat ke Lollipop. Mengapa sih saya begitu ngotot banget upgrade ke Lollipop? Bukankah Kitkat saja sudah cukup? Tentu saja ada alasan yang melatarbelakangi saya untuk bersikeras upgrade ke Lollipop. Salah satu hal yang membuat saya ingin memakai Lollipop adalah agar saya bisa menjalankan aplikasi Screen Recorder di Android tanpa harus rooting. Berikut ini adalah informasi ponsel Lenovo A6000 Plus milik saya sebelum upgrade ke Lollipop.

Device Information Lenovo A6000 Plus

Pengalaman Upgrade Lenovo A6000 Plus ke Lollipop

Sebelum kamu memutuskan untuk upgrade Lenovo A6000 Plus kamu ke Lollipop, pastikan kamu mendapatkan koneksi internet yang prima, saya sarankan gunakan koneksi Wi-Fi. Kebetulan saya lagi berlibur ke Purwokerto, ke rumah kakak ipar saya yang menggunakan koneksi Wi-Fi dengan kecepatan 10Mbps. Jadi sangat cocok untuk upgrade sistem operasi.

Notifikasi Update

Dengan kecepatan seperti itu saja, saya harus menunggu sekitar 15 menit untuk menyelesaikan unduhan update sistem operasi. Selain itu, pastikan baterai ponsel kamu masih banyak. Jangan sampai baterai kamu habis di tengah-tengah proses instalasi file upgrade.

Proses Mengunduh Lollipop

Karena baterai ponsel saya waktu itu di bawah 50%, akhirnya saya putuskan untuk sambil melakukan pengisian baterai. Hal inilah nantinya yang menjadi salah satu penyebab ponsel saya mendadak panas setelah upgrade sistem operasi Lollipop. Meskipun ada beberapa penyebab lainnya.

Proses instalasi sistem operasi Lollipop agak memakan waktu lama sekitar 10 menit lebih. Setelah itu, kamu akan melihat banyak hal baru. Jika sebelumnya kamu sudah terbiasa dengan Vibe UI milik Lenovo yang bersistem operasi Kitkat, kini kamu akan dihadapkan dengan antarmuka yang sedikit berbeda milik Lollipop.

Sekilas Tampilan Lollipop Lenovo A6000 Plus

Setelah proses upgrade selesai, kamu akan dihadapkan dengan banyak error di layanan Google. Salah satu layanan yang error adalah Google Play Service.

Google Play Service Error

Error inilah yang membuat ponsel Lenovo saya mendadak panas, tidak seperti biasanya. Saya pun ketakutan karena ponsel sudah menunjukkan overheating. Bahkan, untuk mengetik SMS saja nge-lag. Untuk pindah window nge-lag. Layar tiba-tiba redup, tapi tidak mati. Di benak saya sudah terpikir untuk melakukan downgrade ke Kitkat kembali. Namun, karena waktu itu sudah hampir larut malam, akhirnya saya biarkan ponsel saya seperti itu saja.

Sambil rebahan tidur, saya pegang dan lihat ponsel saya, ponsel saya otomatis mengupdate beberapa aplikasi di Play Store seperti biasanya, update berkala. Hingga akhirnya giliran Google Play Service yang terupdate. Error yang muncul sebelumnya menghilang. Kemudian saya restart ponsel saya, lalu saya tinggal tidur.

Keesokan harinya, saya cukup kaget ternyata ponsel saya sudah tidak mengalami overheating lagi. Karena penasaran saya coba ketik SMS, lancar hasilnya. Saya buka game yang berat, lancar juga. Kemudian saya buka banyak aplikasi seperti biasanya, lancar juga. Hati saya langsung lega dan hilanglah rencana saya untuk downgrade ke Kitkat.

Lenovo A6000 Plus bersistem operasi Lollipop

Gambar di atas adalah device information setelah upgrade ke Lollipop. Setelah upgrade ke Lollipop, tema yang disediakan ada enam, sebelumnya hanya ada dua.

Tema yang disediakan

Setelah semuanya mulai stabil, saya pun melakukan kustomisasi tampilan sesuai dengan selera saya. Berikut ini adalah hasil tampilan kustomisasi yang saya lakukan.


Bagi kamu yang belum upgrade ke Lollipop, kamu bisa mencobanya. Tak perlu khawatir lagi karena saya sudah membuktikannya. Awalnya memang nge-lag, hal ini karena banyak aplikasi yang harus diupdate dan saat itu kondisi baterai ponsel saya sedang diisi. Namun, setelah semua berlalu, ponsel kamu akan berjalan lancar seperti biasanya. Selamat mencoba :)

Update 16 September 2015

Bagi kamu yang mengalami masalah kontak yang tidak sinkron dengan WhatsApp setelah upgrade ke Lollipop, saya sudah menulis solusinya tanpa harus melakukan factory reset pada artikel berikut.

Update 30 Desember 2015

Karena entri ini sudah banyak komentarnya (mencapai 414 komentar) dan saya kesulitan membalas komentar karena harus scroll ke bawah terlalu panjang, untuk kamu yang ingin bertanya bisa melalui entri terbaru ini.

418 komentar:

  1. Waaw... Keren sekali !

    HP saya tidak bisa di-upgrade. Muncul peringatan "your device has been modified".

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang hapemu mari mbok apakno gus?
      mbok root?

      Hapus
  2. Wuih bisa diapgred, ya. Kayaknya hape punyaku mah enggak deh. Jaduuul :D

    BalasHapus
  3. Setelah upgrade dr kitkat ke lollipop knp wechat gk tampil d menu ya...pdhl sdh saya cb wechat seblmnya dhapus dulu kmudian di download kembali hasil tetap sama.terpaksa saya buka melalui play store dan kemudian membukanya lwt app gantung dgn cr tombol sebelah kiri paling bawah yg ada di hp drendam kmudian klrlah app yg msh tdk tertutup dgn sempurnah.nah dr situ saya bukanya.pertanyaannya gmn caraanya spy wechat ada tampil di menu

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya geret satu aplikasi yang ada di menu untuk keluar
      setelah itu geret wechat-nya ke menu

      Hapus
    2. sama kaya gue sob, we chat ga muncul.. tp bagus mestinya ya.. kudu open lewat ps terus jadinya, jadi bini ga ngeliat :)
      jeleknya app bbm klo di close dari task manager, jadi kaya di force stop..

      Hapus
    3. Sama tuh,ad solusi ga biar bbm ga FC lagi klo di close dari task manager?

      Hapus
    4. ya jangan diclose BBM nya dari task manager :D
      hanya itu aja

      Hapus
  4. oowh mas iskandar saya baru ngerti ( jadi maluu 😳 )...saya baru baca postingan mas yang ttg pengalaman upgrade lollipop..tp lantas saya jadi kebat kebit sedih n panik ( lebay 😱 ).. soalnya saya sudah jalanin yg upgrde versi baru itu...tp saya ga ngeh kl itu proses upgrade jd lollipooop...oalaah...jadii setelah baca pengalaman mas itu saya cek data lenovo saya...koq masih kitkat ya? .di themenya jg msh 2 : pulse dan mirage punyanya kk..blm ada tampilan lollipop sm skali blaass...saya mau ulang upgrade ga bs...muncul pmbritahuan hp sy sdh versi baru gitu....haduuuh.....mas iskandar tolong bgt bantu solusinya ya..saya harus gmn...mksh mas iskandar (seperti yg saya kirim di message fb mas iskandar. d fb saya sertakan screenshotnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pya q juga kayak gtu mas tolong bantian.y mas

      Hapus
    2. Mas pya q kaya gtu mas tolong kasih tau jugak mas gimana solusi.y

      Hapus
    3. Gimana mas iskandar solusinya untuk yg tulisannya udah versi baru .tapi tetep kitkat dan gk bisa diupdate .tolong solusinya gan

      Hapus
    4. solusinya ya sabar nungguin mas frendi :)

      Hapus
  5. Lenovo a6000 plus ane juga kemarin udah upgrade. Sama awalnya kok susah. Lemot stlh upgrade. Google play service jg ada notif 'wrong architecture', app ini error app itu error. bingung. Yaudah ane diemin aja tu hp bbrpa wktu. Stlh sejam ane buka lg. Udah gak lemot. Lbh smooth dr sblm upgrade. Mgkn ni hp perlu adaptasi ma sistem operasi baru kali yak dlm hati. Tp yg msh da kendala kontak whatsapp ane gak muncul sprti biasa, hp jg msh panas. Ane cb cari2 cara gmn biar gak sprti ini. Ane nemu d google search katanya harus di-factoy reset. Bener gak si gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus di-factory reset
      tapi aku belum nyobain

      Hapus
    2. Untuk yang contact diwhatsapp, saya juga ga muncul, trus dapet info diforum memang di Factory Reset, dan saya sudah coba, Sukses kok, contactnya di WA muncul lagi seperti sedia kala, Btw, sebelum Factory Reset, jangan lupa diBack Up dulu contactnya

      Hapus
    3. kalo di factory reset apa ndak tambah ilang kontaknya gan??

      Hapus
    4. di factory reset apa tidak malah kembali ke Kit Kat ?

      Hapus
    5. Sama nih, ane jg ngalamin, watsap contact g muncul, fb g muncul di menu, restart hp udh tp ttp bgtu aja, klo di factory reset nanti OS nya ttp lollypop atau back to kitkat?

      Hapus
    6. setelah di-factory reset, tetap Lollipop

      untuk masalah WA, bisa baca di sini

      Hapus
  6. Ya betul seperti itu, tapi setelah upgrade..whatsapp saya jd tidak memiliki kontak, kalau ada yang ngirim pesan ke WA hanya muncul nomer tanpa nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, aku juga mengalami hal yang sama :D

      Hapus
    2. Saya, juga mengalami yang demikian, apa ada solusinya?

      Hapus
    3. punya saya juga..

      sudah ada yg punya solusinya kah??

      Hapus
    4. Nah kalo itu solusinya apa yaaa?

      Hapus
    5. Sy jg mengalaminya, bbrp kali reinstal hasil tetap nihil

      Hapus
    6. sama bang. ane jga gitu. ponsel jdi panas dll..... solusinya dunk om,.... terimakasih

      Hapus
    7. http://menginfokan.blogspot.com/2015/09/agar-kontak-whatsapp-tampil-di-lenovo.html

      Coba Link ini Bos, sy coba, whats App sy kembali normal

      Hapus
  7. Nice post gan (y) minta kunbalnya sekalian (y)

    BalasHapus
  8. Hal yg agan" ungkapkan saya juga sama mengalami itu.. Awalnya kaget mau rubah versi lagi... Tapi lama kelamaan normal lagi... Cuma ada yg di sayangkan.. Kinerja camera menjadi menurun.. Udah di sett jga.. Barangkali ada yg punya solusi supaya kinerja camera balik lagi ke awal..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kamera aku belum ngecek
      sekilas sih sama aja :D

      Hapus
    2. Hahahahaha....
      Settingan jga brubah gan... Coba di cek!

      Hapus
    3. Iya nih lbih suka camera yg versi lama

      Hapus
    4. Iya lebih suka camera versi lama

      Hapus
    5. Iya lebih suka camera versi lama

      Hapus
    6. Iya nih lbih suka camera yg versi lama

      Hapus
  9. Pake android lollipop makan banyak ram gak terus apa gak bikin boros baterai??

    Oh iya HP saya pernah saya root apa bisa saya upgrade lewat online

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak nih, sama aja
      kalo udah di-root kayaknya ga bisa upgrade resmi deh

      Hapus
    2. Yaaa di UNROOT dulu,soale milik ane habis root

      Hapus
  10. aku suka tampilan terbarunya terang gitu

    BalasHapus
  11. Ea ea ea.. Sama nih gan ane juga wasapnya ga ada kontaknya.. Padahal settingan sinkron dan permission udah semua.. Dan anehnya.. Setiap saya call kontak yg saya sudah save.. Di log panggilanya gak ada namanya, hanya nomor yg tertera.. Padahal nomor yg ane call udah ane save di kontak.. Dan gak terjadi doble kontak.. Ini lah curhatan ane.. Kesimpulan ane si bukan dr wasapnya.. Tapi dr kontaknya.. #salamcurhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayaknya sih emang dari kontaknya yang bermasalah
      soalnya penyelesaiannya harus factory reset

      Hapus
    2. idem banget nih masalahnya. ada yang udah nyoba factory reset kah? klo di reset, aplikasi tambahan atau data ada yang ilang ga ya?

      Hapus
    3. Klo udh di factory reset apa smua normal kembali? Ada yg udh coba?

      Hapus
    4. @pradina: udah nyoba, datanya ya pasti hilang
      sebelum itu ya lakukan backup dahulu

      @indra: tetap masih Lollipop, aku udah coba

      daripada factory reset, mending lakukan cara yang lebih aman, baca di sini

      Hapus
  12. punya gue yg versi 8gb, malah gagal upgrade..
    knapa ya, pdhalinternet lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 8GB kan A6000 (tanpa plus)
      setahuku jadwalnya september juga
      tapi kemarin sempat chat sama yang punya A6000 emang belum bisa upgrade ke lollipop

      Hapus
    2. Mas tau cara root nya ga..

      Hapus
    3. internetku juga lancar.....krn penasaran akhirnya pake data internetku...sialnya makan 1GB T_T...tp akhirnya berhasil skrg

      Hapus
    4. Ane lancar gan, cuma fitur di bagian camera jadi error

      Hapus
    5. Ane lancar gan
      Ane pake A6000 (tanpa plus) tp kontak di whastapp jd ilang

      Hapus
    6. @fachry: emang, upgrade-nya gede banget :D

      @dizzy: untuk kontak WA yang hilang, bisa baca solusinya di sini

      Hapus
    7. A6000 sudah bisa di upgrede ke lolipop

      Hapus
  13. apa sudah ada yg coba factory reset setelah upgrade??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, saya udah mencoba :)
      setelah di-factory reset tetap menggunakan Lollipop, tidak kembali ke Kitkat
      namun, ga perlu factory reset untuk memunculkan kontak WA
      baca caranya di sini

      Hapus
  14. Mas Iskandar aku mau nnya nih cara masuk ke factory reset kayak gimana ya, bisa tolong dijelasin ga step step nya
    Itu pas nge-reset nya apa udah gak ada yang error atau pas lagi error mas?
    tq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah factory reset udah ga error lagi kug
      cuma mas ga perlu factory reset, cara yang lebih aman udah ditemukan
      baca artikelnya di sini

      Hapus
  15. Mau upgrade ke lolipop jadi binggung,,, ternyata masih banyak bugs nya....

    BalasHapus
  16. Ada solusi tidak untuk menampilkan kontak WA setelah upgrade Lollipop.... Thx

    BalasHapus
  17. Om stlh ane upgrade ke loli kok background music bbrp game ane gk kluar suaranya ya ? Ap ad solusi ? Thx b4. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah?
      solusinya adalah update aplikasinya

      Hapus
  18. Kelebihannya apa lollipop sama kitket?? Perasaan sama aja malah sth ke lollipop malah byk apk yg ngaco.tmplianpun kurang bgus

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya adalah lollipop bisa screen recorder tanpa harus di-root
      kalo masalah tampilan itu bisa diatur sendiri, pake launcher

      Hapus
  19. Kontak wa kok ga muncul, ada solusi?

    BalasHapus
  20. Lenovo a6000 udah bisa upgrade kok, kmarin tgl 6 rilis nya, tapi masalah yg terjadi sama, kontak whatsapp gak nongol, sama shortcut fb juga ilang padahal aplikasi fb nya ada, mohon bantuannya donk ini harus gmn?? Soalnya fb sm whatsapp sama2 aplikasi penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo punyaku tinggal d hapus aja fbnya... DW lagi di play store... WA tnggal perbaharui aja.. Semua yg gk fungsi tnggal perbaharui di play store...

      Hapus
    2. Reset aja dulu...ntar instal lg

      Hapus
    3. soal whatsapp, ga perlu factory reset
      mbak bisa liat solusinya di sini

      Hapus
  21. A6000 udah rilis tgl 6 kemarin tp kontak whatsapp gak nongol, shortcut fb juga ilang pdhl aplikasi nya ada, gimana donk ini?

    BalasHapus
  22. Bang Iskandar,punya ane baru Lenovo A6000 (Tanpa ++) kemaren upgrade langsung bisa.
    Cuman Ya itu problem WA sama kayak bang Isnen.
    Apa selain factory reset belum ada solusi laen?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl WA tinggal hapus trs dwonlod lg.. Setting no hp nya yg bener pasti tar fungsi lg seperti biasanya.. Soalnya punya saya juga gt sebelumnya..

      Hapus
    2. Punya saya malah rotasi otomatisnya ga fungsi. Apa ada solusinya gan

      Hapus
    3. Kl WA tinggal hapus trs dwonlod lg.. Setting no hp nya yg bener pasti tar fungsi lg seperti biasanya.. Soalnya punya saya juga gt sebelumnya..

      Hapus
  23. kang, punya sy setelah di upgrade ke lollipop, fitur timer pada kamera depan hilang. Padahal sblm di upgrade, fitur timernya masih ada.
    Saya jg nenakai Lenovi a6000 plus.
    Mohon pencerahannya 😟

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tidak ada timer di kamera depan
      solusinya saya pake Google Camera

      Hapus
  24. tolong info,tidak ada maslah sama sekali,cuman kontak wa ilang semua,padahal kntak telah di save tmsih saja kontak wa kosong

    BalasHapus
  25. saya sudah upgrade A6000 ke lollipop, kontak di whatsapp saya hilang. apakah harus di factory reset? Apakah cara tersebut berhasil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk masalah milik aneane.emang sih awalnya kontak WA ilang tapi setelah factory reset balek semua

      Hapus
    2. tidak perlu factory reset
      baca caranya di sini gan

      Hapus
  26. permasalahannya sama seperti yang anda alami mas, cma untuk google play servisnya masi belum bisa update. jadinya belum bisa maksimal d sistim yg baru ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus diupdate dulu itu biar stabil

      Hapus
  27. Wah.. Artikel yg menarik gan..
    Ane juga pengguna a6000+ , tapi ane takut upgrade. Soalnya dulu punya s820 waktu abis upgade malah kacau... Mana abis baca artikel ini, ada yg wa nya gak bisa baca kontak.. Baterai panas..

    Ini aja hp ane, klo agak panas tiba" mati. Pdhl hp bru sebulan juga gan. Lain" sih puas pake hp ini.

    Jadi masih belum berani upgrade. Hehee..

    Tengkiu sharingnya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah

      ada solusinya kok gan buat munculin kontak WA, cek aja di sini

      Hapus
  28. saya juga sama udah upgrade ke lollipop tp maslahnya icon bbm di notofikasi sering hilang kalau aplikasi bbm di task manager dibuang gimana caranya memunculkan icon bbm lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas,sprti nya itu sistem nya lolipop

      Hapus
    2. ya tinggal dibuka aja BBM nya
      kalo buang lewat task manager itu benar2 menutup BBM

      Hapus
  29. A6000 sdh bs upgrade gan, to masalah sama, whatapp TDK bs baca contact, gmn nih nyelesaikannya gan? Help :'(

    BalasHapus
  30. Ane juga bermasalah dg kontak whatsapp gan. Malah kontak di hp jd double nih. Ada solusi gan?

    BalasHapus
  31. klo di factory reset itu ,balik lgi ke kitkat / gak? ,ad yg udah nyoba

    BalasHapus
  32. Setelah upgrade lollipop. Kenapa fitur kunci layar face unlock tidak ada lagi di seting -keamanan.
    Coba cek. Fiturnya menghilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah ga ada lagi :D
      padahal itu salah satu fitur favorit saya

      Hapus
  33. Mas.. Kemaren hp sy udah diupgrade ke lolipop tp kok muncul pemberitahuan ini ya "google play service jg ada notif 'wrong architecture', app ini error app itu error." minta sarannya mas buat ilangin itu..teims..

    BalasHapus
  34. Td udah sy upgrade yp kok muncul "Gogle play service jg ada notif 'wrong architecture', app ini error app itu error. " minta infonya mas buat ilangin pemberitauan itu? Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mengalami hal itu
      solusinya adalah update aplikasi Google Play Service nya melalui Play Store

      Hapus
  35. Trs solusi buat kontak wa yg kagak mncul gmn bang ? Secara srg bgt pake apl wa

    BalasHapus
  36. Apa masih belum ada solusi masalah layanan google ya.. Factory reset.beresiko gak gan??

    BalasHapus
  37. Gan klo yang A6k yang original engga bisa yah, klo gagal resiko ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, punyaku juga original
      kalo gagal, paling resikonya download lagi

      Hapus
  38. Untuk a6000 udh bisa update..mpe 3 x update sampe q fac reset..kendala mgkn cm pada aplikasi WA ga da kontaknya sama sekali, kontak namanya dobel2 semua..mohon bantuannya..

    BalasHapus
  39. Gan kan hp saya lenovo a6000 ya udh ada notif untuk diupgrade kelolipop cuma pas udah selesai diupgrade malah masih kaya awal ga ada bedanya. Itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti update doang, bukan upgrade yang terjadi pada agan

      Hapus
  40. Haha.. Sama neh, kemarin baru dapet upgrade nya... ane juga kaget waktu abis selesai, jadi lemot luar biasa.. Malah sempet hard reset canut battery.. Temen udah manas2in aja suruh downgrade ke kitkat.... 1 hari lewat, uda ga separah kemarin, tapi tetep kerasa aga berat drpada kitkat... Battery lebih boros, ama nama di whatsapp hilang... >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kontak whatsapp ilang, cara benerinnya ada di sini

      Hapus
  41. Saya jg sudah upgrade ke lolipop. Tapi kendalanya di kontak gan, padahal nomornya sudah disimpan di kontak, tapi setiap ada yg nelp, kontaknya ngga tampil. Cuman nomornya doang gan.. Ada yg ngalamin jg ngga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan... Kalo mau tampil rincian kontaknya tinggal kik tanda panah d sebelah kanan... Memang di log gak ada rincian nama dll...

      Hapus
  42. Cara factory reset giamna gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bagian Setting gan
      tapi ga usah factory reset, udah ada cara yang lebih mudah, baca di sini

      Hapus
  43. Downgrade lenovo a6000 lolipop ke kitkat bgmna caranya bang? Ty. Alasanya bwt nge game fav ane agak nge lag. Ty

    BalasHapus
  44. Coba deh mas diliat di fitur cameranya, fitur camera yg di miliki oleh system lolipop lebih sedikit dibanding yg kitkat. Seperti video time lapse hilang, kenapa bisa gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul
      soalnya Vibe UI itu udah dicustomize
      beda sama Lollipop yang kesannya masih murni

      Hapus
  45. Trus gmn solusinya kontak whatssApp tidak bisa muncul gan

    BalasHapus
  46. Kenapa setelah diupgrade lollipop kontak WhatsApp jadi hilang? Cara ngembaliinnya gimana? Thx

    BalasHapus
  47. Gan ane mau tanya nih...waktu sebelum upgrade masih bisa buka file .rar langsung dr file manager tanpa aplikasi..knapa skrg ko jd ga bisa buka file .rar langsung? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo ini saya belum pernah ngetes gan :)
      setahu saya file manager bawaan Lenovo nya emang sudah dilengkapi dengan itu, beda banget sama file manager nya Lollipop

      Hapus
  48. Kok Lenovo A6000 Plus saya belum bisa upgrade ke Lolipop yah.? Mohon bimbingan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin belum dapat giliran, sabar aja yah gan
      lagian kalo diupgrade juga banyak bug yang menyeramkan :D

      Hapus
  49. Gan kenapa punya saya belum bisa upgrade ke lolipop yah @A6000 Plus

    BalasHapus
  50. Bagi yang kontak WA ilang,tolong untuk backup kontak,kemudian di aplikasi kontak dan kontak storage di force close,kemudian di kontak semua di delete,setelah itu restore kontak yang telah di backup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi intinya di back up dlu semua kontak, trs hapus kontak, trs restore lg?

      Yakin bisa??? Kmarin udh coba ttp gak bisa, OS aneh lolipop. !!!

      Hapus
    2. yakin bisa,saya sndri uda nyoba..sebelum di rrestore app contact dan contact storage di setting di force close dlu

      Hapus
    3. ga pake backup atau factory reset juga bisa kug
      caranya sudah aku tulis di artikel terbaru saya, silakan kunjungi artikelnya di sini

      Hapus
  51. Oh iya,ad forum di fb..(OFFICIAL INDONESIA) Lenove A6000 INA,silahkan gabung

    BalasHapus
  52. Wah baru baca ini, saya sudah upgrade ke lollipop (A6000 nggak plus), belum explore banyak tapi kayaknya sama saja......malah baterei jadi boros karena penggunaan mediserver yang berlebihan dan hp jadi panas banget. Nyerah utak atik agar tidak boros dan panas akhirnya fac reset (hati2 backup dulu, karena semua download dan data hilang) dan kembali ke kitkat...sekarang ama kembali....notifikasi update masih ada...tapi blm saya gubris....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bisa balik ke kitkat stlh di fac reset?

      Hapus
    2. tidak bisa kembali ke kitkat walau factory reset

      Hapus
  53. Info buat agan" semua....
    Gak usah di reset yg udah d upgrade ke lolipop... Cz gk bsa balik lagi ke kitkat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih bisa klo masukin k garansian lenovo

      Hapus
    2. emang, di-reset factory tetep pake Lollipop kug :D

      Hapus
  54. Agan2 skalian ada yg ngalamin kejadian serupa dngan saya nggak,mohon sharing...
    Problem nya begini : stelah ada upgrade A6000+ lolipop,saya upgrade sprti biasa dan brjalan normal, dan mngalami yg sprti agan2 alami (lag, panas,google wrong architecture,wa no name dsb) stelah bbrp saat mmg normal, tp yg saya heran knp jd sering restart2?udah factory reset hingga 2x msh sering restart. Apalagi kentara nya saat pindahin sim dr sim 1 k sim 2 bgtu jg sbalik nya (data 4g/3g g bs d pindah k sim 2) restart hmpir 3x bru jalan normal. Mohon bantuan kalau ada solusi nya sebelum saya masukan k garansian utk minta downgrade. Bisa lwt JAPRI lewat bbm. Monggo d add bbm sya klo ada yg pnya solusi,thanks before.
    Pin bb : 58543CBC

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gitu gan
      tapi setelah restart, balik semua kug
      kalo pindahin SIM, oke2 saja kug pak
      udah saya coba

      Hapus
  55. Hp saya setelah di upgrade ke lolipop kamera nya memang makin jernih. Tapi kamera depan saya jd aneh. Saya foto beda sm hasilnya. Sebelum saya foto terang tetapi setelah diklik gambar nya menjadi hitam, kdng terang bgt. Sebelum di upgrade ke lolipop kamera saya baik2 saja. Gambar dan hasil ga ada bedanya. Kok sekarang jd beda ya.saya udah setting kamera tp ttp saja begitu. Gmn gan ada yg tau ga knp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu saya belum pernah mengalami
      kamera saya baik2 saja setelah diupgrade ke Lollipop

      Hapus
  56. numpang tanyak gan , alamat forumnya apa ya gan ..... ?

    BalasHapus
  57. punya saya setelah di upgrade ke lollipop whatsapp nya malah gk ngetedek kontak yang ada di phone book.... gmna ya,,,

    BalasHapus
  58. Untuk yang masalah WA tidak ada kontak setelah upgrade lasg di factory reset..setelah itu instal ulang WA..di back up ato tidak kontak akan kembali seperti semula..untuk kontak memang masih dobel2 belum tau caranya gmn ngaturnya..la sekarang masalah saya malah ikon kamera hilang d menu utama, gantinya malah chrome nya ada 2. Jadi klo pengen pake kamera kudu kunci hape dl baru bisa kamera..mohon solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah WA, saya tulis solusinya di sini

      kalo ikon kamera hilang, tinggal geret aja dari list aplikasi ke menu utama

      Hapus
  59. Gan caranya downgrade ke kitkat lg gmn ya caranya soalnya lenovo A6000 saya buat game kelas berat seperti W.o.T (World of Tank) tampilan gambarnya jd ngelag dan macet macet.. Tolong solusinya ya gan biar tidak ngelag lagi... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo downgrade saya tidak tahu caranya gan
      mungkin harus di-root, tapi hilang garansi
      kalo mau tetep ada garansi harus ke service center-nya

      kalo ngelag dan macet itu biasanya cuma awal saja gan
      setelah agan update banyak aplikasi di hape agan, lalu restart
      ga akan ngelag lagi, saya uda nyoba

      ada game berat juga, namanya DomiNations, ga ngelag kug di Lollipop

      Hapus
  60. Bro a6000+ saya knp gabisa ya di up ke lollipop, selalu gagal, kalo boleh tau kira2 situ brp mb downloadnya, kan ada keterangan tu dibawah sblm upgrade, kalo saya (24M) responnya tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran download-nya gede banget gan
      usahakan pas upgrade pake Wi-Fi, jangan pake paket data, bisa bangkrut
      24 M itu cuma fatamorgana :D
      faktanya lebih dari itu

      Hapus
  61. Punya saya kok enggak ada upgrade ke lollipop ya gan dari system update? Solusinya gimana gan tolong banget dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya adalah bersabar mas :)
      setahu saya sudah banyak yang dapet upgrade-nya kug

      Hapus
  62. Saya punya 6000+ setelah di upgrade kameranya gak ada timernya lagi...aplikasi music bawaan gak bisa di buka...aplikasi camera 360 gak bisa di gunakan....tapi aplikasi whatsapp gak masalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi kamera emang timernya ga ada untuk yang kamera depan
      tapi untuk yang kamera belakang ada kug :)
      untuk aplikasi yang seperti camera 360 dll, harus diupdate dulu baru bisa digunakan

      Hapus
  63. punya saya kenapa ngelek banget gak bisa di sentuh habis di perbarui mohon solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya awalnya juga mengalami hal seperti itu
      solusinya adalah biarkan saja update aplikasi dengan sendirinya, usahakan tetap konek ke internet dan baterai tidak lobet
      besoknya kalo udah selesai update semua, restart hapenya
      insyaAlloh ga bakal lemot lagi

      Hapus
  64. Om yang Ana kok kraft-a6000-s_S015_150819
    Itu lolipop bukan :3

    BalasHapus
  65. saya juga kontak whatsapp tidak terbaca. pliss solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya bisa mbak lihat di artikel saya yang ini, klik di sini

      Hapus
  66. Gan klo pernah di root ..bisa gak upgrade ke lollipop ..
    Caranya gmnh ?? Manual kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya ga bisa
      kalo mau upgrade ya manual, nungguin ROM yang Lollipop

      Hapus
  67. Gan punya ane kan udah muncul untk upgrade tpi stlh download d tengah tngah gagal krena koneksi putus stlh mw d upgtade lgi pmbritahuan udh up todate pdhal d status msh 4.4.4 mhon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya tidak tahu kalo untuk ini :)
      tunggu saja beberapa bulan kedepan, biasanya ada update lagi

      Hapus
  68. gan punya saya kenapa ya. log pangilannya cuma nomor aja yg muncul, tanpa nama.
    jadi kalo kita melakukan panggilan keluar/panggilan masuk/panggilan tak terjawab gak ada keterangan nama kontak, yg muncul cuma nomor saja.?????????????padahal no itu udah saya save
    tolong di bantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, emang kayak gitu awal kali setelah upgrade
      cara balikinnya adalah unsync-sync contact gmail dan whatsapp
      lalu restart hapenya sambil konek ke internet
      lakukan restart berkali-kali

      Hapus
  69. gan, kalau hp saya setelah ku upgrade ke lolipop kok kadang layar tiba2 redup sediri itu gmana? tolong bantuannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo redup-redup sendiri itu biasanya terjadi awal kali upgrade ke Lollipop
      setelah restart beberapa kali, kembali normal kug

      Hapus
  70. hp saya berhasil di up gan tpi kok cpat panas ya bagian dekat tulisan kameranya ad solusi ngak gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. update aplikasi Google Play Service nya setelah itu restart, nanti ga panas lagi

      Hapus
  71. Setelah di upgrade, fitur kameranya ko berubah ya? Untuk kamera depan jadi tdk ada fitur HDR Dan timernya? Solusi agar fitur trsbt ada lagi gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya berubah
      agar bisa balik lagi ya dibalikin ke service center-nya
      kalo di-root sendiri, garansinya bisa hilang

      Hapus
  72. hp saya udah saya upgrade tapi kok last version nya yang S015 ya? dan stlh saya upgrade masih kitkat??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih kitkat, berarti gagal upgrade

      Hapus
  73. Kebetulan pengalaman saya sm, lenovo a6000 plus milik saya sdh saya upgrade menjadi lolipop, memang betul respon nya lbh cepat. Tp yang di sayangkn dari hasil kamera nya menjadi minus, dan kamera depan pun tdk bs pakai timer,jd tdk bs berslfie ria. Malah saya ingin mendowngrade nya, tp sy tdk tahu bgaimana cara ny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara downgrade-nya harus ke service centernya mas

      Hapus
  74. Kebetulan pengalaman saya sm, lenovo a6000 plus milik saya sdh saya upgrade menjadi lolipop, memang betul respon nya lbh cepat. Tp yang di sayangkn dari hasil kamera nya menjadi minus, dan kamera depan pun tdk bs pakai timer,jd tdk bs berslfie ria. Malah saya ingin mendowngrade nya, tp sy tdk tahu bgaimana cara ny.

    BalasHapus
  75. mas, katanya a6000 tanggal 6 sep ya???, tapi kok punya saya belum dapet ya???, setiap cek update selalu Latest version katanya... gimana dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kalo belum dapat mas
      soalnya yang uda dapat malah pengen balik :D

      Hapus
  76. Saya juga sudah upgrade ke lollipop

    BalasHapus
  77. Hallo gan...
    Coba agan testimoni facebook di update atau di uninstal terus instal lg....
    Kecewa berat ane up ke lolipop....
    Andaisaja waktu bisa di putar kembali.....
    Ra bakal tak up lolipop....
    Bug kpan di beneri iki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sih ga kecewa banget gan
      soalnya ada yang saya cari di lollipop

      Hapus
  78. maap gan, trus seumpama ane kecewa dengan lollipop, mo balik ke Kitkat, caranya bagemana..? Mohon pencerahannya, Trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya di-root trus dipasang ROM yang Kitkat
      kalo ga bisa sendiri, ya kasih ke service center-nya

      Hapus
  79. Ane sukses pake cara yg terahir. Makasi om tutorialny. Sempet mw downgrade gara gara kontak whatsapp ga ad.

    BalasHapus
Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia