13 Jan 2015

Pengalaman Mendaftar Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit

Sejak dulu saya ingin mendaftar menjadi Google Play Developer Console. Hanya saja dulu tersandung dengan tidak punya kartu kredit. Namun, alhamdulillah sekarang saya sudah berhasil menjadi developer di Play Store tanpa kartu kredit. Hal ini sangat tidak aneh, karena sekarang sudah ada fitur Virtual Card Number (VCN) milik BNI. Dengan VCN, kamu tidak perlu lagi kartu kredit untuk bisa membayar biaya pendaftaran Google Play Developer Console.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini saya ulas dengan gambar langkah-langkahnya mulai dari mendaftar rekening baru BNI, mengaktifkan fitur VCN, hingga berhasil menjadi developer di Play Store. Baca dengan seksama yah, biar tidak ada yang terlewat.

***

Download juga game Android Tebak Gambar Terbaru. Seru, cocok buat kamu yang jago bernalar dan bermain tebak-tebakan. Ini adalah salah satu game hasil bikinan Iskael setelah mendaftar Google Play Developer Console.

Download Game The New Tebak Gambar

Dengan bermain game The New Tebak Gambar ini, tunjukkan pada teman-temanmu bahwa kamu lebih cerdas dari mereka dalam hal tebakan. Penasaran? Download game The New Tebak Gambar di sini.

***

Mengaktifkan Fitur VCN BNI

Jika kamu sudah mempunyai kartu ATM BNI, coba cek apakah kartu ATM BNI milikmu berlogo MasterCard. Jika tidak, maka kamu harus meng-upgrade atau membuka rekening BNI lagi. Hal yang saya lakukan adalah membuka rekening lagi. Kartu ATM BNI saya tidak memiliki logo MasterCard karena masih menggunakan Tahapan Mahasiswa.

Yang bawah berlogo MasterCard

Untuk membuka rekening, kamu membutuhkan setoran awal Rp250.000,00. Namun, untuk kasus ini setoran awal baiknya Rp500.000,00. Karena nanti akan digunakan untuk VCN dalam mendaftar Google Play Developer Console sebesar US$ 25.

Kemudian pergilah ke Bank BNI terdekat lalu tujulah Customer Service (CS). Setelah itu utarakan bahwa kamu akan membuka rekening Taplus BNI. Jangan lupa, aktifkan juga fitur Internet Banking dan SMS Banking. SMS Banking ini gunanya untuk mengaktifkan fitur VCN.

Pengalaman saya dua kali bertemu dengan CS BNI, keduanya tidak paham apa itu VCN. Saya juga heran mengapa CS masih belum tahu ada fitur VCN pada BNI. Saya sarankan, saat kamu membuka rekening, minta pada CS untuk mengaktifkan SMS Banking pada level transaksi finansial. Umumnya, ketika menngaktifkan SMS Banking hanya pada fitur transaksi nonfinansial.

Pengalaman saya SMS Banking yang saya minta ternyata hanya sampai pada level transaksi nonfinansial. Saya harus menghubungi Call Center BNI lagi melalui telepon di nomor 021-500046. Agak menyebalkan karena menghabiskan pulsa 8 ribu. Dan yang menyebalkan lagi, saya harus telepon lagi besoknya karena fitur VCN belum aktif. Pengalaman saya buka rekening Hari Senin, fitur VCN baru aktif Hari Kamis, itupun dengan telepon ke Call Center.

Request Nominal VCN

Setelah fitur VCN kamu aktif, kamu bisa request VCN dengan mengetik SMS seperti di bawah ini lalu kirim ke nomor 3346.

Req VCN 400000

Saya sengaja menggunakan nominal 400000 agar tidak gagal saat membayar di Google Play Developer Console.

Jangan takut saldo kamu akan terpotong Rp400.000,00 karena VCN hanya mengurangi biaya yang sebenarnya. Sisanya akan dikembalikan ke rekening kamu lagi.

Setelah kamu request VCN, kamu akan mendapat SMS balasan berupa instruksi untuk memasukkan 2 angka PIN kamu. Setelah itu baru akan dibalas dengan SMS nomor VCN, valid date, dan CVC2.

Jika VCN kamu benar-benar diterima oleh pihak Google, saldo kamu akan terpotong sebesar US$ 25 yang dikonversikan dalam bentuk rupiah. Dalam kasus saya, saya terkena Rp322.766,00 untuk US$ 25. Cukup mahal, jika dihitung per dollar-nya kena hampir Rp13.000,00.

Bukti VCN hanya terpotong nominal pembayaran

Mendaftar Google Play Developer Console

Setelah kamu mendapatkan SMS balasan, segera daftar Google Play Developer Console. Hal ini karena VCN yang kamu request hanya berlaku dalam waktu 1 jam saja. Untuk mendaftar Google Play Developer Console, kamu bisa mengunjungi tautan ini: https://play.google.com/apps/publish/signup/.

Google Play Developer Console

Setelah itu klik "Continue to payment" dan masukkan data kamu dan data request VCN yang kamu dapatkan. Ikuti saja alur yang diberikan oleh Google. Setelah selesai, kamu akan menerima email yang berisi status pembayaran kamu. Biasanya statusnya adalah "Pending". Dalam kasus saya, dalam 6 jam, status pembayaran saya sudah berubah menjadi "Complete".

Bukti Pembayaran berstatus "Complete"

Dalam masa pending ini kamu bisa mengunggah aplikasi Android buatan kamu. Hanya saja tidak bisa langsung dipublikasi. Setelah pembayaran sukses diterima Google dan kamu melengkapi persyaratan publikasi aplikasi, aplikasi kamu bisa muncul di Google Play dalam waktu sekitar 5 jam. Hal ini karena melalui proses seleksi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dari pengalaman saya ini bisa disimpulkan bahwa masih bisa menggunakan VCN BNI untuk mendaftar Google Play Developer Console di tahun 2015. Saya pernah membaca di sebuah forum bahwa ada member yang mengatakan bahwa dia gagal mendaftar menggunakan VCN. Entah apa yang membuatnya gagal. Yang jelas, saya berhasil hingga detik ini.

Saya sempat ragu apakah masih bisa mendaftar menggunakan VCN karena saya tanya teman saya juga gagal mendaftar menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Teman saya pun akhirnya sampai mendaftar kartu kredit untuk bisa menjadi developer di Google Play.

Saya juga sempat tanya kepada penjual VCC, penjual mengingatkan saya akan hal ini. Saya tidak bisa membayangkan jika harus menggunakan kartu kredit karena saya malas menggunakan kartu kredit. Di lain sisi kartu kredit memang memudahkan, namun di sisi lain juga membahayakan kondisi finansial jika tidak bijak menggunakannya.

Semoga pengalaman yang saya bagi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar Google Play Developer Console tanpa menggunakan kartu kredit. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan tinggalkan komentar kamu di bawah ini. Selamat pagi :)

101 komentar:

  1. nyimak dulu bro.. masih gakmudeng

    BalasHapus
  2. mau nanya gan, apa mendaftar kartu kredit ada minimum gaji per bulan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya ga tahu
      saya ga pernah daftar kartu kredit mas

      Hapus
    2. tergantung bank nya , tapi kaya nya sih sama semu
      di tempat temen ane minimal gaji 5 juta.
      harus ngelampirin slip gaji

      Hapus
  3. misi gan mau nanya,
    BNI masih bisa kan fitur VCCnya?

    BalasHapus
  4. gan...misal nih...daftar pake vcn tp sayangnya gagal spt cerita agan soal member di sebuah forum tsb...itu saldonya hangus ato balik lagi ke rekening....

    BalasHapus
  5. Wah..mantab ini Om sharenya, kebetulan suami juga kayaknya agak bingung dengan masalah ini :D, aplikasinya jadi nganggur deh,. tak simpen ya om, Trimakasih banyak :D

    BalasHapus
  6. Ane punya kartu BNI ada logo master cardnya sih, jadi tinggal ikutin step-step diatas, ane cuma takut gagal, cuman kata komentar Agan diatas, saldo bakal balik lagi, Coba dulu deh...Trims tutornya gan Iskandar :)

    BalasHapus
  7. menarik sekali share pengalamanya,,,, d share juga cara bikin gamesnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cara bikin game-nya panjang
      males nulisnya :D

      Hapus
  8. Saya juga sering menggunakan VCN BNI, untuk beli buku dan aplikasi di Google Play. Transaksi VCN biasanya gagal karena :
    1. input datanya keliru, atau
    2. nilai request-nya terlalu mepet dengan pembayaran yang akan dilakukan.

    Biasanya ane tambah minimal 30% dari nilai pembayaran (mis. 100,000 > request 130,000). Kalau gagal bayar, request vcn lagi saja dengan nilai request lebih besar, terus melakukan pembayaran lagi, biasanya berhasil.

    Thx B-) {yayan-srby}.

    BalasHapus
  9. kira" klo bayar fee nya pake top up saldo google wallet bisa ga yah

    BalasHapus
  10. trims infonya gan, sangat membantu

    BalasHapus
  11. Gan bsa ga pake kartu debit Daftarny? Soalny ane kaga punya kartu kredit gan. Tolong respon n bales ya gan. Ni pnting bnget buat ane.. makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa
      coba baca ulang
      saya juga pake kartu debit kug :)

      Hapus
  12. Sekarang kan bisa jual apps ni gan , kalo apps yg kita jual laku, hasilnya masuk kemana gan, google walet atau langsung ke rekening bank , atau musti WD dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu aku ga tahu
      aku ga jualan apps di sana :D
      aku cuma dapetin duit dari iklan yang ada di game-ku

      Hapus
    2. itu duit dari iklan masuk kemana gan?

      Hapus
    3. masuk ke akun AdMob yang bisa di-withdraw via Western Union

      Hapus
  13. gan share sistem fee nya dong dri google play.. btw agan pnghasilan dri game nya dpet brapa nihh
    . kepo dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sekitar $10-an
      udah 4 bulan itu :D
      maklum lah, belum aku urusi lagi

      Hapus
    2. maaf gan mau tanya kalo cara dapetin uang dari iklan prosedurnya gimana ya? thanks

      Hapus
    3. daftar AdMob dulu, nanti tinggal ngikutin arahan dari AdMob-nya

      Hapus
  14. pnghasilan dri game brapa gan klo boleh tau

    BalasHapus
  15. gan,, kok ane gagal mulu daftarnya pke VCN, perasaan ngisi datanya udah benar smua kok,, ada pemberitahuan pembayaran ter-cancelled.. kira2 yang salah apanya ya :( atau sekarang udah gk berlaku pke VCN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode yang didapatkan dalam VCN itu hanya bertahan beberapa jam
      jadi kalo kamu daftarnya kelamaan, kodenya udah invalid
      jadi ga bisa masuk ke pembayarannya Google
      bisa juga karena jumlah yang kamu request kurang
      coba lagi saja, toh nyoba lagi juga ga ngurangin saldo

      Hapus
    2. ini masalahnya gan, pas udah dpet sms dri bank (nmor vcn, valid trhu cvc2) ane langsung ngisi form trus ane submit. nahh ntar ada email masuk, perihal proses pembayaran tdi. selang berapa lama ada sms masuk klo saldo ane terpotong 10rb (ane kira udah berhasil) nahh saat2 disini ane tunggu tau2nya ada email masuk klo pmbyaran ane di cancelled ma pihak google dan ada sms msuk lg klo saldo anda bertambah 10rb. truss pihak google minta spy ane lakukan verifikasi google wallet ane.. (semacam ngisi form dgn upload scan2an ktp, ma kartu yg digunakan). nahh sampai dsitu buat balik ke form pembayaran $25 udah gk bisa..terkecuali buat email baru lg baru bisa kebuka..

      mohon pencerahannya gan :( :( :(

      Hapus
    3. kemungkinan akun gmail kamu menggunakan nama yang tidak sama dengan VCN nya, jadi harus setor scan KTP
      kalo kasusku sih, nama gmail dan VCN sama, dan ga ada request scan KTP atau semisalnya

      coba aja kamu bikin akun gmail yang namanya sama dengan akun VCN kamu, semoga berhasil

      Hapus
    4. Min,, ane mw lapor :) status payment ane dah complete... ternyata setelah ane samain akun gmail ma identitas akun ane di bank, its working :v

      (sebelumnya ane ke bank dulu ngecek data asli ane yg terekam sama apa kgk ma ktp ane,, ternyata eehh ternyata CSnya yang salah input data ane waktu pertama ane buka rekening, nama sih sesuai tpi alamat ane salah ketik alias typo -_-' betul2 dah tuh CS. akhirnya ane suruh print out aja data ane dri situ selengkap2nya)

      nahh salinan ini yg ane pke daftar baru gmail,, trus lanjutin ke registrasi akun developer dan gk butuh waktu lama status pmbayaran ane sukses :)

      jadi pembelajaran baru lg buat ane min, klo buka rekening musti ati2..
      makasih yah min atas saran2nya, :) :)

      Hapus
    5. baguslah kalo udah berhasil :)

      Hapus
  16. Pembayaran Pake Pulsa bisa ngk yah .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja
      tapi setahuku ga bisa sih :D

      Hapus
  17. itu notifikasi di terimanya berapa lama gan? soalnya ane jg baru daftar ini ikutin langkah yg di atas.. modah mudahan berhasil

    BalasHapus
  18. berapa lama sih berhasil diterimanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih 8 jam an aku cek, ternyata udah berhasil

      Hapus
  19. Sudah memasukan vcn bni tetapi, masalah teknis terus ya gan, ga bisa mendaftar :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih
      yang lainnya lancar2 aja kug om

      Hapus
  20. min, sekarang masih rek BNI masih bisa pake VCN? selain BNI ada lagi ga min bank yang bisa VCN untuk daftar di Play Store

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kug
      ga ada, setahuku cuma BNI aja

      Hapus
  21. terima kasih infonya...menarik...meski saya belum mencoba antara pakai VCN atau VCC..soalnya saya juga belum punya rek BNI.

    BalasHapus
  22. thanks innfonya gan,itu klo udah daftar apa ada pilihan misal kita mau milih yg publish game ato apk yg lain ya??
    salam

    BalasHapus
  23. Kenapa ya upload apk d playstore pemberitahuanya aplikasi suspend..

    BalasHapus
  24. tutorial membuat gamenya di jadiin video donk gan ..

    BalasHapus
  25. Terima kasih artikelnya.
    Ini share pengalaman saja:

    Kemarin siang buat rekening BNI sekalian ngomong mau dipake untuk Debit Online, jadi langsung diaktifkan SMS Banking untuk VCN.
    Langsung setelah itu request VCN terus daftar. Awalnya gagal order tapi lupa keterangannya (kelihatannya masalah koneksi), coba lagi sukses dengan status Pending, tinggal nunggu.
    3 jam kemudian ada email kalau transaksinya ditahan dan disuruh update info pembayarannya.
    Saya request VCN lagi 450rb (sebelumnya cuman 400rb), dan update payment method-nya. Kemudian verifikasi perubahan melalui link yang diberikan di email terakhir.
    Pagi ini saya cek ternyata sudeah COMPLETED statusnya.

    Google
    2015 Sep 23 14:38
    Pembelian online
    US$25.00
    Status Selesai

    Sep 23 »
    Transaksi diposkan untuk US$25,00.
    GOOGLE *Google Play akan muncul di laporan mutasi penagihan Anda.

    Sep 23 »
    Anda memperbarui pembayaran untuk pembelian ini dari MasterCard-6827 menjadi MASTERCARD-8441.

    Sep 23 »
    MasterCard-6827 Anda ditolak untuk pembelian ini.

    Google Play
    Developer Registration Fee US$25.00
    Tax US$0.00
    Total US$25.00

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aplikasi yang diupload berbayar, bayaran nya diterusin kemana?

      Hapus
  26. harus dicoba nih..mkasih artikelnya sangat bermanfaat gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..barusan ane coba berhasil...buat tman2 yang lain silakan daftar. Yg penting SMS banking udah jalan pasti bisa

      Hapus
  27. Selain BNI ada Bank lain yang bisa ga yah? Bank Mandir atau BCA bisa ga yah?

    BalasHapus
  28. 1. Min mau tanya,. Masa berlaku akun ini apa selamanya, atau pertahun?
    2. Seandainya saya bikin aplikasi berbayar nanti fee masuk ke rekening BNI tadi atau bikin wallet/vcc baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. selamanya

      2. ga tahu, mungkin masuk ke Google Wallet
      atau mungkin bisa dicairkan lewat rekening bank atau WU

      Hapus
  29. jadi uang hasil download appnya dikirim ke mana?

    BalasHapus
  30. Sudah ga bisa lagi gan tutorial ini... Mohon diupdate agar tidak membingungkan bagi yg baru baca. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah? masa sih?
      kalo diupdate tentu saja saya tidak bisa, saya hanya menceritakan pengalaman saya
      lah masa saya harus daftar google play developer lagi :D
      kan sia2

      Hapus
  31. Min kok sy gk bisa daftar pake VCN ya? udah coba 3 x tp slalu muncul kartu kredit tidak valid. Salah dimana ya min? Mohon petunjuk temen2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan tidak valid adalah karena kamu kelamaan
      VCN ini valid sampe 2 jam doang, kalo kamu kelamaan dalam proses pendaftaran bisa tidak valid
      yang lainnya juga mengalami hal yang sama

      Hapus
    2. Nominalnya kurang mungkin? Sya masih bisa transaksi pake VCN

      Hapus
    3. nah, itu dia
      bisa jadi nominal yang dianggarkan kurang :D
      kan masih banyak kemungkinan mengapa gagal

      Hapus
  32. thx min artikelnya..,ane gak punya atm BNI ato kredit card yg lain,,klo ane minta tolong jasa pembayarannya ke agan,,jadi kena berapa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 600 ribu gan
      itu pun kalo agan mau, hehe :)
      agan transfer dulu ke ane 600 ribu
      kalo ternyata gagal daftar karena ditolak sama Google, saya akan kembalikan 600 ribu nya

      Hapus
  33. Kurang menantang gan, naikkin dikit. Misalnya kalo gagal karena ditolak Google, agan kembalikan 1juta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, ini jualan mau untung gan :P
      bukan malah mau rugi, haha

      Hapus
  34. gan..
    1. pas mau daftar VCN-nya bisa langsung bilang sama CS-nya ??
    2. kalo mau daftar VCN lewat sms banking, bisa (kasus CS-nya gak paham VCN ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. bisa
      2. bisa, kalo ga paham, tinggal agan jelasin

      Hapus
  35. min, kalau minta tolong jasa pembaarannya apa bisa? berapa min tarinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, 600 ribu
      kalo agan mau, email ane ke admin(at)intikali(dot)org

      Hapus
  36. oke gan nanti saya email, soalnya sya gk punya BNI, jadi nanti bisa minta tolon agan aja, ada garansinya kan kalau gak bisa :D?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah gan, kalo ga bisa, uang saya kembalikan

      Hapus
  37. saya sudah berhasil daftar developer via VCN...mencoba untuk daftar google wallet tapi disitu ada isian credit card statement name itu diisi apa ya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tinggal diisi aja sesuai yang di VCN

      Hapus
  38. saya daftar pake kartu kredit dari mandiri karena sambil kerja jadi saya terlambat merespons email untuk verivikasi karu kredit saya, sampai ada email dari google kalo pmebelian saya dibatatkan namun link untuk verivikasi masih ada, saya coba verivikasi dengan uplod dokumen yg diminta. apakah pembelian saya akan berhasil sob? thanks

    BalasHapus
  39. sudah suskes mas,,makasih cuma ada lagi masalah akun saya di cari di palystore gak muncul begitu juga aplikasi yang sudah saya upload. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ga langsung muncul
      harus menunggu verifikasi dari pihak Google

      Hapus
  40. Gan maksudnya harus sama akun google dan vcnnya tuh apa ya?
    Mastikan aja klo gagal uang kembali ya?

    BalasHapus
  41. Mau tanya gan VCN hanya berlaku sejam tapi kok proses registrasi sampe 6 jam gimana cerita?

    BalasHapus
  42. Terima kasih tutorialnya...Kebetulan saya sdg fokus membuat majalah digital. Sy coba buka rekening dulu..jika sukses saya update deh..Thanks Admin..Stay Young Stay Success!

    BalasHapus
  43. Apakah masih berhasil?
    Apa ada yang mencoba januari ini dan berhasil?

    BalasHapus
  44. Untuk pay per download berapa ya per apk yg di download?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada bayaran bang
      adanya nanti di apk nya dikasih iklan
      nah baru dapat duit kalo ada yang klik

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia