19 Agt 2015

10 Fase Seorang Blogger (Bagian 3)

Untuk mendapatkan pemahaman yang utuh, saya sarankan kamu membaca bagian sebelumnya di 10 Fase Seorang Blogger (Bagian 2).

8. Fase Membayar Penulis

Fase berikutnya adalah membayar penulis. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini terjadi karena kamu sudah kualahan untuk menangani blog kamu yang banyak. Saya pun juga pernah melakukannya, membayar penulis untuk mengisi konten blog saya.

Untuk mendapatkan penghasilan yang banyak, tentu saja selain bermain kualitas, kamu juga harus bermain dalam ranah kuantitas. Semakin banyak blog kamu, maka umumnya akan semakin banyak kemungkinan kamu mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Ibarat memancing ikan, maka tidak mungkin ikan bisa tertarik jika umpannya adalah batu. Ada biaya untuk mendapatkan penghasilan.

9. Fase Memperdalam Ilmu Ngeblog


Semakin kamu mendalami seluk beluk ngeblog, maka kamu akan semakin haus akan ilmu dunia blog. Kamu akan mempelajari hal-hal lain yang ternyata juga memperngaruhi trafik blog maupun penghasilan. Banyak sekali blogger-blogger pemula yang putus asa karena mereka berpikir bahwa blog tidak harus memiliki ilmu. Padahal jika dihitung, banyak sekali ilmu yang bersinggungan dengan blog.

Untuk membuat template sendiri, kamu harus bisa coding HTML, CSS, dan JavaScript. Untuk desainnya kamu setidaknya harus belajar Photoshop, Inkscape, dan sejenisnya. Untuk meningkatkan trafik, kamu juga harus memahami seluk beluk SEO dan social marketing. Masih banyak ilmu lainnya yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan kualitas ngeblog kamu. Semakin berkualitas dirimu, maka semakin mahal hargamu #lebay.

10. Fase Banyak Promosi

Fase terakhir adalah banyak promosi. Setelah kamu mengalami 9 fase tersebut, maka kamu akan beranjak kepada optimasi promosi. Kamu akan lebih sering melakukan branding terhadap blog-blog yang kamu buat. Konten dan lainnya, semua sudah ditangani oleh orang yang kamu bayar. Kamu hanya cukup menganalisis apa yang terjadi ketika kamu membuat status promosi di media sosial.

Fase ini belum saya alami karena memang blog-blog saya masih perlu perhatian saya karena saya belum mampu membayar banyak penulis atau menemukan penulis yang cocok. Beberapa bulan yang lalu saya sudah menemukan penulis yang pas. Tulisannya bagus dan natural. Dan yang terpenting adalah harga tulisannya terjangkau. Namun, sejak Agustus 2015 ini dia sudah sibuk dengan aktivitasnya dan tidak bisa membantu saya lagi. Mungkin kamu yang membaca artikel ini dan punya kemampuan menulis yang bagus, kamu bisa hubungi saya di email hai(at)iskael(dot)com dengan subjek "Tawaran Penulis".

Itulah sepuluh fase yang mungkin dialami oleh kebayakan blogger yang ada saat ini. Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, kuncinya adalah sabar, tekun, dan tidak malas belajar. Mengapa tidak boleh malas belajar? Karena dunia blog selalu berkembang. Ilmu SEO tahun lalu belum tentu bisa diterapkan di tahun ini.

Setidaknya dengan mengetahui fase-fase tersebut, kamu bisa lebih semangat lagi untuk ngeblog. Karena bisa jadi kamu tinggal langkah sedikit lagi untuk bisa menghasilkan banyak uang dari ngeblog. Yuk semangat ngeblog!

2 komentar:

  1. aku pingin oba adsense, belum sempet aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mbak
      setahuku daftarnya cuma sebentar aja kok
      ga butuh banyak waktu

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia