Featured Post

Pengalaman Mendaftar Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit

Sejak dulu saya ingin mendaftar menjadi Google Play Developer Console. Hanya saja dulu tersandung dengan tidak punya kartu kredit. Namun, alhamdulillah sekarang saya sudah berhasil menjadi developer di Play Store tanpa kartu kredit. Hal ini sangat tidak aneh, karena sekarang sudah ada fitur Virtual Card Number (VCN) milik BNI. Dengan VCN, kamu tidak perlu lagi kartu kredit untuk bisa membayar biaya pendaftaran Google Play Developer Console.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini saya ulas dengan gambar langkah-langkahnya mulai dari mendaftar rekening baru BNI, mengaktifkan fitur VCN, hingga berhasil menjadi developer di Play Store. Baca dengan seksama yah, biar tidak ada yang terlewat.

***

Download juga game Android Tebak Gambar Terbaru. Seru, cocok buat kamu yang jago bernalar dan bermain tebak-tebakan. Ini adalah salah satu game hasil bikinan Iskael setelah mendaftar Google Play Developer Console.

Download Game The New Tebak Gambar

Dengan bermain game The New Tebak Gambar ini, tunjukkan pada teman-temanmu bahwa kamu lebih cerdas dari mereka dalam hal tebakan. Penasaran? Download game The New Tebak Gambar di sini.

***

Mengaktifkan Fitur VCN BNI

Jika kamu sudah mempunyai kartu ATM BNI, coba cek apakah kartu ATM BNI milikmu berlogo MasterCard. Jika tidak, maka kamu harus meng-upgrade atau membuka rekening BNI lagi. Hal yang saya lakukan adalah membuka rekening lagi. Kartu ATM BNI saya tidak memiliki logo MasterCard karena masih menggunakan Tahapan Mahasiswa.

Yang bawah berlogo MasterCard

Untuk membuka rekening, kamu membutuhkan setoran awal Rp250.000,00. Namun, untuk kasus ini setoran awal baiknya Rp500.000,00. Karena nanti akan digunakan untuk VCN dalam mendaftar Google Play Developer Console sebesar US$ 25.

Kemudian pergilah ke Bank BNI terdekat lalu tujulah Customer Service (CS). Setelah itu utarakan bahwa kamu akan membuka rekening Taplus BNI. Jangan lupa, aktifkan juga fitur Internet Banking dan SMS Banking. SMS Banking ini gunanya untuk mengaktifkan fitur VCN.

Pengalaman saya dua kali bertemu dengan CS BNI, keduanya tidak paham apa itu VCN. Saya juga heran mengapa CS masih belum tahu ada fitur VCN pada BNI. Saya sarankan, saat kamu membuka rekening, minta pada CS untuk mengaktifkan SMS Banking pada level transaksi finansial. Umumnya, ketika menngaktifkan SMS Banking hanya pada fitur transaksi nonfinansial.

Pengalaman saya SMS Banking yang saya minta ternyata hanya sampai pada level transaksi nonfinansial. Saya harus menghubungi Call Center BNI lagi melalui telepon di nomor 021-500046. Agak menyebalkan karena menghabiskan pulsa 8 ribu. Dan yang menyebalkan lagi, saya harus telepon lagi besoknya karena fitur VCN belum aktif. Pengalaman saya buka rekening Hari Senin, fitur VCN baru aktif Hari Kamis, itupun dengan telepon ke Call Center.

Request Nominal VCN

Setelah fitur VCN kamu aktif, kamu bisa request VCN dengan mengetik SMS seperti di bawah ini lalu kirim ke nomor 3346.

Req VCN 400000

Saya sengaja menggunakan nominal 400000 agar tidak gagal saat membayar di Google Play Developer Console.

Jangan takut saldo kamu akan terpotong Rp400.000,00 karena VCN hanya mengurangi biaya yang sebenarnya. Sisanya akan dikembalikan ke rekening kamu lagi.

Setelah kamu request VCN, kamu akan mendapat SMS balasan berupa instruksi untuk memasukkan 2 angka PIN kamu. Setelah itu baru akan dibalas dengan SMS nomor VCN, valid date, dan CVC2.

Jika VCN kamu benar-benar diterima oleh pihak Google, saldo kamu akan terpotong sebesar US$ 25 yang dikonversikan dalam bentuk rupiah. Dalam kasus saya, saya terkena Rp322.766,00 untuk US$ 25. Cukup mahal, jika dihitung per dollar-nya kena hampir Rp13.000,00.

Bukti VCN hanya terpotong nominal pembayaran

Mendaftar Google Play Developer Console

Setelah kamu mendapatkan SMS balasan, segera daftar Google Play Developer Console. Hal ini karena VCN yang kamu request hanya berlaku dalam waktu 1 jam saja. Untuk mendaftar Google Play Developer Console, kamu bisa mengunjungi tautan ini: https://play.google.com/apps/publish/signup/.

Google Play Developer Console

Setelah itu klik "Continue to payment" dan masukkan data kamu dan data request VCN yang kamu dapatkan. Ikuti saja alur yang diberikan oleh Google. Setelah selesai, kamu akan menerima email yang berisi status pembayaran kamu. Biasanya statusnya adalah "Pending". Dalam kasus saya, dalam 6 jam, status pembayaran saya sudah berubah menjadi "Complete".

Bukti Pembayaran berstatus "Complete"

Dalam masa pending ini kamu bisa mengunggah aplikasi Android buatan kamu. Hanya saja tidak bisa langsung dipublikasi. Setelah pembayaran sukses diterima Google dan kamu melengkapi persyaratan publikasi aplikasi, aplikasi kamu bisa muncul di Google Play dalam waktu sekitar 5 jam. Hal ini karena melalui proses seleksi terlebih dahulu.

Game Matematika Seru dari Iskael Lab

Oh ya, kamu juga bisa cobain salah satu game buatanku ini. Game-nya mudah banget mainnya, cuma ga yakin kamu bisa nyelesaiin semua levelnya.


Kesimpulan

Dari pengalaman saya ini bisa disimpulkan bahwa masih bisa menggunakan VCN BNI untuk mendaftar Google Play Developer Console di tahun 2015. Saya pernah membaca di sebuah forum bahwa ada member yang mengatakan bahwa dia gagal mendaftar menggunakan VCN. Entah apa yang membuatnya gagal. Yang jelas, saya berhasil hingga detik ini.

Saya sempat ragu apakah masih bisa mendaftar menggunakan VCN karena saya tanya teman saya juga gagal mendaftar menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Teman saya pun akhirnya sampai mendaftar kartu kredit untuk bisa menjadi developer di Google Play.

Saya juga sempat tanya kepada penjual VCC, penjual mengingatkan saya akan hal ini. Saya tidak bisa membayangkan jika harus menggunakan kartu kredit karena saya malas menggunakan kartu kredit. Di lain sisi kartu kredit memang memudahkan, namun di sisi lain juga membahayakan kondisi finansial jika tidak bijak menggunakannya.

Semoga pengalaman yang saya bagi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar Google Play Developer Console tanpa menggunakan kartu kredit. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan tinggalkan komentar kamu di bawah ini. Selamat pagi :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. nyimak dulu bro.. masih gakmudeng

    ReplyDelete
  2. mau nanya gan, apa mendaftar kartu kredit ada minimum gaji per bulan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya ga tahu
      saya ga pernah daftar kartu kredit mas

      Delete
    2. tergantung bank nya , tapi kaya nya sih sama semu
      di tempat temen ane minimal gaji 5 juta.
      harus ngelampirin slip gaji

      Delete
  3. misi gan mau nanya,
    BNI masih bisa kan fitur VCCnya?

    ReplyDelete
  4. gan...misal nih...daftar pake vcn tp sayangnya gagal spt cerita agan soal member di sebuah forum tsb...itu saldonya hangus ato balik lagi ke rekening....

    ReplyDelete
  5. Wah..mantab ini Om sharenya, kebetulan suami juga kayaknya agak bingung dengan masalah ini :D, aplikasinya jadi nganggur deh,. tak simpen ya om, Trimakasih banyak :D

    ReplyDelete
  6. Ane punya kartu BNI ada logo master cardnya sih, jadi tinggal ikutin step-step diatas, ane cuma takut gagal, cuman kata komentar Agan diatas, saldo bakal balik lagi, Coba dulu deh...Trims tutornya gan Iskandar :)

    ReplyDelete
  7. menarik sekali share pengalamanya,,,, d share juga cara bikin gamesnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cara bikin game-nya panjang
      males nulisnya :D

      Delete
  8. Saya juga sering menggunakan VCN BNI, untuk beli buku dan aplikasi di Google Play. Transaksi VCN biasanya gagal karena :
    1. input datanya keliru, atau
    2. nilai request-nya terlalu mepet dengan pembayaran yang akan dilakukan.

    Biasanya ane tambah minimal 30% dari nilai pembayaran (mis. 100,000 > request 130,000). Kalau gagal bayar, request vcn lagi saja dengan nilai request lebih besar, terus melakukan pembayaran lagi, biasanya berhasil.

    Thx B-) {yayan-srby}.

    ReplyDelete
  9. kira" klo bayar fee nya pake top up saldo google wallet bisa ga yah

    ReplyDelete
  10. trims infonya gan, sangat membantu

    ReplyDelete
  11. Gan bsa ga pake kartu debit Daftarny? Soalny ane kaga punya kartu kredit gan. Tolong respon n bales ya gan. Ni pnting bnget buat ane.. makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa
      coba baca ulang
      saya juga pake kartu debit kug :)

      Delete
  12. Sekarang kan bisa jual apps ni gan , kalo apps yg kita jual laku, hasilnya masuk kemana gan, google walet atau langsung ke rekening bank , atau musti WD dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu aku ga tahu
      aku ga jualan apps di sana :D
      aku cuma dapetin duit dari iklan yang ada di game-ku

      Delete
    2. itu duit dari iklan masuk kemana gan?

      Delete
    3. masuk ke akun AdMob yang bisa di-withdraw via Western Union

      Delete
  13. gan share sistem fee nya dong dri google play.. btw agan pnghasilan dri game nya dpet brapa nihh
    . kepo dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sekitar $10-an
      udah 4 bulan itu :D
      maklum lah, belum aku urusi lagi

      Delete
    2. maaf gan mau tanya kalo cara dapetin uang dari iklan prosedurnya gimana ya? thanks

      Delete
    3. daftar AdMob dulu, nanti tinggal ngikutin arahan dari AdMob-nya

      Delete
  14. pnghasilan dri game brapa gan klo boleh tau

    ReplyDelete
  15. gan,, kok ane gagal mulu daftarnya pke VCN, perasaan ngisi datanya udah benar smua kok,, ada pemberitahuan pembayaran ter-cancelled.. kira2 yang salah apanya ya :( atau sekarang udah gk berlaku pke VCN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode yang didapatkan dalam VCN itu hanya bertahan beberapa jam
      jadi kalo kamu daftarnya kelamaan, kodenya udah invalid
      jadi ga bisa masuk ke pembayarannya Google
      bisa juga karena jumlah yang kamu request kurang
      coba lagi saja, toh nyoba lagi juga ga ngurangin saldo

      Delete
    2. ini masalahnya gan, pas udah dpet sms dri bank (nmor vcn, valid trhu cvc2) ane langsung ngisi form trus ane submit. nahh ntar ada email masuk, perihal proses pembayaran tdi. selang berapa lama ada sms masuk klo saldo ane terpotong 10rb (ane kira udah berhasil) nahh saat2 disini ane tunggu tau2nya ada email masuk klo pmbyaran ane di cancelled ma pihak google dan ada sms msuk lg klo saldo anda bertambah 10rb. truss pihak google minta spy ane lakukan verifikasi google wallet ane.. (semacam ngisi form dgn upload scan2an ktp, ma kartu yg digunakan). nahh sampai dsitu buat balik ke form pembayaran $25 udah gk bisa..terkecuali buat email baru lg baru bisa kebuka..

      mohon pencerahannya gan :( :( :(

      Delete
    3. kemungkinan akun gmail kamu menggunakan nama yang tidak sama dengan VCN nya, jadi harus setor scan KTP
      kalo kasusku sih, nama gmail dan VCN sama, dan ga ada request scan KTP atau semisalnya

      coba aja kamu bikin akun gmail yang namanya sama dengan akun VCN kamu, semoga berhasil

      Delete
    4. Min,, ane mw lapor :) status payment ane dah complete... ternyata setelah ane samain akun gmail ma identitas akun ane di bank, its working :v

      (sebelumnya ane ke bank dulu ngecek data asli ane yg terekam sama apa kgk ma ktp ane,, ternyata eehh ternyata CSnya yang salah input data ane waktu pertama ane buka rekening, nama sih sesuai tpi alamat ane salah ketik alias typo -_-' betul2 dah tuh CS. akhirnya ane suruh print out aja data ane dri situ selengkap2nya)

      nahh salinan ini yg ane pke daftar baru gmail,, trus lanjutin ke registrasi akun developer dan gk butuh waktu lama status pmbayaran ane sukses :)

      jadi pembelajaran baru lg buat ane min, klo buka rekening musti ati2..
      makasih yah min atas saran2nya, :) :)

      Delete
    5. baguslah kalo udah berhasil :)

      Delete
  16. Pembayaran Pake Pulsa bisa ngk yah .. :)

    ReplyDelete
  17. itu notifikasi di terimanya berapa lama gan? soalnya ane jg baru daftar ini ikutin langkah yg di atas.. modah mudahan berhasil

    ReplyDelete
  18. berapa lama sih berhasil diterimanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih 8 jam an aku cek, ternyata udah berhasil

      Delete
  19. Sudah memasukan vcn bni tetapi, masalah teknis terus ya gan, ga bisa mendaftar :(

    ReplyDelete
  20. min, sekarang masih rek BNI masih bisa pake VCN? selain BNI ada lagi ga min bank yang bisa VCN untuk daftar di Play Store

    ReplyDelete
  21. terima kasih infonya...menarik...meski saya belum mencoba antara pakai VCN atau VCC..soalnya saya juga belum punya rek BNI.

    ReplyDelete
  22. thanks innfonya gan,itu klo udah daftar apa ada pilihan misal kita mau milih yg publish game ato apk yg lain ya??
    salam

    ReplyDelete
  23. Kenapa ya upload apk d playstore pemberitahuanya aplikasi suspend..

    ReplyDelete
  24. tutorial membuat gamenya di jadiin video donk gan ..

    ReplyDelete
  25. Terima kasih artikelnya.
    Ini share pengalaman saja:

    Kemarin siang buat rekening BNI sekalian ngomong mau dipake untuk Debit Online, jadi langsung diaktifkan SMS Banking untuk VCN.
    Langsung setelah itu request VCN terus daftar. Awalnya gagal order tapi lupa keterangannya (kelihatannya masalah koneksi), coba lagi sukses dengan status Pending, tinggal nunggu.
    3 jam kemudian ada email kalau transaksinya ditahan dan disuruh update info pembayarannya.
    Saya request VCN lagi 450rb (sebelumnya cuman 400rb), dan update payment method-nya. Kemudian verifikasi perubahan melalui link yang diberikan di email terakhir.
    Pagi ini saya cek ternyata sudeah COMPLETED statusnya.

    Google
    2015 Sep 23 14:38
    Pembelian online
    US$25.00
    Status Selesai

    Sep 23 »
    Transaksi diposkan untuk US$25,00.
    GOOGLE *Google Play akan muncul di laporan mutasi penagihan Anda.

    Sep 23 »
    Anda memperbarui pembayaran untuk pembelian ini dari MasterCard-6827 menjadi MASTERCARD-8441.

    Sep 23 »
    MasterCard-6827 Anda ditolak untuk pembelian ini.

    Google Play
    Developer Registration Fee US$25.00
    Tax US$0.00
    Total US$25.00

    ReplyDelete
  26. harus dicoba nih..mkasih artikelnya sangat bermanfaat gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..barusan ane coba berhasil...buat tman2 yang lain silakan daftar. Yg penting SMS banking udah jalan pasti bisa

      Delete
  27. Selain BNI ada Bank lain yang bisa ga yah? Bank Mandir atau BCA bisa ga yah?

    ReplyDelete
  28. 1. Min mau tanya,. Masa berlaku akun ini apa selamanya, atau pertahun?
    2. Seandainya saya bikin aplikasi berbayar nanti fee masuk ke rekening BNI tadi atau bikin wallet/vcc baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. selamanya

      2. ga tahu, mungkin masuk ke Google Wallet
      atau mungkin bisa dicairkan lewat rekening bank atau WU

      Delete
    2. Kalau untuk dapat menerima payment dari Google atas aplikasi yang kita buat syaratnya apa harus punya credit card ya?

      Delete
    3. kalo nerima payment, cukup punya rekening bank lokal Indonesia aja
      misal BCA, BNI, atau Mandiri

      Delete
  29. jadi uang hasil download appnya dikirim ke mana?

    ReplyDelete
  30. Sudah ga bisa lagi gan tutorial ini... Mohon diupdate agar tidak membingungkan bagi yg baru baca. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yah? masa sih?
      kalo diupdate tentu saja saya tidak bisa, saya hanya menceritakan pengalaman saya
      lah masa saya harus daftar google play developer lagi :D
      kan sia2

      Delete
  31. Min kok sy gk bisa daftar pake VCN ya? udah coba 3 x tp slalu muncul kartu kredit tidak valid. Salah dimana ya min? Mohon petunjuk temen2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tidak valid adalah karena kamu kelamaan
      VCN ini valid sampe 2 jam doang, kalo kamu kelamaan dalam proses pendaftaran bisa tidak valid
      yang lainnya juga mengalami hal yang sama

      Delete
    2. Nominalnya kurang mungkin? Sya masih bisa transaksi pake VCN

      Delete
    3. nah, itu dia
      bisa jadi nominal yang dianggarkan kurang :D
      kan masih banyak kemungkinan mengapa gagal

      Delete
  32. thx min artikelnya..,ane gak punya atm BNI ato kredit card yg lain,,klo ane minta tolong jasa pembayarannya ke agan,,jadi kena berapa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 600 ribu gan
      itu pun kalo agan mau, hehe :)
      agan transfer dulu ke ane 600 ribu
      kalo ternyata gagal daftar karena ditolak sama Google, saya akan kembalikan 600 ribu nya

      Delete
  33. Kurang menantang gan, naikkin dikit. Misalnya kalo gagal karena ditolak Google, agan kembalikan 1juta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekeke, ini jualan mau untung gan :P
      bukan malah mau rugi, haha

      Delete
  34. gan..
    1. pas mau daftar VCN-nya bisa langsung bilang sama CS-nya ??
    2. kalo mau daftar VCN lewat sms banking, bisa (kasus CS-nya gak paham VCN ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bisa
      2. bisa, kalo ga paham, tinggal agan jelasin

      Delete
  35. min, kalau minta tolong jasa pembaarannya apa bisa? berapa min tarinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, 600 ribu
      kalo agan mau, email ane ke admin(at)intikali(dot)org

      Delete
  36. oke gan nanti saya email, soalnya sya gk punya BNI, jadi nanti bisa minta tolon agan aja, ada garansinya kan kalau gak bisa :D?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah gan, kalo ga bisa, uang saya kembalikan

      Delete
  37. saya sudah berhasil daftar developer via VCN...mencoba untuk daftar google wallet tapi disitu ada isian credit card statement name itu diisi apa ya? trims

    ReplyDelete
  38. saya daftar pake kartu kredit dari mandiri karena sambil kerja jadi saya terlambat merespons email untuk verivikasi karu kredit saya, sampai ada email dari google kalo pmebelian saya dibatatkan namun link untuk verivikasi masih ada, saya coba verivikasi dengan uplod dokumen yg diminta. apakah pembelian saya akan berhasil sob? thanks

    ReplyDelete
  39. sudah suskes mas,,makasih cuma ada lagi masalah akun saya di cari di palystore gak muncul begitu juga aplikasi yang sudah saya upload. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga langsung muncul
      harus menunggu verifikasi dari pihak Google

      Delete
  40. Gan maksudnya harus sama akun google dan vcnnya tuh apa ya?
    Mastikan aja klo gagal uang kembali ya?

    ReplyDelete
  41. Mau tanya gan VCN hanya berlaku sejam tapi kok proses registrasi sampe 6 jam gimana cerita?

    ReplyDelete
  42. Terima kasih tutorialnya...Kebetulan saya sdg fokus membuat majalah digital. Sy coba buka rekening dulu..jika sukses saya update deh..Thanks Admin..Stay Young Stay Success!

    ReplyDelete
  43. Apakah masih berhasil?
    Apa ada yang mencoba januari ini dan berhasil?

    ReplyDelete
  44. Untuk pay per download berapa ya per apk yg di download?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada bayaran bang
      adanya nanti di apk nya dikasih iklan
      nah baru dapat duit kalo ada yang klik

      Delete
  45. Trimakasih Banyak atas Infonya MIN... setelah dua kali ke BNI akhirnya berhasil daftar akun Google Developer. yang kedua datang karena transaksi SMS Bankinya belum di set ke level Transaksi Finansial... setelah di set ke level Transaksi Finansial sama CS BNInya akhirnya BISA... sekali lagi trima kasih MIN... :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2
      senang sekali jika artikel saya membantu agan

      Delete
  46. gan kalau pake kartu kredit BNI nya langsung tapi pake punya teman bisa ga?

    ReplyDelete
  47. Sekali mendaftar apakah bisa di pakai untuk upload beberapa transaksi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk berkali-kali mas
      saya udah coba 3x bisa
      tapi sekarang keburu rekeningnya mati, gara2 ga pernah aku isi lagi, hehe

      Delete
    2. OOT, gimana kabar gamenya sekarang mas. Kasih review perkembangannya dong. Terutama, pemasukkan bulannan saat ini dari game tersebut. Biar kita yg developer pemula makin terpacu juga.

      Delete
    3. masih ada game-nya
      tapi udah males ngupdate-nya :D
      bulanannya cuma $10

      Delete
  48. Apakah di playstore sdh bisa utk jual aplikasi berbayar? Dulu sy daftar pake VCN? Trus uangnya nanti ambilnya gmn?

    ReplyDelete
  49. saya pake Credit card Mandiri disuruh nunggu 48Jam lama banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilangnya biasanya 48 jam
      tapi biasanya ga sampe selama itu kug

      Delete
  50. saya sudah daftar pake cc visa tapi di suruh tunggu 48 jam

    ReplyDelete
  51. nanti pemasukan dari google play store masuknya ke mana ya? ke rekening bank kita atau WU? MOHON PENCERAHANNYA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa via WU, bisa juga masuk rekening bank

      Delete
  52. mas kenapa saya daftar account goggle development console kok status nya canceled pakai vcn saya coba pada 3 hari lalu.. mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  53. Trims ya mas Iskandar atas infonya..

    ReplyDelete
  54. Apakah ada yang sukses daftar pakai vcn di tahun 2017 ini? Awal November... mohon inpo nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih masih bisa mas
      karena belum ada yang bilang gagal

      Delete
    2. barusan saya coba, dan sukses gan ... terima kasih atas panduannya .... semoga usahanya sukses selalu ... aamiin ...

      Delete
    3. alhamdulillah berhasil :)
      mantap jaya mas
      amin

      Delete
  55. mau tanya gan,, ada resiko gak kalo beli lebih dari satu akun google dev pake satu VCN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini ga ada masalah
      aku 3 kali pake VCN yang sama buat daftar GoDev

      Delete
  56. Apakah VCN itu cuma untuk registrasi aja??

    ReplyDelete
  57. brarti pas ngisi pembayaran itu jadi bisa pakai kartu debit min?

    ReplyDelete
  58. klw sekarang tahun 2018 gmna gan, apa masih work? saya bru mw mendaftar . ane udh bacain semua komentar d atas juga.

    ReplyDelete
  59. Gw gk pnya atm, & kartu kredit ? Gmn?

    ReplyDelete
  60. Aku pake mandiri berlogo visa, tp kok gagal yah gan. Adakah saran?

    Atau ada yg pernah pake jasa vcc seperti vccmurah.net dll? Msh ragu soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake BNI gan
      Mandiri emang ga bisa

      Delete
    2. Sebenere males jg gonta ganti bank, btw agan pernah nyobain publish apk di: Amazon AppsStore, GetJar, Apkpure?

      Boleh nih kalo pernah bagi2 pengalaman, soalnya registrasi di situ free, ngga ada feel nya.

      Delete
    3. ga pernah nyoba sih
      mungkin yang pembaca lainnya pernah nyoba
      jujur, selain di Play Store aku kurang tertarik, semacam kurang ngefek aja

      Delete
    4. Mungkin karena tdk terinstal di setiap android kali yah, pdhl menurutku ngga beda2 jauh sih, mungkin plh banyak kelebihannya, seperti kita bisa instal apps yg di Playstore ngga ada karena pembatasan wilayah instalasi.

      Btw thanks infonya gan, bermanfaat banget 👍

      Delete
    5. iya, selain itu juga kalo selain dari Play Store kadang harus apply permission di Settings buat instal app nya
      untuk orang awam, kebanyakan tidak paham seperti itu
      akhirnya berakhir dengan anggapan bahwa app kita ga bisa diinstal/corrupt
      padahal kan enggak :D

      Delete
  61. Salam kenal mas,,apakah di konsol depelover kita bisa membuat aplikasi seperti di apsgeyser?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa mas
      harus bikin sendiri dari awal
      konsol developer hanya utk publish app saja
      proses pembuatannya via android studio

      Delete
  62. Bagaimana kalau mendaftar 2 atau lebih akun godev menggunakan vcn dengan rekening BNI yang sama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalamanku bisa
      waktu itu VCN BNI ku, aku pakai buat daftar 3 akun dan aman hingga saat ini 3 akun tersebut

      Delete
  63. Untuk aktifkan VCN itu cukup minta CS daftarkan SMS banking yang bisa transaksi finansial, atau ada permintaan khusus untuk mengaltifkan VCS nya dulu baru bisa Request Nominal VCN gan ?

    ReplyDelete
  64. Sampai saat ini apa msh bisa daftar pakai vcn BNI?

    ReplyDelete
  65. Saya baru daftar pake vcn sdh berhasil, tapi disuruh verifikasi lagi and upload scan ktp/sim, Nama akun sdh sesuai dgn ktp, tapi gagal I'd failed

    ReplyDelete
  66. apakah kartu lain seperti bri yg sdh berlogo master card juga bisa di gunakan untuk davtar VCN ?

    ReplyDelete
  67. Saya mau tanya , saya kan bulan januari lalu daftar google play console menggunakan kartu kredit bri saya , setelah aktif , hari ini ternyata kartu kredit saya diblokir, saya bingung lah saya telp cs bri, ditanya sama csnya apa ibu pernah memakai untuk google , ternyata kata dia kartu saya sengaja diblokir karena itu jadi berlangganan tiap bulan, jadi ditangihkan terus tiap bulan, apa memang kita harus bayar terus untuk google play consolenya, karena yg saya tahu biaya nya cuma sekali yang 25$ pertama , saya kira tidak ada tagihan lagi, atau memang saya yg tidak tahu ya , mohon infonya ya yg tau ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sekali tagih saja
      mungkin lagi ngebug Google nya

      Delete
  68. VCN BNI gak bisa. gw sdah coba berkali x sampe pulsa abis ngirim sms. yg gw baca d google.support trnyata tdk bisa VCC/VCN

    ReplyDelete

Post a Comment